Cara Memutihkan Kulit – Diet Mencerahkan Kulit

Cara Memutihkan Kulit – Diet Mencerahkan Kulit
4.66 (93.26%) 156 votes

Mungkin Anda pernah mengalami pengalaman seperti ini, bertemu dengan seorang kenalan di suatu tempat dan dia hampir tidak mengenal Anda. Setelah menyapanya, dia berkerut mulai mengingat-ingat siapa Anda. Beberapa menit kemudian dia sadar siapa Anda, tapi sambil tidak percaya bahwa Anda yang dulu dengan yang sekarang telah berubah. Perubahannya bukan dari segi wajah atau bentuk tubuh, tetapi dia mengatakan “Padahal dulu kulitmu putih, kenapa sekarang tambah hitam ya?”. Entah karena malu atau shock, Anda mulai menjelaskan kegiatan rutin yang dijalani tiap hari yang mungkin ada kaitannya dengan perubahan warna kulit ini.

Tidak Percaya Diri Karena Kulit Gelap

Tidak Percaya Diri Karena Kulit Gelap

Image courtesy of Imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi hitam dan kusam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Sinar Matahari Menghitamkan Kulit

Sinar Matahari Menghitamkan Kulit

Image courtesy of Pakorn / FreeDigitalPhotos.net

  1. Radikal bebas. Paparan radikal bebas dari sinar matahari yang mengandung radisi ultraviolet di dalamnya mempercepat oksidasi melanin, menyebabkan kulit menjadi kusam, kasar kehilangan elastisitasnya dan resistensi kulit juga menurun. Kulit yang sehat mencerminkan tubuh yang sehat.
  2. Alergi kulit. Memiliki kulit yang sensitif dapat membua kulit menjadi lebih gelap. Bagi yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya memeriksa dahulu kandungan sabun atau lotion sebelum dipakai, jangan sampai ada bahan yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda.
  3. Efek samping dari obat-obatan. Jika kulit menjadi lebih gelap stelah mengkonsumsi obat tertentu, alasannya mungkin karena reaksi obat.
  4. Infeksi kulit. Bakteri, jamu dan virus dapat membuat kulit menjadi lebih gelap. Gejala umum dari infeksi kulit adalah gatal dan biasanya disertai dengan perubahan warna kulit. Jika ini terjadi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.
  5. Keturunan. Keturunan merupakan faktor penyebab umum kulit menjadi gelap. Hal ini karena pengaruh gen yang berpindah sari satu generasi ke generasi berikutnya.
  6. Kekurangan vitamin. Kurangnya asupan makanan bergizi, vitamin dan mineral di dalam tubuh membuat kulit menjadi lebih gelap. Diet sehat merupakan cara memutihkan kulit yang sangat penting.

Cara Memutihkan Kulit Paling Aman

Cara Memutihkan Kulit Yang Aman

Cara Memutihkan Kulit Yang Aman

Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Tidak ada yang menginginkan kulit putih bila hanya bersifat sementara, semuanya ingin mendapatkan kecantikan kulit yang putih bersinar seterusnya.  Sedangkan banyak produk kecantikan yang menjanjikan sebagai cara memutihkan kulit paling cepat. Yang penting untuk diketahui adalah tubuh yang sehat akan tampak dari kulit yang sehat pula. Kesehatan dan kecantikan merupaka dua hal yang saling berkaitan erat. Oleh karena itu cara memutihkan kulit paling aman adalah dengan menjaga kesehatan melalui pola makan yang sehat.

Gaya hidup yang membuat kita sering berinteraksi dengan matahari merupakan faktor umum yang membuat kulit menjadi hitam dan kusam. Menjalani diet dengan pola makan sehat sebagai cara memutihkan kulit memiliki panduan berupa jenis makanan dan minuman yang dapat melindungi kulit  dari bahaya sinar matahari. Diet juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit secara alami sehingga dapat menghilangkan cacat ringan.

Diet: Jenis makanan Yang Memutihkan Kulit

Cara memutihkan kulit tidak hanya melalui perawatan krim pemutih, ada banyak cara alami untuk memutihkan kulit termasuk melalui konsumsi jenis makanan berikut:

Makanan Memutihkan Kulit

Makanan Memutihkan Kulit

Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

  • Produk kedelai. Isoflavon dalam kedelai adalah jenis phytoestrogen yang dapat menggantikan peran dari hormon wanita untuk melawan penuaan. Produk kedelai memiliki kemampuan anti – oksidasi, sangat penting untuk menjaga kulit tetap halus dan bercahaya. Makanan yang termasuk golongan ini adalah tahu, tempe, dan jenis kacang-kacangan.
  • Buah-buahan dan sayuran berwarna hijau tua. Buah-buahan berwana cerah merah dan kuning serta sayuran hijau biasanya mengandung karoten dan phytochemical dalam jumlah besar. Fugsinya adalah untuk melindungi kulit dan sebagai anti – oksidasi. Jenis makanan ini termasuk wortel, mangga, tomat merah, pepaya, ubi jalar, labu, bayam dan masih banyak lagi.
  • Buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika ingin melmiliki kulit sehat dan cerah disarankan untuk makan buah-buahan dengan vitamin C yang tinggi seperti buah kiwi, stroberi, tomat atau jeruk.
  • Cokelat. Banyak penelitian menunjukkan manfaat cokelat bagi kesehatan manusia. Bagaimana cokelat bisa dijadikan cara memutihkan kulit? Karena kandungan berbagai macam antioksidan seperti polifenol dan flavonoidnya. Tapi, cokelat mengandung kalori yang tinggi sehingga mengkonsumsinya tidak perlu lebih dari 55 gram per hari.

Diet: jenis Minuman Yang memutihkan Kulit

Minuman Memutihkan Kulit

Minuman Memutihkan Kulit

Image courtesy of Feelart / FreeDigitalPhotos.net

  • Minum banyak air putih sepanjang hari terutama bila sedang berada di luar rumah. Tubuh membutuhkan air yang berfungsi untuk menjaga kelembaban ketika cadangan air di tubuh tidak cukup.
  • Cara memutihkan kulit dengan minuman yaitu dengan minum segelas susu sebelum tidur. Kulit akan bercahaya, indah dan sehat dari dalam dan luar.
  • Teh. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan di dalam teh hijau dapat mengurangi sekitar sepertiga peroksida. Peroksida adalah penyebab utama yang membuat kulit mudah terbakar sinar matahari. Polifenol dalam teh merupakan antioksidan yang kuat. Ketahanan oksidasi polifenol lebih tinggi daripada vitamin A, C dan vitamin E.
  • Minum segelas air yang telah dicampur dengan satu sendok makan perasan lemon dan satu sendok makan madu asli. Rutin diminum setiap pagi sebelum makan.
  • Rebus segelas air, dinginkan sedikit kemudian tambahkan lima sampai enam lembar daunt mint. Tutup dan biarkan selama empat menit. Minum setiap saat sepanjang hari.
  • Jus alpukat. Dalam buah alpukat terdapat vitamin A dan vitamin E yang berfungsi menghaluskan kulit.

resepmasakanku.co