Apa Itu Android | Kumpulan Informasi Mengenai Apa Itu Android

Apa Itu Android | Kumpulan Informasi Mengenai Apa Itu Android
4.55 (90.9%) 109 votes

Android, sebuah kata yang sudah sangat familiar didengar dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi kalangan pengguna smartphonekata tersebut sudah sangat lumrah jika disebutkan. Andorid adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux (open source) yang bekerja pada perangkat telepon seluler. Jika dalam perangkat komputer atau laptop kita pernah mendengar Linux atau Ubuntu, Android seperti mereka, bedanya adalah, Android berjalan pada perangkat telepon seluler. Android berbasiskan open source, jadi, orang-orang bisa dengan bebas mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan pada telepon seluler yang berbasiskan sistem operasi Android.

Penggunaan Android saat ini sangat populer, hampir setiap kalangan masyarakat, baik muda maupun tua sudah menggunakan perangkat Android. Perusahaan ponsel saat ini banyak yang mengadopsi sistem operasi Android ini. Kepopuleran Android tak lepas dari sifatnya yang berupa open source. Dengan sifat tersebut, banyak para pengembang dapat membuat dan mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan pada telepon seluler. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya software yang ada dalam aplikasi pasar Android, atau biasa disebut Google Play Store. Penikmat Android dapat menemukan beragam aplikasi dengan fungsi yang beragam. Kemudahan navigasi pada halaman Google Play semakin membuat penikmat Android bebas memilih aplikasi yang diinginkan dan sesuai kebutuhan mereka. Selain itu, banyaknya produsen smartphone yang memproduksi ponsel berbasis Android, semakin memberikan banyak pilihan bagi pengguna untuk memilih varian ponsel dan beragamnya harga yang diberikan.

Salah satu keunikan dari Android yang ditonjolkan dan menjadi ciri khas dari Android adalah penamaan versi dari sistem operasinya. Jika sistem operasi seperti Windows atau iOS menggunakan angka berdasarkan versi terbarunya sebuah sistem operasi tersebut di rilis, lain halnya dengan Android. Android menamai versi sistem operasinya berdasarkan abjad alfabet dan nama makanan! Terhitung saat ini Android sudah mencapai versi Jelly Bean (Android 4.1). Berikut urutan versi Android hingga versi terakhir :

1. Android 1.1

Versi pertama dari Android, diluncurkan pada awal tahun 2009.

2. Android 1.5 (Cupcake)

Versi lanjutan setelah versi sebelumnya. Versi yang pertama kalinya dinamai nama makanan sebagaimana ciri khas dari penamaan versi Android, dirilis pada Mei 2009.

3. Android 1.6 (Doughnut)

Versi Doughnut (Android 1.6) dirilis pada bulan September tahun 2009.

4. Android 2.0 – 2.1 (Eclair)

Versi Eclair disebut juga next generation dari Android, karena performa dari Eclair sudah semakin canggih. Eclair dirilis tidak lama setelah Doughnut, yaitu pada bulan Desember 2009.

5. Android 2.2 (Froyo/Frozen Yoghurt)

Versi 2.2 atau Android Froyo/Frozen Yoghurt, dirilis pada Mei 2010. Versi selanjutnya dari Eclair, fungsi dan performa yang lebih prima disajikan oleh Android.

6. Android 2.3 (Gingerbread)

Pada Desember 2010, Android versi ini diluncurkan dan merupakan versi terlama sebelum versi terbaru setelahnya diluncurkan. Gingerbread bisa dibilang sebagai end-generation dari versi 2.xx. Android versi ini merupakan versi yang paling populer keberadaannya, karena pada saat diluncurkan, smartphone banyak diproduksi dengan basis Android Gingerbread.

7. Android 3.0-3.1 (Honeycomb)

Versi ini dirancang khusus untuk penggunaan PC Tablet dan tidak dikeluarkan untuk versi telepon seluler.

8. Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Versi ini bisa dibilang adalah versi Honeycomb yang sudah diperbaharui dan dikeluarkan di perangkat telepon seluler. Versi ini dirilis pihak Android pada Oktober 2011

9. Android 4.1 (Jelly Bean)

Android versi terbaru yang beredar sekarang ini. Pertama kali diperkenalkan dalam tablet produk Asus, Google Nexus 7

Saat ini banyak produsen ponsel mengeluarkan produk ponsel mereka dengan sistem operasi Android. Produsen ponsel terbesar di dunia yang saat ini menjadi pemain utama dalam ponsel Android adalah Samsung dan HTC. Samsung mengeluarkan seri ponsel Samsung Galaxy sebagai produk utama sekaligus produk kebanggaan yang dikeluarkan Samsung. HTC mengeluarkan seri ponsel HTC Series yang tidak kalah canggihnya ketimbang Samsung Galaxy Series kepunyaaan Samsung. Saat ini Android berhasil menggeser dominasi Blackberry dan Apple sebagai penguasa pasar smartphone.

Source Picture :

http://www.gadtime.com/news/2190/sejarah-operating-system-os-android.html

resepmasakanku.co