Cara Membuat Software | Catatan Terlengkap Tentang Cara Membuat Software

Cara Membuat Software | Catatan Terlengkap Tentang Cara Membuat Software
4.55 (91.04%) 105 votes

Seiring dengan makin berkembangnya pengetahuan dan teknologi di bidang komputer, terdapat banyak program-program tercipta guna mempermudah manusia dalam mengoperasikan alat yang juga kerap disebut sebagai ‘otak buatan’ tersebut. Beberapa operasi simpel seperti menghapus cache file atau history dari files yang pernah dibuka dan diinstal di dalam komputer kini dapat diselesaikan hanya dengan menekan satu tombol pada program tertentu. Tentunya cara ini lebih praktis dibandingkan meneliti satu persatu file yang terdapat di dalam registri windows. Pengembangan aplikasi semacam itu tak terlepas dari semakin banyaknya orang yang tertarik untuk belajar mengenai cara membuat software.

Ya, membuat aplikasi atau program komputer memang umumnya identik dengan tugas akhir atau bahkan tugas reguler dari mahasiswa jurusan IT atau yang terkait dengan teknik komputer. Para calon penerus masa depan bangsa tersebut biasa diminta oleh mentornya membuat beberapa software sederhana guna membuktikan bahwa mereka telah mengerti dan memahami sistem logika yang telah diajarkan sepanjang masa perkuliahan. Tak jarang dari tugas sederhana yang berhubungan dengan cara membuat software seperti ini, banyak ide inovatif dan kreatif muncul guys.

Cara Membuat Software

Cara Membuat Software

Jika kamu pernah menonton film The Social Network, maka kamu tentu sudah sedikit memahami latar belakang kehidupan Mark Zuckerberg dan bagaimana terciptanya program jejaring sosial Facebook. Kala itu Zuckerberg juga tengah mencari inspirasi akan bagaimana cara membuat software yang dapat menghubungkan orang-orang di dalam komunitas kampus Harvard. Tak disangka jika kemudian idenya tersebut berkembang pesat dan mengalami kesukesan luar biasa di dunia maya. Hingga saat ini, jutaan orang di seluruh dunia rajin mengupdate status serta berbagi momen-momen hidupnya di akun Facebook milik mereka.

Sebenarnya ilmu mengenai cara membuat software tidak harus melulu didominasi oleh mahasiswa IT ataupun orang yang memiliki latar belakang ilmu komputer. Ilmu semacam ini dapat dipelajari dan dipahami asalkan kalian memiliki kemauan dan usaha keras. Saat ini bahkan ada banyak modul-modul praktis beredar di Internet maupun toko buku, yang dapat mengajarkan kalian bagaimana cara membuat software sederhana. Bagi para pemula, sebenarnya orientasi yang diharapkan bukan terletak pada hasil, melainkan pemahaman. Jadi, sebaiknya kamu tidak berharap membuat sebuah program rumit seperti Photoshop atau Premiere ketika pertama kali belajar menciptakan program. Mulailah terlebih dahulu dengan aplikasi sederhana seperti penghitung tagihan listrik atau berat badan, semacamnya.

Jika kamu sudah berhasil mempelajari cara membuat software semacam itu, maka ulangilah terus menerus hingga kamu dapat menghafal atau memahami sistem logika pemrograman yang digunakan oleh sistem operasi tertentu. Tentunya sistem tersebut akan berbeda-beda untuk setiap platform, seperti Android, Windows, iOS, ataupun Mac. Usahakan untuk fokus kepada satu sistem operasi terlebih dahulu. Jika kamu sudah memahami sistem logika yang digunakan maka selanjutnya akan lebih mudah bagi kamu dalam mempelajari cara membuat / mengembangkan software yang lebih rumit lagi.

Sedangkan bagi kamu yang ingin sekedar iseng membuat program atau software sederhana, sebenarnya dapat mencobanya menggunakan program Notepad saja. Pengolah teks sederhana tersebut sudah tersedia secara default di semua unit komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, sehingga seharusnya kamu tidak kesulitan menemukannya. Pertama-tama buka program notepad. Kemudian ketikkan perintah @echo off. Lalu tekan enter dan isikan kata-kata sembarang pada baris kedua. Sebagai permulaan mungkin kamu ingin mengisikan kalimat semacam ‘hai, inilah program pertamaku’. Pada baris berikutnya isikan kata pause, kemudian tekan enter dan masukkan kode berikut xcopy c:usersusernamedesktopname.bat C: Kemudian pilih menu File > Save As. Simpan file tersebut sebagai pp.bat dan jalankan. Selamat! kamu berhasil belajar cara membuat software pertamamu!

Tentu saja guna dapat menciptakan program yang lebih rumit, kamu membutuhkan tools yang lebih kompleks daripada notepad. Software seperti Visual Basic biasanya menjadi pilihan karena program tersebut mampu menampung lebih banyak barisan kode serta menjalankan sistem logika yang lebih rumit. Intinya, kamu musti banyak belajar dan membaca jika benar-benar tertarik mempelajari cara membuat software.

Well, itulah tadi beberapa tips dan pemaparan yang dapat penulis berikan berkenaan dengan cara membuat software. Semoga dapat menjadi bahan tambahan pengetahuan bagi kamu yang tertarik untuk terjun di dunia IT. Apabila ada saran yang ingin disampaikan, bisa menggunakan fitur kotak komentar di bawah. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya guys.

Sumber gambar: http://pad1.whstatic.com/images/1/12/Make-a-Program-Using-Notepad-1-Step-7.jpg

resepmasakanku.co