Cara Membuat Game | Artikel Mengenai Cara Membuat Game

Cara Membuat Game | Artikel Mengenai Cara Membuat Game
4.72 (94.42%) 170 votes

Hampir setiap anak saat ini sudah tak lagi terlihat di lapangan bahkan dijalan Ibukota. Kebanyakan dari mereka sudah memiliki game tersendiri yang berupa Mesin elektronik, dimana bisa dimainkan pada komputer pribadi, melalui internet online, telepon seluler dan pada mesin game itu sendiri atau lebih dikenal ding dong disaat berjaya di zamannya. Perkembangannya memiliki sejarah panjang dan menarik. Konsep video game dikandung dan dipatenkan oleh Thomas T. Goldsmith Jr dan Estle Ray Mann dimana komputer pertama, ‘Spacewar!’ diciptakan pada tahun 1962.

Mungkin timbul pertanyaan bagaimana permainan yang menjadi favorit Anda? apakah Dungeon Siege II atau Grand Theft Auto: Vice City yang dikembangkan, maka di sini adalah gambaran dari proses menarik. Membuat game bisa sangat menantang karena pengembang selalu fokus pada menciptakan sesuatu serta lebih memilih untuk memastikan bahwa ada permintaan baik terhadap jenis permainan secara terencana dibuat. Seperti semua hal baik membuat video game pada dasarnya berpusat pada ide bagus  kemudian diolah maupun diformat sesuai  cara pemain dimana  akan menemukan hal  menarik atau dibuat supaya tidak bosan dan ingin bermain lebih lagi.

Cara Membuat  Game

Cara Membuat Game

Sebelum sebuah game dirancang pengembang, survei pertama atau penelitian pasar untuk permainan  seringkali mengeksplorasi ide dari permainan favorit mereka dengan mempertimbangkan cara membuatnya lebih maju, menarik atau adiktif. Dalam memastikan bahwa pemain terus bermain permainan tertentu adalah penting demi memiliki alur cerita yang jelas dan fokus, di samping pengembang akan perlu konsep apa permainan akan terlihat seperti maupun bagaimana karakter dalam game akan bereaksi atau kemudian mereka akan mempertimbangkan berbagai aspek teknis yang penting untuk menciptakan efek yang tepat.

Berikut adalah Cara Membuat  Game yang bisa anda ikuti:

Setelah pengembang telah menciptakan sketsa dasar permainan apa yang dia inginkan,  kemudian siap untuk dikonversi menjadi karakter 3D secara halus. Sketsa akhir scan atau exoskeleton digital dibuat. Setelah lapisan berbeda ini ditambahkan demi mendapatkan warna tepat maupun  tekstur  keinginan desainer. Para programer sekarang membawa angka atau karakter hidup, kadang-kadang aktor manusia bahkan mungkin mengenakan alat peraga tersensor untuk memberikan karakter 3D dengan gerakan lebih realistis.

Perhatian khusus diberikan kepada karakter disekitar lingkungan kita, misalnya jika seorang tentara musuh dalam beberapa langkah menuju hutan tropis melewati ranting maka suara disesuaikan oleh pemain. Idenya adalah menciptakan skenario mendekati kenyataan untuk pemain sehingga permainan cukup menyerap bahkan mendorong para pemain untuk kembali ke sana.

Para programer kode permainan memberikan efek tepat berupa reaksi maupun pada dasarnya mengontrol semua aspek dari permainan. Kode ini juga bertanggung jawab secara logika dalam permainan atau kecerdasan buatan mendekati kenyataan. Setelahpermainan selesai itu kemudian diuji menghadapi segala gangguan. Biasanya pengujian dilakukan pada dua tahap, versi alpha dilakukan oleh penguji melalui pemilihan terfokus pada masalah utama dengan permainan serta memperbaikinya. Selanjutnya, dalam versi Beta pengujian kelompok lebih besar dari penguji sendiri ataupun  sering masyarakat juga diizinkan untuk berpartisipasi dalam tahap pengujian.

