Android CDMA : Artikel Terlengkap Android CDMA

Android CDMA : Artikel Terlengkap Android CDMA
4.93 (98.62%) 92 votes

Smartphone android tidak melulu identik dengan berada di jalur GSM, sekarang sudah cukup banyak pilihan yang hadir bagi kita yang mencari alternatif smartphone berbasis CDMA, seperti melalui operator Smartfren yang hadir di Indonesia. Smartfren menawarkan beberapa pilihan untuk smartphone Androidnya, bahkan hingga ke PC Tablet Android berbasis CDMA juga. Namun pada penulisan kali ini kami hanya membatasi pembahasan ini pada Smartfren Andromax U, salah satu smartphone Android berbasis CDMA yang cukup populer belakangan ini dan banyak dicari.

Smartfren Andromax U

Smartphone ini memiliki basis hybrid CDMA-GSM, jadi smartphone ini dapat menggunakan 2 kartu sim card secara sekaligus dengan jaringan yang berbeda, CDMA dan GSM, namun demikian jaringan utama yang dapat digunakan untuk akses data dengan kecepatan tinggi adalah jalur CDMA dengan EVDO Rev-A (setara 3G pada GSM) yang memungkinkan koneksi data hingga 3.1Mbps (download) dan 1.8Mbps (upload), sedangkan jalur GSM hanya dapat difungsikan untuk panggilan telepon maupun sms dan koneksi data hanya sebatas GPRS, tentunya ini menjadikan jalur CDMA sebagai pilihan utama untuk koneksi data, dan jalur GSM hanya sebagai tambahan bagi anda yang menginginkan nomor GSM anda tetap aktif.

Processor & GPU

Processor dual core 1.2Ghz dari Qualcomm Snapdragon yang dibenamkan sudah cukup mumpuni untuk melakukan aktifitas anda sehari-hari bersama smartphone ini, internetan, bermain game, dan menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya tentu menjadi lebih nyaman dengan dukungan processor dual core. Namun yang patut disayangkan adalah GPU yang terintegrasi masih sebatas Adreno 203, yang tentunya performanya masih tertinggal jika berurusan dengan resolusi HD (high definition) seperti  memutar video HD, ataupun bermain game HD.

Layar & dimensi

Berbekal layar 4.5 inch dengan teknologi IPS dan capacitive touchscreen memudahkan navigasi dan pandangan yang cukup lapang dan jernih pada layar smartphone ini. Resolusi 540×960 piksel (256ppi) juga sudah terasa cukup nyaman di mata. Dimensi smartphone dengan layar 4.5” ini juga masih terasa cukup nyaman untuk digenggam, ukurannya tidak berlebihan yakni 130x66x9mm.

RAM dan kapasitas penyimpanan

Dengan RAM sebesar 768MB tentu bukanlah spesifikasi yang luar biasa, tapi memang sudah mencukupi untuk pemakaian normal. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan internal yang disediakan sebesar 4GB, memang tidak terlalu besar, tapi jika dirasa kurang anda dapat menambahkan kartu memori eksternal hingga 32GB ke dalam slot microSD yang sudah disediakan.

Kamera

Kamera utama dengan resolusi hingga 8MP dengan auto focus dan LED flash menjadi senjata utama saat ingin mengabadikan momen-momen penting. Hasilnya memang tidak dapat dikatakan istimewa, namun untuk saat anda lupa membawa kamera digital anda, smartphone ini masih dapat diandalkan. Bagi anda yang gemar ber-video call atau hobi narsis, maka kamera sekunder di bagian depan dengan resolusi hingga 2MP akan sangat membantu.

Sistem operasi

Smartphone Andromax U sudah berjalan pada sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, namun jika anda menghendaki juga dapat diupgrade hingga versi 4.1 Jelly Bean.

Konektifitas

Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan wifi, bluetooth 3.0, micro USB 2.0, USB tethering dan portable hotspot.

Batere

Suplai daya dari batere Li-ion dengan kapasitas 1800mAh sudah mencukupi untuk pemakaian ringan, namun jika anda termasuk seorang yang “game addict” atau selalu terkoneksi dan terupdate dengan dunia maya mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk membeli sebuah power bank sebagai pelengkap.

Disain dan harga

Penampilan yang cukup menarik dan elegan, itulah kesan pertama yang didapat saat pertama kali mencoba perangkat ini, meskipun dengan material plastik, namun dengan nuansa metal yang mengelilingi body-nya cukup mendongkrak penampilan. Apalagi dengan harga yang ditawarkan sekitar 1.6juta tentulah menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan di jajaran smartphone Android yang tersedia.

Kesimpulan

Meskipun belum dapat dikategorikan sebagai smartphone paling canggih, namun dengan harga yang ditawarkan dan dengan kombinasi CDMA-GSM yang dimiliki maka smartphone ini memang patut untuk dipertimbangkan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya tentu tidak dapat dipungkiri memilih suatu produk sesuai dengan kebutuhan adalah solusi yang terbaik, bukan memilih produk yang tercanggih.

sumber gambar : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/386848-andromax-u–android-ics-berlayar-4-5-inci

resepmasakanku.co