Cara Memutihkan Kulit Ketiak Yang Gelap Secara alami

Cara Memutihkan Kulit Ketiak Yang Gelap Secara alami
4.74 (94.82%) 184 votes

Semua wanita pasti ingin terlihat cantik sempurna, walaupun definisi kecantikan tidak hanya melibatkan kecantikan fisik tetapi tidak ada yang menyangkal jika wanita dengan kulit putih, wajah mulus dan bentuk tubuh yang ideal bisa disebut cantik. Tidak heran bila semua bersaing mendapatkan kulit putih dan mulus untuk mendapatkan predikat sebagai wanita cantik. Apa yang terlihat di depan mata mudah dinilai, oleh sebab itu perawatan kulit tidak jauh-jauh dari wajah, leher, tangan dan kaki karena bagian tubuh tersebutlah yang banyak diperhatikan. Sayangnya, ada bagian penting yang sering luput dari perhatian kita. Bagian ini bukannya tidak penting tetapi karena letaknya yang tersembunyi maka sering diabaikan.

Cara memutihkan Kulit Ketiak Sering Diabaikan

Cara memutihkan Kulit Ketiak Sering Diabaikan

Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Bagian tubuh yang dimaksud adalah ketiak. Pernahkah terlintas di pikiran Anda mengenai cara memutihkan kulit ketiak? Mungkin pikiran itu baru muncul ketika akan memakai baju renang atau baju tanpa lengan. Rasa minder mulai terasa saat melihat orang lain dengan percaya diri mengangkat tinggi tangannya, sama sekali tidak risih karena ia memiliki kulit ketiak yang putih seputih kulit tubuhnya yang lain. Ketiak memang tidak seperti bagian tubuh lain yang suka diperlihatkan kecuali Anda benar-benar sedang ingin menggunakan pakaian yang terbuka dan seksi. Padahal dengan memiliki ketiak yang putih dan bersih bisa membuat orang lain terkagum-kagum dengan penampilan Anda. Karena tidak mudah merawat dan menemukan cara memutihkan kulit ketiak. Bila Anda bisa melakukannya, itu adalah prestasi yang luar biasa.

Mengapa Kulit Ketiak Hitam?

Sebelum mengetahui cara memutihkan kulit ketiak, penting untuk memahami alasan mengapa kulit ketiak bisa menjadi hitam. Hampir setiap orang mengalami perubahan pada warna kulitnya. Paparan sinar ultraviolet tidak hanya merusak sel-sel kulit yang kelihatan, tetapi juga menyerang sel kulit bagian ketiak. Cara kerjanya dengan merangsang munculnya sel-sel khusus yang disebut sebagai melanosit, fungsinya untuk memproduksi pigmen berwarna cokelat.

Sinar Matahari membuat Ketiak Hitam

Sinar Matahari membuat Ketiak Hitam

Image courtesy of Kookkai_nak / FreeDigitalPhotos.net

Hiperpigmentasi juga menjadi alasan, mengapa ketiak berwarna gelap. Ini merupakan ganggauan pigmentasi kulit dimana kelenjar adrenal gagal menghasilkan beberapa hormon penting. Perubahan hormon yang terjadi saat proses kehamilan meningkatkan produksi melanin, menyebabkan kulit di beberapa bagian tubuh menghitam termasuk ketiak.

Ada gangguan hormon lain yang dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Gangguan ini adalah penyakit diabetesdan hormon insulin, senyawa kimia yang membantu menjaga kestabilan gula darah. Tahukah Anda bahwa terlalu banyak produksi insulin mempengaruhi sel-sel kulit? Akibatnya adalah penggelapan kulit di daerah tertentu.

Penyebab lain disebabkan oleh faktor eksternal. Misalnya penggunaan bahan kimia seperti deodoran atau antiperspirant yang dapat menimbulkan alergi atau iritasi. Gesekan berlebihan menyebabkan hiperkeratosis yaitu penebalan kulit yang dimaksudkan untuk melindungi kulit dari gesekan, tekanan dan iritasi. Masalahnya adalah hiperpigmentasi selalu menyertai hiperkeratosis.

