Belajar PHP | Kumpulan Tulisan Mengenai Belajar PHP

Belajar PHP | Kumpulan Tulisan Mengenai Belajar PHP
4.61 (92.14%) 90 votes

Bagi anda orang yang bergelut dibidang IT pasti tidak asing dengan istilah ini. PHP atau bisa diartikan sebagai Personal Home Page maupun PHP Hypertext Preprocessor, dimana bahasa ini merupakan bahasa untuk pembuatan website seperti bebera website terkenal yang menggunakan bahasa ini Facebook, Kaskus, WordPress dan banyak lagi. Awal mulanya bahasa ini atau dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. PHP sendiri termasuk dalam golongan bahasa pemrograman tingkat tinggi sama seperti bahasa lain seperti C, Python, Pascal, Visual Basic dan beberapa lagi.

Untuk memulai Belajar PHP ataupun menggunakan bahasa ini, harus mempunyai sebuah browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome maupun browser lainnya. Berbeda dengan HTML(HyperText Markup Language) bisa langsung dijalankan tanpa menggunakan sebuah server web dan hanya membutuhkan browser, untuk menjalankan file PHP dibutuhkan sebuah server web bisa sebuah server local maupun sudah online untuk menjalankannya karena PHP bersifat server side.

Belajar PHP

Belajar PHP

Apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan dan membuat PHP ?

Untuk menjalankan file ini, kita harus menginstall web server terlebih dahulu jika pengguna OS(Operating System) keluaran Microsoft bisa menginstall software bantuan penyedia web server ini seperti Xampp. Selain itu untuk mempermudah pengerjaan program atau coding dibutuhkan sebuah editor sehingga mempermudah pekerjaan seperti Notepad++.

Apa itu Xampp dan Notepad++ ?

Xampp merupakan software penyedia layanan web server atau disebut Apache selain itu Xampp juga menyediakan beberapa paket pendukung seperti Mysql sebagai database yang umum digunakan bersama PHP, selain itu ada lagi File Zilla dimana FZ merupakan software FTP dengan kata lain bisa mengirim website yang kita buat jika selesai ke server online.

Notepad++ merupakan software open source jadi bersifat gratis, Notepad++ sendiri banyak digunakan sebagai editor atau alat bantu untuk pengetikan sintaks program bukan hanya PHP tetapi bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya.

Bagaimana mendapatkan Xampp dan Notepad++ serta menginstall nya ?

Mendapatkan Xampp bisa menunjungi link www.apachefriends.org/en/xampp.html sedangkan untuk mendapatkan Notepad++ bisa mengujungi link notepad-plus-plus.org/download/v6.4.2.html.

Cara penginstallan sama saja seperti menginstall aplikasi pada umumnya di Windows hanya tinggal klik dan setujui beberapa pernyataan dan ikuti langkah sampai selesai.

Bagaimana memulai menulis program PHP ?

Memulai penulisan program harus mengikuti standar yaitu bisa diawali dengan ?php ataupun saja, lebih jelas bisa melihat pada kerangka dibawah ini.

<?php //penulisan awal atau pembuka program

sintaks // sintaks yang akan kita tulis

?> //penutup program

atau

<? //penulisan awal atau pembuka program

sintaks // sintaks yang akan kita tulis

?> //penutup program

NB: tanda “//” merupakan sebuah komentar jadi tidak akan dieksekusi karena hanya bersifat keterangan untuk mempermudah orang mengetahui fungsi dari setiap sintaks yang programmer tulis.

Bagaimana membuat program sederhananya ?

Pertama buka dahulu editornya yaitu Notepad++ tadi. Jika sudah terbuka maka akan muncul jendela baru lalu ketikkan sintaks berikut pada Notepad++

<?php // pembuka program

echo “hallo dunia, ini adalah program pertama saya ; // sintaks yang akan kita tulis

?> //penutup

Sebelum menyimpan program, pertama buatlah Folder pada C:xampphtdocs sebagai contoh buat nama Folder Latihan. Jika telah selesai simpan dan buat nama program misalkan saja hello.php, simpan di C:xampphtdocsLatihan.

Hasil / output : hallo dunia, ini adalah program pertama saya

NB: echo merupakan perintah untuk mencetak / print serta jangan lupa setiap mengetikkan echo beserta kata yang ingin dicetak tutup dengan tanda ;(titik koma).

Bagaimana melihat hasil dari coding tadi?

Sebelum membuka browser pastikan jika Xampp yang telah terpasang pada Komputer telah running, jika belum bisa membuka Xampp dan silahkan menjalankan Apache.

Selanjtunya jika Xampp sudah jalan maka untuk melihat hasil tadi bisa dengan menggunakan salah satu browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau lainnya tetapi lebih disarankan menggunakan 2 browser tadi karena untuk saat ini keduanya adalah browser palaing populer atau paling banyak dipakai karena dianggap memiliki keunggulan dibandingkan dengan browser lainnya.

Jika sudah berada pada browser ketikkan pada address bar browser tadi, ketikkan localhost/latihan/hello.php dan output tadi akan ditampilkan pada browser anda.

Hal lain yang membuat populer dan banyak digunakan sebagai bahasa pemrograman web adalah karena bisa disandingkan dengan bahasa lain seperti HTML dan juga bisa menggunakan beberapa database seperti Mysql, Sql atau beberapa database lainnya.

Menjadi programer bahasa ini memang terbilang cukup sulit karena harus banyak yang perlu diketahui maupun dikuasai seperti mengerti tentang logikanya, perulangan, percabangan, desain baik itu desain tampilan web ataupun desain database dan masih banyak lainnya. Penulis menganjurkan memulai mempelajarinya dengan menguasai terlebih dahulu HTML serta sebagai referensi dapat mengunjungi www.w3schools.com karena disana banyak menyediakan tutorial-tutorial bahasa pemrograman web mulai dari awal hingga tingkat yang lebih sulit lagi.

Source images by planet-source-code.com

resepmasakanku.co