Apa Itu Internet – Kumpulan Catatan Terkait Apa Itu Internet

Apa Itu Internet – Kumpulan Catatan Terkait Apa Itu Internet
4.98 (99.56%) 87 votes

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan banyak bisnis di dunia, institusi, dan individu. Internet memiliki beragam fitur seperti World Wide Web (www), File Transfer Protocol (FTP), Internet Relay Chat (IRC), Electronic Mail (Email), dan lainnya. Internet digunakan menjadi salah satu sarana komunikasi yang utama. Email adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakann. Sekitar lebih dari 40 juga pesan elektronik (email) terkirim melalui internet dalam satu hari. Fitur kedua yang paling banyak digunakan adalah World Wide Web (www). WWW terdiri dari halaman-halaman yang memuat kata-kata, gambar, suara dan juga video. WWW diprogram dalam bahasa komputer yang disebut Hyper Text Markup Language, atau HTML.

Pertumbuhan internet sangat pesat. Dalam jangka waktu sepuluh tahun, internet telah berubah fungsi menjadi sistem telekomunikasi modern. Asal mula Internet terjadi pada tahun 1950-an, ketika para peneliti menyadari adanya kebutuhan untuk berkomunikasi antara pengguna komputer dan jaringan komunikasi. Dan pada tahun 1986, pembentukan NSFNet dari National Science Foundation (NSF) dimulai. Pada 1990-an, internet yang digunakan sebagai jaringan bersama, mulai mendapatkan popularitas. Tim Berners-Lee menerbitkan situs web pertama mereka ke internet pada tahun 1991, sebelas tahun sejak pertama kali mengusulkan proyek berdasarkan konsep hypertext, untuk memfasilitasi pertukaran dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Situs web pertama berisi informasi yang menggambarkan arti dari World Wide Web (www) itu sendiri, bagaimana seseorang bisa membuat server web, dan bagaimana seseorang bisa memiliki web browser. Web site ini juga memiliki direktori web pertama di dunia. Pada saat merilis situs web, Tim Berners-Lee adalah seorang rekanan dari European Council for Nuclear Research (CERN).

Internet belum dibuka untuk kepentingan komersial sampai pada tahun 1995. Sejak saat itu, internet merambar menjadi sebuah kecenderungan di berbagai wilayah dunia, hingga saat ini. Pengaruh internet berdampak positif bagi ribuan perusahaan dan jutaan individu yang tergabung dalam pasar global. Perusahaan komersil melakukan bisnis di seluruh dunia, menjual jutaan produk setiap tahun tanpa perlu mendirikan sebuah tempat untuk toko mereka. Semua transaksi penjualan dilakukan sepenuhnya di Internet.

Internet juga telah berkontribusi terhadap perbaikan dalam bidang kesehatan. Banyaknya informasi kesehatan dapat diperoleh dalam waktu singkat melalui akses internet. Hampir setiap bentuk usaha dapat memanfaatkan perkembangan internet. Seluruh informasi dari mulai sistem pemerintahan, perusahaan, toko ritel, dan lainnya, dapat ditemukan dengan mudah oleh semua masyarakat.

World Wide Web telah menjadi aspek yang paling populer di Internet. Sampai pada sekitar 20 tahun yang lalu, penyedia layanan internet besar pertama atau biasa disebut internet Service Provider (ISP) mulai menawarkan akses internet kepada masyarakat umum. Salah satunya adalah America OnLine (AOL) yang saat ini telah memiliki puluhan juta anggota di seluruh dunia. Bahkan saat ini, tingkat popularitas Internet semakin tinggi.

Teknologi-teknologi barupun bermunculan. Salah satunya adalah teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP), yang memungkinkan bagi masyarakat untuk berkomunikasi dengan menggunakan software khusus atau telepon Internet Protocol (IP) khusus, sama seperti saat mereka melakukan layanan telepon biasa. Teknologi baru ini memang sangat murah dan bahkan mengancam perusahaan telekomunikasi biasa.

Berbagai perusahaan penjualan online juga berkontribusi dalam mempermudah masyarakat melakukan proses jual beli suatu produk dengan mudah. Teknologi lainnya, seperti Instant Messaging (IM), telah memungkinkan untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada ribuan mil jauhnya. Inovasi perangkat lunak lainnya yang bekerja melalui Internet adalah telekonferensi video secara instant, tanpa harus memiliki perangkat yang khusus dan mahal. Internet juga merupakan alat pendidikan yang menyediakan akses bagi jutaan siswa untuk mendapatkan berbagai bahan pelajaran untuk tugas sekolah. Informasi yang diberikan Internet jauh lebih beragam dibandingkan yang bisa mereka dapatkan di sekolah, toko buku, ataupun perpustakaan umum setempat.

Sampai pada hari ini, sudah puluhan juta halaman web yang sudah tersedia di World Wide Web dan jutaan fitur menarik yang disediakan oleh Internet, untuk memenuhi kebutuhan para pengguna dalam mencari informasi, berbisnis, berkomunikasi, mencari relasi baru, dan lainnya.

Sumber gambar: http://easyurl.net/34458

resepmasakanku.co