Cara Memutihkan Kulit Dengan Konsumsi Vitamin C

Cara Memutihkan Kulit Dengan Konsumsi Vitamin C
4.97 (99.42%) 159 votes

Jika ada yang bertanya nutrisi apa yang paling berpengaruh pada kecantikan kulit maka jawabannya adalah vitamin C. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit yang menggunakan bahan vitamin C, khususnya produk pemutihan dan peremajaan kulit. Ini adalah kabar baik bagi yang ingin mengetahui cara memutihkan kulit secara alami. Vitamin C mudah diperoleh dari buah-buahan dan sayuran di sekeliling kita. Namun, harus diketahui bahwa setiap harinya tubuh hanya membutuhkan sekitar 1000 miligram vitamin C. Oleh karena itu, perhatikan dosisnya agar tidak melebihi dosis yang dianjurkan, bukankah segala yang berlebihan itu tidak baik?

Cara Memutihkan Kulit Dengan Vitamin C

Cara Memutihkan Kulit Dengan Vitamin C

Image courtesy of Photostock / FreeDigitalPhotos.net

Mengenal Vitamin C

Nama lain dari vitamin C adalah asam askorbat yang merupakan vitamin larut dalam air. Jenis vitamin yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen pada kulit, tulang rawan, otot dan pembuluh darah. Vitamin C dikenal multifungsi, selain dibutuhkan untuk penyembuhan luka dan merawat tulang dan gigi vitamin C dikenal juga sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yaitu zat yang merusak DNA. Terkena radikal bebas dari waktu ke waktu dapat mengakibatkan penuaan dini, kerusakan kulit dan munculnya penyakit serius lainnya.

Vitamin C merupakan vitamin larut dalam air

Vitamin C merupakan vitamin larut dalam air

Image courtesy of Piyaphantawong / FreeDigitalPhotos.net

Kaitan antara cara memutihkan kulit dengan vitamin C sangat erat, karena protein kolagen membutuhkan vitamin C agar dapat mencapai struktur yang sempurna. Vitamin C mencegah kolagen menjadi lemah dan rentan terhadap kerusakan.

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang meningkatkan kadar antioksidan lain dalam tubuh. Dua antioksidan penting yaitu glutathione (antioksidan utama) dan vitamin E (antioksidan larut dalam lemak) memiliki hubungan unik dengan vitamin C dalam hal perawatan kulit. vitamin C meningkatkan kadar glutathione dalam darah, senyawa yang mengontrol vitamin E (tokoferol) juga bergantung pada vitamin C untuk regenerasi ke bentuk aktif.

Cara Memutihkan Kulit Dengan Vitamin C

Peneliti telah menemukan bahwa cara kerja pigmen kulit tergantung pada glutathione, L-sistein dan enzim tirosinase. Setelah vitamin C dinyatakan dapat meningkatkan tingkat Gluthathione dapat dikatakan bahwa mengkonsumsi vitamin C adalah cara memutihkan kulit dan mencerahkannya.

Vitamin C Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Vitamin C Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Penentu utama warna kulit adalah pigmen melanin, agar bisa memahami bagaimana cara memutihkan kulit dengan glutathione, perlu dijelaskan mengenai enzim tirosinase. Tirosinase adalah enzim yang ada dalam jaringan tanaman dan hewan. Tirosinase mengkatalis produksi melanin dengan oksidasi. Semakin sedikit jumlah tirosinase dalam tubuh semakin sedikit produksi melanin yang artinya kulit menjadi lebih cerah.

Glutathione menghambat aktivitas enzim tirosinase sehingga kulit menjadi lebih putih. Proses pemutihan ini rata-rata membutuhkan waktu 4 – 12 minggu. Agar glutathione dapat menghambat enzim tirosinase, vitamin C dibutuhkan untuk menjaga keadaan glutathione tetap kuat dan stabil.

Sumber Makanan Vitamin C

Buah-buahan adalah sumber terbaik vitamin C. Masukkan sumber makanan vitamin dalam menu untuk mendapatkan khasiatnya. Buah-buahan yang termasuk yaitu jeruk, paprika merah dan hijau, kiwi, stroberi, melon. Sayuran yang mengandung vitamin C antara lain brokoli, kentang, tomat dan masih banyak lagi. Vitamin C juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan dikemas dalam berbagai bentuk seperti tablet, kapsul maupun bubuk. Bentuk tablet dan kapsul jumlah vitamin C berkisar antara 25 mg – 1500 mg. Bubuk biasanya diisi dalam botol berisi 100 gram – 500 gram.

Buah Kiwi Mengandung Vitamin C Tinggi

Buah Kiwi Mengandung Vitamin C Tinggi

Image courtesy of Dan / FreeDigitalPhotos.net

Kandungan vitamin C dalam makanan mudah hilang bila disimpan atau dimasak dalam waktu lama. Disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan masih segar, suplemen makanan juga pilihan yang cerdas.

Sedangkan untuk meningkatkan kadar glutathione dalam darah, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi glutamin antara lain daging tanpa lemak, telur, gandum dan biji-bijian. Makanan-makanan ini kan merangsang hati sehingga dapat menghasilkan lebih banyak glutathione alami.

Dosis Vitamin C

Perhatikan Dosis Harian Vitamin C

Perhatikan Dosis Harian Vitamin C

Image courtesy of Patpitchaya / FreeDigitalPhotos.net

Cara memutihkan kulit dengan vitamin harus sesuai dosis yang dianjurkan. Dosis harian yang direkomendasikan antara 1000 mg – 3000 mg yang tentunya didapatkan dari sumber alami maupun suplemen. Berkonsultasi dengan dokter sebelum minum suplemen vitamin C adalah cara bijaksana untuk meyakinkan Anda. Perlu diketahui bahwa vitamin C bersifat diuretik sehingga harus minum cukup air agar tetap terhidrasi.

Pada beberapa orang, konsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi (lebih dari 2000 mg) dapat menyebabkan reaksi yang buruk seperti mual atau sakit kepala. Bagi yang menderita gangguan ginjal wajib berbicara dengan dokternya terlebih dahulu karena kemungkinan besar akan menimbulkan efek samping.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui tidak boleh mengkonsumsi vitamin C lebih dari 120 miligram per hari. Vitamin C dapat meningkatkan gula darah sehingga orang yang menderita penyakit diabetes harus sangat berhati-hati sebelum mengkonsumsinya.

Cara memutihkan kulit dengan vitamin C tetap membutuhkan konsistensi dan usaha yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan menjalani gaya hidup sehat.

Beragam Manfaat Vitamin C Untuk Kulit

Vitamin C sebagai cara memutihkan kulit telah diketahui, simak juga beberapa manfaat lainnya untuk perawatan kulit:

  • Pelindung dari sinar matahari. Antioksidan dalam vitamin C melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dan efek paparan sinar matahari;
  • Menyembuhkan luka. Tubuh menggunakan vitamin C untuk menggantikan kerusakan jaringan, menyembuhkan luka lebih cepat.
  • Memperbaiki tekstur kulit. pembuluh darah kecil di bawah kulit membawa oksigen dan nutrisi yang akan menjaga kulit tetap sehat. Tanpa nutrisi yang cukup, kulit menjadi kasar dan kering. Lotion yang mengandung vitamin C akan meningkatkan tekstur kulit.

resepmasakanku.co