Belajar Gitar > Informasi Mengenai Belajar Gitar

Belajar Gitar > Informasi Mengenai Belajar Gitar
4.88 (97.6%) 179 votes

Gitar merupakan salah satu alat musik tertua di dunia. Walaupun tidak sama persis dengan instrumen modern yang kita gunakan saat ini, ada banyak alat sejenis bisa ditemukan di berbagai macam peradaban seluruh dunia. Pada dasarnya, musik yang dihasilkan memanfaatkan resonansi udara yang ditimbulkan melalui getaran yang dihasilkan pada senar. Instrumen ini sering pula dianggap sebagai sesuatu yang romantis. Tak jarang banyak orang kemudian tertarik belajar karena alasan tersebut. Namun di sisi lain, ada juga orang yang memang ingin mendengarkan petikan nada-nada senar karena dianggap memiliki keindahan lebih dibanding instrumen musik lain. Tak heran jika makin banyak orang ingin belajar gitar dewasa ini.

Sebenarnya belajar gitar bukanlah merupakan sesuatu yang sulit. Pada dasarnya kalian hanya perlu mempelajari kunci serta nada apa saja yang bisa dimainkan oleh instrumen ini. Apabila sudah lancar, maka hampir semua aliran bisa kalian mainkan. Mulai dari death metal, hingga ke aliran klasik akustik. Tapi tentu saja, kebanyakan profesional belajar gitar dengan hanya fokus pada satu atau dua jenis aliran musik saja. Penentuan target semacam itu bakal membuat usaha kamu menjadi lebih fokus. Selain itu, akan semakin cepat anda menguasai semua kunci serta nada di dalam alat musik petik ini.

Belajar Gitar

Belajar Gitar

Oleh karena itu, pertama kali yang perlu anda lakukan dalam belajar gitar adalah menentukan aliran mana yang ada suka. Pada umumnya, orang ingin belajar secara cepat sehingga mereka memilih untuk memainkan ritme dibandingkan melodi, yang memang membutuhkan skill lebih tinggi serta presisi dalam memainkan tiap nada. Namun hal sama tak perlu anda lakukan guys. Jika memang dari awal sudah berniat untuk belajar gitar, maka lakukan aja apa yang kalian mau. Identifikasi mana hal yang paling membuat kalian tertarik lalu fokuskan semua usaha pada satu topik tersebut. Niscaya dengan membuat target semacam ini, kamu akan dapat secara mudah menemukan celah dalam belajar sehingga bakal semakin mahir.

Setelah selesai menentukan ‘hati’ serta pilihan, maka berikutnya kita akan berbicara mengenai masalah teknis. Tentunya sebelum belajar gitar, anda perlu membeli instrumennya terlebih dahulu bukan? Well, karena ini alat yang pertama kali digunakan, ada baiknya tidak menggunakan model yang terlalu mahal. Cukup pilih yang standar karena memang hanya digunakan sebagai sarana latihan. Jika tidak mengerti akan kualitas gitar, anda bisa meminta bantuan pada petugas yang ada di toko untuk melakukan pengetesan. Biasanya akan dimainkan beberapa kunci untuk membuktikan hal tersebut.

Selanjutnya dalam belajar gitar kalian juga musti memastikan bahwa semua setelan kunci (sering disebut istilah stem) sudah benar. Biasanya orang-orang menggunakan telinga mereka untuk melakukan hal ini, namun berkat kecanggihan teknologi maka hal tersebut tidak perlu dilakukan. Ada alat khusus yang bisa menentukan apakah frekuensi dari setiap senar sudah pada pengaturan yang sama. Jika tak dapat membeli alat portabel semacam itu, bisa pula menggunakan aplikasi Android atau smartphone yang memiliki suara nada dasar. Kamu bisa membandingkannya dengan suara senar sebelum mulai belajar gitar lebih lanjut.

Jika sudah selesai dengan masalah pengaturan, maka selanjutnya kalian musti mengetahui cara membaca tab gitar. Sebab, pada beberapa panduan memainkan lagu, biasanya perpindahan kunci disajikan dalam format tab. Jika kamu gagal memahami tulisan yang dimaksud, maka tentunya akan menghalangi usahamu dalam mempelajari instrumen petik satu ini. Seperti yang telah penulis sebutkan di atas, cobalah menekan senar dengan tekanan tertentu lalu coba petik. Jika memang nada yang dimainkan sudah sesuai harapan, cobalah membunyikan kunci lain. Lakukan latihan ini terus menerus secara perlahan agar jari tangan mulai terbiasa. Awal belajar gitar mungkin kamu akan terus melihat jari di bagian neck. Namun jika sudah ahli, hal tersebut tidak diperlukan lagi.

Terakhir, banyaklah bertanya pada orang yang lebih ahli. Sebab, belajar gitar tidak bisa dilakukan dengan membaca buku saja. Ada feeling tertentu yang musti diasah. Hal semacam itu hanya diketahui oleh orang yang sudah fasih memainkan instrumen tersebut. Pembaca bisa meminta beberapa tips atau sarang berguna agar membuat permainan kalian semakin mahir di kemudian hari.

Well, itulah tadi beberapa pemaparan yang bisa penulis sampaikan terkait akan topik belajar gitar. Jika ada di antara kamu ingin menuliskan saran / informasi tambahan, bisa menggunakan fasilitas kotak komentar di bawah artikel. Jangan lupa gunakan bahasa Indonesia yang baik agar kami bisa memahami apa yang hendak kalian sampaikan. Akhir kata, sampai jumpa di kesempatan lain dengan topik menarik pula guys.

Sumber gambar: http://pad3.whstatic.com/images/thumb/b/bf/Play-Guitar-Step-3.jpg/550px-Play-Guitar-Step-3.jpg

resepmasakanku.co