Perangkat lunak untuk Pembuatannya

Sebagai pengembang, sekarang telah menjadi jauh lebih mudah dalam proses pembuatannya, dimana  memiliki banyak alat tersedia bagi mereka dalam bentuk perangkat lunak. Grafis, gambar serta suara dapat dengan mudah ditambahkan menggunakan perangkat lunak terbaik. Tentu saja kreativitas pengembang tidak sama dari segi kreativitas maupun kesukaan dari para pemain. Ada beberapa jenis perangkat lunak dimana  pengembang profesional dapat memilih di pasar diantaranya  pemrograman C++ serta Microsoft Direct X.

Pengembangan permainan tidak hanya terbatas untuk perusahaan besar tapi pemain juga semakin tertarik untuk membuatnya atas inisiatif  mereka sendiri.  Setelah semua dimainkan bahkan ada pengalaman cukup terhadap keberhasilan seorang permain maka tidak ada salahnya menjadi salah satu jalan karir anda ke depan.

Setelah anda memiliki pengetahuan fungsional, maka anda pun juga mampu memilih perangkat lunak tercanggih apapun agar bisa memberikan alternatif terbaik dalam proses pembuatannya.

Pesatnya perkembangan teknologi, membuat sebagian pengembang  mengembangkan program sendiri dalam proses pembuatannya tanpa perlu bahasa pemrograman rumit. Hal ini memudahkan orang kurang memahami tentang bahasa pemrograman untuk menciptakan game dengan mudah.

Dulunya, para pengembang hanya bisa dilakukan oleh perusahaan  super besar di dunia, karena peralatan mahal, keterbatasan perangkat HCI (Human-Computer Interaction), serta  penyusunan pemrograman terlampau rumit.

Seiring dengan pesatnya perkembangan bahasa pemrograman, dari mulai bahasa dasar atau bahasa mesin sampai bahasa humanoid/user friendly serta mudah ditulis, diperintahkan dengan bahasanya sendiri sesuai keinginan.

Berikut ini adalah tiga perangkat dimana bisa anda gunakan dalam membuat permainan sendiri tanpa perlu repot mengetikkan bahasa pemrograman, yaitu

1. Game Maker
Dijalankan pada sistem operasi Windows atau Mac (OSX), cara menggunakannya pun cukup dengan di-drag & drop. Namun kelebihannya bisa dibuat dalam bentuk 2D maupun 3D.

2. Stencyl
Platform pembuatan  ini sangat fleksibel. Selain bisa diinstal di berbagai OS,  juga bisa dijalankan pada multi-platform, seperti iOS, Android, ataupun lainnya.

Fasilitas ekspor ke dalam file *.swf sehingga mampu dijalankan di atas browser web, baik melalui Adobe Flash player ataupun HTML 5 menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan atau mungkin juga dipasarkan.

3. Game Salad
Awalnya dikembangkan hanya untuk Mac (OSX), baik iPhone, iPad maupun sejenisnya. Namun sekarang bisa dijalankan di Windows  bahkan  para pengembang game Android.

Menyediakan template dasar yang bisa kita kembangkan, namun bisa juga jika kita ingin buat dan merangkai sendiri dari scratch, model ini juga bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Jika banyak bekerja sebagai penjual template ataupun aset lainnya, platform ini mungkin akan lebih cocok digunakan. Pasar resmi Apple bernama App Store bisa menjadi media pemasaran hasil kreasi template. Pasar ini sudah menjadi pasar aplikasi online terbesar di dunia.

Sama dengan beberapa bahasan sebelumnya, platform ini dapat dikatakan tidak diperlukan kemampuan pemrograman dalam  pembuatannya. Semuanya cukup di-drag & drop,  hanya butuh pengaturan properti berisi istilah yang sangat umum.

Sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/-qhiIAbegqSw/TXcZU9XuiDI/AAAAAAAAAC0/wQeiBE_Ek_8/s1600/Yoyo_Game_Maker_8_Pro_gamemaker_CRACKED.jpg

resepmasakanku.co