Android Samsung | Kumpulan Informasi Tentang Android Samsung

Android Samsung | Kumpulan Informasi Tentang Android Samsung
4.5 (90.06%) 128 votes

Galaxy adalah nama seri perangkat mobile Android Samsung. Jajaran perangkat yang termasuk dari seri ini terdiri dari 3 kategori: smartphone, tablet dan phablet. Kategori yang terakhir adalah definisi longgar yang diberikan untuk perangkat dengan layar relatif lebih kecil dari tablet dengan kapabilitas komunikasi suara dan pesan singkat melalui SMS, tapi layarnya terlalu besar untuk disebut sebagai smartphone. Perangkat Android dari Samsung yang masuk kategori phablet adalah Galaxy Note. Perlu diingat, phablet adalah definisi yang longgar. Definisi ini semakin buram, karena semakin banyak perangkat dengan kemampuan menelpon dan SMS yang layarnya besar.

Perangkat pertama yang menyandang nama Galaxy adalah Samsung i7500. Itu adalah smartphone Android yang pertama kali dirilis pada bulan Juni 2009. Samsung Galaxy i7500 merupakan ponsel 3.5G yang berjalan pada 3 frekuensi HSDPA yang dapat mentransfer data dengan kecepatan 7,2 Mbps. Untuk komunikasi suara dan pesan singkat, ponsel ini dapat menggunakan jaringan GSM yang berjalan di 4 frequensi yang berbeda. Artinya ponsel ini bisa digunakan hampir di semua wilayah di dunia.

Galaxy Android Samsung i7500 mempunyai layar sentuh berukuran 3,2 inci dengan teknologi AMOLED. Pada bagian belakang casing terdapat kamera 5 MP yang dilengkapi dengan flash berupa lampu LED. Pada bagian samping casing bisa ditemukan konektor 3,5 mm untuk jack audio. Apabila ponsel ini dibongkar, maka didalamnya akan ditemukan prosesor ARM11 yang berjalan dengan kecepatan 528 MHz yang dibantu dengan memori 128 MB. Itu adalah ukuran memori yang sangat kecil, bila dibandingkan dengan smartphone dari seri terbaru Galaxy saat ini, yaitu Samsung Galaxy S4 dengan memori 2 GB. Hanya saja perbandingan tersebut kurang seimbang, karena i7500 diluncurkan pada tahun 2004, sementara S4 adalah flagship terbaru dari Samsung saat ini.

Smartphone pertama dari seri Galaxy menggunakan sistem operasi Android 1.6 yang dikenal dengan nama Donut. Itu adalah seri yang sangat jadul, namun pada saat i7500 diluncurkan, Donut adalah seri Android terbaru. Pengguna Galaxy i7500 saat ini bisa melakukan upgrade ke seri Android 2.3. Sayangnya hal tersebut bukanlah upgrade resmi dari Samsung.

Samsung melebarkan jajaran produk Androidnya dengan menambahkan tablet ke seri Galaxy. Tablet pertama dari Samsung diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 dengan nama Galaxy Tab. Itu adalah perangkat dengan layar sentuh 7 inci dan resolusi WSVGA (1024 x 600). Sistem operasi yang digunakan berbasis Android 2.2 Froyo yang dijalankan dengan bantuan prosesor Exynos 1 GHz dan memori 2 GB. Selanjutnya tablet yang sama mendapatkan upgrade dari Samsung dengan sistem operasi Android 2.3.

Samsung Galaxy Tab adalah perangkat yang membutuhkan Wi-Fi untuk terhubung ke Internet, seperti iPad dari Samsung. Ada juga varian dari Galaxy Tab dengan kemampuan GSM, sehingga bisa terhubung ke Internet melalui jaringan 3G. Tentu saja varian GSM dapat pula digunakan untuk menelpon dan SMS.

Pada tahun 2011, Samsung memperkenalkan hibrida antara tablet dan smartphone yang masuk dalam keluarga Galaxy. Produk tersebut disebut dengan nama Samsung Galaxy Note. Layar sentuhnya bisa digunakan dengan jari atau S-Pen yang pada dasarnya adalah stylus. Alat bantu stylus bisa digunakan pada situasi yang membutuhkan presisi. Selain itu S-Pen mempunyai tombol yang apabila ditekan bisa bermanfaat untuk keperluan semacam mengambil screenshot atau menulis sticky notes. S-Pen dan layar disinkronisasi, sehingga menghasilkan input yang sensitif terhadap sentuhan. Tidak lama setelah Note diperkenalkan ke publik, versi Android 4.0 yang disebut dengan nama Ice Cream Sandwich diluncurkan. Ini adalah versi pertama Android yang mendukung input berupa stylus.

Samsung Galaxy Note seri pertama mempunyai layar 5,29 inci dengan resolusi WXGA (1280 x 800). Kamera utamanya dapat mengambil foto dengan ukuran 8 MP atau merekam video 1080p. Untuk menjalankan sistem operasi dan berbagai aplikasi, perangkat ini dibantu dengan prosesor Exynos Dual-Core 1.4 GHz dan memori 1 GB. Untuk urusan komunikasi data, Note dapat menggunakan jaringan LTE. Ada juga varian lain yang hanya mendukung HSPA+.

Sumber gambar bit.ly/16vCrSq

resepmasakanku.co