Penggunaan Bahan Kimia Pada Ketiak Berbahaya

Penggunaan Bahan Kimia Pada Ketiak Berbahaya

Image courtesy of Ambro / FreeDigitalPhotos.net

Bagaimana cara mencukur rambut yang tumbuh di ketiak? Bila Anda pernah menggunakan pisau cukur atau gunting maka bisa dilihat hasilnya sangat tidak enak dilihat. Seperti memberikan ilusi bahwa Anda memiliki ketiak yang hitam.

Cara Memutihkan Kulit Ketiak Yang Aman

Menyadari beragamnya penyebab penggelapan pada ketiak, tidak heran bila banyak wanita ingin mengetahui cara memutihkan kulit ketiak. Berikut beberapa perawatan memutihkan kulit ketiak yang aman dan mudah dipraktekkan.

Batasi Penggunaan Deodoran

Batasi Penggunaan Deodoran

Image courtesy of Artur84 / FreeDigitalPhotos.net

  • Waxing. Sebagian besar dari kita lebih memilih cara mencukur atau menggunakan krim perontok rambut untuk menghilangkan rambut di ketiak. Sebaliknya, disarankan melakukan waxing. Waxing memang lebih sedikit menyakitkan, tetapi hasilnya sepadan. Rambut akan dibersihkan sampai ke akar-akarnya, waxing juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bagi yang ingin menghilangkan rambut secara permanen bisa memilih cara elektrolisis. Tidak hanya ketiak bersih, semakin lama warna ketiak akan lebih putih.
  • Lemon. Cara memutihkan kulit paling mudah dan efektif adalah menggosoknya dengan lemon setiap hari sebelum mandi. Lemon adalah agen pemutih alami dan mencerahkan kulit. Setelah mandi gunakan pelembab untuk melembutkan kulit dan jangan memakai deodoran selama beberapa hari.
  • Masker.  Untuk mengatasi ketiak gelap, gunakan masker pencerah kulit yang bisa dibeli atau dibuat sendiri. Cara membuatnya di rumah yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan tepung terigu dengan yoghurt, lemon dan sedikit kunyit bubuk. Oleskan pada ketiak selama 15-20 menit kemudian cuci bersih.
  • Kentang dan ketimun. Kentang juga bekerja sebagai pemutih alami. Cara memutihkan kulit ketiak dengan kentang, cukup dengan menggosokkan irisan tipis pada kulit. Bisa juga menggunakan kentang yang diparut. Biarkan selama 15 menit sebelum dicuci. Begitu juga dengan ketimun, hancurkan ketimun dengan cara diblender lalu oleskan di bawah lengan.
    Dapatkan Ketiak Putih dan Cerah

    Dapatkan Ketiak Putih dan Cerah

    Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

  • Kunyit bubuk. Kunyit sering digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Untuk memutihkan ketiak cukup mencampurkan kunyit bubuk dalam dua sendok susu atau krim, dipakai sebelum tidur. Biarkan semalaman dan cuci keesokan paginya. Fungsi campuran ini tidak hanya mencerahkan ketiak tetapi juga membunuh kuman dan bakteri penyebab bau ketiak.
  • Kurangi penggunaan deodoran. Sudah jelas bahwa pemakaian deodoran dan antipersprant adalah penyebab ketiak hitam. Cobalah solusi alami, mengganti deodoran dengan campuran baking soda dan sedikit air. Ini merupakan bahan anti jamur dan alternatif tawas yang sangat baik.
  • Kayu cendana dan air mawar. Banyak cara memutihkan kulit ketiak secara alami. Salah satunya membuat pasta dengan cendana dan air mawar. Cendana bersifat mencerahkan, air mawar berfungsi mendinginkan dan melembutkan kulit. Pakai dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci. Gunakan rutin setiap hari.

resepmasakanku.co