Cara Memutihkan Wajah: Perlindungan Dari Sinar Matahari

Cara Memutihkan Wajah: Perlindungan Dari Sinar Matahari
4.65 (92.92%) 188 votes

Matahari adalah sumber kehidupan, ini adalah fakta yang tidak bisa dibantah. Tanpa sinar matahari yang menyinari bumi, makhluk hidup tidak bisa berkembang biak dengan sempurna. Manusia, tanaman dan hewan membutuhkan matahari untuk kelangsungan hidup mereka. Di sisi lain, Matahari juga memiliki efek tidak menyenangkan terutama bagi manusia. Sengatan sinar matahari di siang hari dapat menimbulkan kerusakan kulit yang menyakitkan.

Terlalu lama terkena sinar matahari dapat menyebabkan kulit merah, menghitam, kering, mengerut, timbul bintik-bintik dan yang paling buruk adalah terkena kanker kulit. Indonesia sebagai negara tropis terkena sinar matahari yang banyak, itulah sebabnya kulit orang Indonesia rata-rata berwarna cokelat atau sawo matang. Walaupun jenis kulit ini disebut eksotik, tetapi masih ada juga yang menginginkan kulitnya berwarna putih seperti kulit orang-orang Mandarin.

Cara memutihkan wajah di negara tropis seperti Indonesia harus pandai-pandai melindungi dari sengatan sinar matahari. Apalagi yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan akan sering berinteraksi dengan matahari.

Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Image courtesy of Stockimages / FreeDigitalPhotos.net

Ketika manusia sering terkena sinar matahari, tubuh mereka akan memproduksi melanin, pigmmen yang menciptakan warna cokelat atau kehitaman pada kulit. Tapi, manusia masih membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D. Sinar matahari juga membantu untuk menyerap kalsium, mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Fakta lain menunjukkan bahwa orang yang berkulit gelap lebih sulit menghasilkan vitamin D dibanding orang berkulit putih. Jika orang berkulit putih bisa mendapatkan vitamin D setelah terkena matahari selama 10-15 menit, orang berkulit gelap membutuhkan waktu 10 kali lebih lama.

Fakta Tentang Sinar Matahari dan Kulit

Sinar matahari memiliki manfaat tetapi juga berbahaya. Sinar matahari yang bermanfaat adalah di waktu pagi dan sore hari. Dimana cahayanya tidak menyengat dan menghitamkan kulit yaitu antara pukul 07.00 – 10.00 dan pukul 15.00-17.00. Intensitas matahari paling tinggi di siang hari. Menurut penelitian 90% garis halus, kerutan dan bintik hitam di wajah adalah kerusakan kulit yang ditimbulkan oleh sinar matahari. Ketika kulit sering terkena sinar matahari apalagi di siang hari, kulit menjadi kering dan menghitam.

Bagi wanita, sinar matahari di siang hari adalah hal yang harus dihindari. Apalagi kulit wajah sangat sensitif terhadap panas, hanya terkena sengatan matahari beberapa menit sudah bisa membuat warna kulit wajah dan leher berbeda. Tidak heran bila dokter kecantikan mana pun pasti menyarankan untuk memakai pelindung wajah bila akan keluar rumah. Melindungi wajah dari teriknya sinar matahari merupakan salah satu cara memutihkan wajah yang akan selalu diingatkan.

Cara Memutihkan Wajah Dari Sinar Matahari

Cara memutihkan wajah agar tidak terkena efek sinar matahari adalah sebagai berikut:

  • Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih. Tabir surya adalah salah satu kunci mendapatkan kulit putih bercahaya. Penggunaan tabir surya sehari-hari malah bermanfaat menurunkan resiko terkena kanker kulit. Pilih tabir surya yang sesuai kebutuhan yaitu untuk jenis kulit berminyak, kering, sensitif atau kombinasi.
    Cara Memutihkan Wajah Dengan Tabir Surya

    Cara Memutihkan Wajah Dengan Tabir Surya

    Image courtesy of Michal Marcol / FreeDigitalPhotos.net

  • Pakai topi. Memakai sebuah topi akan memberikan perlindungan ekstra pada wajah. Topi juga berfungsi menyerap keringat, sehingga tabir surya tidak akan mengenai mata.
    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Topi

    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Topi

    Image courtesy of Sura Nualpradid / FreeDigitalPhotos.net

  • Memakai kacamata. Kacamata adalah aksesoris yang multifungsi. Benda ini memberi perlindungan pada wajah dan mata dari sinar matahari.
    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Kacamata

    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Kacamata

    Image courtesy of Marin / FreeDigitalPhotos.net

  • Memakai payung. Payung adalah pelindung, bukan hanya dari hujan yang basah tetapi sinar matahari yang membuat kulit kering dan hitam.
    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Payung

    Cara Memutihkan Wajah Dengan Memakai Payung

    Image courtesy of Gualberto107 / FreeDigitalPhotos.net

Ada orang yang sering keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya. Untuk tipe ini bisa mencoba cara memutihkan wajah dengan menggunakan perawatan di rumah berikut ini:

  • Percikkan air dingin ke wajah untuk mendinginkan kulit.
  • Gunakan gel dari aloe vera dengan memberi gerakan memijat sampai gel meresap ke kulit.
  • Gunakan air mawar atau toner sebelum tidur untuk melembabkan kulit, mencegah kulit kusam akibat sudah terkena sinar matahari.

Sediakan waktu untuk membuat bahan perawatan pemutih kulit sendiri. Cara memutihkan wajah dengan metode ini aman karena menggunakan bahan-bahan alami:

  • Jika matahari terasa sudah merusak kulit, gunakan mentimun sebagai masker. Potong-potong mentimun dan tempelkan ke wajah dan mata, sebelumnya dinginkan dahulu di lemari es.
  • Jika kulit terlihat sudah mulai menghitam, bisa mencoba cara ini yaitu dengan menggoskokkan irisan kentang pada wajah.
  • Lemon sering digunakan sebagai cara memutihkan wajah akibat berjemur yang terlalu lama. Berjemur terlalu lama, kontak matahari terlalu lama akan merusak kulit. Gunakan jus lemon untuk mencuci muka, diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas.

Perawatan salon seperti facial dan scrubbing juga berkhasiat untuk memutihkan kulit. Scrubbing membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, menyamarkan bintik hitam, mencerahkan dan memutihkan kulit.

Tips Memakai Tabir Surya

  • Disarankan untuk memakai tabir surya 20 menit sebelum keluar rumah. Kulit memerlukan waktu untuk penyerapan.
  • Jangan lewatkan atau melupakan pemakaian tabir surya, bahkan bila hanya keluar rumah  untuk waktu singkat.
  • Tabir surya akan menurun perlindungannya setelah dua jam atau bahkan lebih jika wajah berkeringat. Oleskan kembali tabir surya untuk perlindungan jangka panjang.

Bila kerusakan kulit wajah sudah parah dan tidak bisa menggunakan cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Biasanya dokter akan merekomendasikan perawatan laser profesional untuk mengubah warna kulit menjadi kembali putih, mengurangi keriput dan meningkatkan produksi kolagen.

resepmasakanku.co