Bisnis Makanan

Bisnis Makanan
5 (100%) 1 vote

Artikel ini menjelaskan tentang bisnis makanan menjanjikan buat usaha awal. Sekarang di jaman ekonomi ini biaya kebutuhan hidup semakin mahal. Untuk menambah penghasilan, kita bisa mulai membuka bisnis makanan yang menjanjikan sebagai usaha awal. Selain sebagai pekerjaan maupun menambah penghasilan, bisnis di bidang kuliner ini juga dapat dikembangkan sebagai bisnis utama anda. Memang bisnis di bidang kuliner sudah banyak dijumpai di mana-mana namun tidak ada salahnya mencoba. Kesuksesan bisa anda raih apabila pintar mengelola bisnis ini.

 

 

Saat anda ingin memulai suatu bisnis makanan sebaiknya anda harus memikirkan terlebih dahulu bisnis apa yang akan dijalankan dan berapa banyak modal yang dibutuhkan. Usahakan memilih bisnis yang unik yang belum banyak pesaingnya. Anda harus tahu tips-tips cemerlang dalam memulai suatu bisnis di bidang kuliner.

Bisnis Makanan: Tips-tips dalam memulai usaha di bidang kuliner

  1. Menentukan pangsa pasar serta target konsumen. Bisnis makanan diawali dengan menentukan pangsa pasar serta target konsumen produk yang akan anda jual. Sebagai contoh, mungkin anda ingin menjual makanan dengan harga untuk kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Dengan menentukan pangsa pasar maka anda bisa dengan mudah menentukan target konsumen produk anda.
    Bisnis makanan dengan menentukan resep makanan apa yang mau dijual

    Bisnis makanan dengan menentukan resep makanan apa yang mau dijual

    Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

  2. Menentukan resep makanan yang ingin dijual. Setelah itu kita harus menentukan ingin membuat makanan apa. Pilihlah makanan yang lezat dengan warna cantik dan mudah mengundang selera bagi siapa saja.
  3. Menentukan nama dari bisnis makanan kamu. Hal penting lainnya dalam membuka usaha makanan adalah menentukan nama bisnis kamu. Usahakan membuat nama unik yang mudah diingat dan singkat. Sebagai contoh: tahu jablay, cireng dari kata cilok goreng, bebes judes, dan sebagainya.
  4. Perhatikan dan pertahankan kualitas makanan. Kualitas makanan amat penting bila kamu ingin membuka usaha makanan. Jangan sampai membuat konsumen kapok setelah mencicipi produk yang anda tawarkan. Kualitas makanan yang terjamin akan membuat anda mendapatkan pelanggan. Pertahankan juga kualitas dari produk atau makanan yang dijual. Kebiasaan orang saat dagangan mulai laris mereka lupa menjaga kualitas dari makanan atau dengan sengaja menurunkan kualitas makanan mereka agar mendapatkan keuntungan lebih. Tidak hanya itu, ada saja pedagang yang dengan sengaja membuat makanan mereka dengan bahan-bahan kimia atau bahan-bahan yang ternyata sudah busuk maupun kadaluwarsa. Hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ingat seorang konsumen atau pelanggan bisa kapok jika mereka tidak terpuaskan dari hasil dagangan anda. Jika ada promosi dari mulut ke mulut yang biasa dilakukan oleh seorang konsumen bila merekomendasikan makanan lezat, maka bukan tidak mungkin dagangan anda yang tidak berkualitas bisa dipromosikan juga dari mulut ke mulut.
  5. Tentukan harga yang sesuai dengan makanan yang dijual. Bila ingin menentukan harga yang sesuai maka cobalah melakukan survey ke tempat-tempat usaha dagang yang sejenis atau mungkin sama dengan makanan yang mau ditawarkan. Cobalah memberi harga yang tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal. Harga yang mudah untuk dijangkau masyarakat akan membuat dagangan anda laris manis.
  6. Tentukan lokasi tempat berjualan. Lokasi merupakan hal yang teramat penting saat memulai usaha baru. Anda bisa berjualan di rumah atau menyewa suatu bangunan tergantung modal yang anda miliki. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu sepi dan mulailah memasarkan makananmu. Cara memasarkan pun juga penting bagi kesuksesan bisnis anda.

Bisnis makanan: Contoh kuliner yang menguntungkan bila dijual

Ada berbagai macam jenis bisnis di bidang kuliner mulai dari membuka warung makan, restoran atau rumah makan, kafe, menjadi pedagang kaki lima, pedagang makanan pinggir jalan, dan sebagainya. Berikut contoh usaha kuliner yang menguntungkan bila dijual:

Bisnis makanan dengan membuka kafe tempat nongkrong

Bisnis makanan dengan membuka kafe tempat nongkrong

Image courtesy of Serge Bertasius Photography / FreeDigitalPhotos.net

  1. Kafe santai tempat nongkrong anak muda. Salah satu usaha kuliner yang menjanjikan di tahun ini adalah kafe santai tempat nongkrong anak muda. Di kafe ini anda bisa menawarkan makanan-makanan ringan seperti snack dan minuman-minuman segar. Saat ini kafe pun dilengkapi dengan fasilitas WiFi untuk menarik perhatian pelanggan. Jadi mereka yang berkunjung bisa memanfaatkan WiFi gratis sambil mengerjakan pekerjaan mereka dengan santai.
  2. Bisnis makanan kue donat dengan bahan adonan terbuat dari talas. Donat sudah ada dimana-mana tetapi apakah anda pernah memakan donat yang terbuat dari bahan adonan talas. Donat digemari oleh masyarakat luas jadi donat merupakan salah satu bisnis makanan yang menjajikan sebagai usaha awal dan anda bisa memperoleh laba yang lumayan dari hasil menjual donat. Donat ini pun bisa dibuat dengan berbagai macam taburan lezat dan warna-warna yang cantik.
    Sebetulnya bahan dasar talas tidak hanya bisa diolah sebagai donat. Jika anda kreatif maka anda bisa membuat berbagai macam resep dengan bahan dasar talas ini seperti keripik dari talas.

    Bisnis makanan dengan menjual donat

    Bisnis makanan dengan menjual donat

    Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

  3. Bisnis makanan di warung tenda. Ide membuat usaha kuliner dengan warung tenda amat sangat cocok dibangun di sekitar area kampus atau perkantoran. Warung tenda dengan harga menengah ke bawah dan terjangkau ini sangat digemari para karyawan dan mahasiswa. Pilihlah makanan-makanan dengan harga terjangkau tetapi tetap sedap untuk dinikmati.
  4. Bisnis makanan dengan olahan berbahan kedelai. Tidak hanya tempe yang bisa dibuat dengan kedelai tetapi kamu juga bisa membuat olahan susu, cake, dan peyek dari kedelai. Makanan-makanan yang tergolong ringan ini sangat mudah dibuat, cepat, dan dan menjanjikan sebagai usaha kuliner. Anda bisa menitipkan hasil olahan kedelai ini di toko-toko. Pastinya untung besar bisa didapatkan.
  5. Bisnis makanan pisang goreng. Semua orang senang pisang goreng. Cara pegolahan pisang goreng yang mudah dapat dijadikan usaha kuliner kamu seperti pisang goreng kremes, pisang goreng cokelat, pisang goreng tabur keju, pisang goreng dengan selai, dan lain-lain.

resepmasakanku.co