Contoh Proposal Bisnis

Contoh Proposal Bisnis
4.5 (90%) 2 votes

Artikel ini menjelaskan tentang contoh proposal bisnis yang digunakan wirausaha. Di waktu ini pemerintah sedang berusaha untuk meningkatkan jiwa kemandirian dengan mendorong terciptanya wirausaha. Tidak hanya pemerintah, banyak sekali instansi dan perusahaan perorangan menawarkan program dana bantuan bagi mereka yang mau membuka bisnis sebagai langkah awal menjadi wirausaha. Banyak sekali orang-orang yang memiliki ide kreatif dalam membuka usaha baru namun tidak memiliki modal cukup terutama di awal dalam membangun bisnis.

Itu sebabnya pemerintah serta berbagai instansi berusaha untuk mengucurkan bantuan keuangan bagi para wirausaha. Wirausaha yang ingin mendapatkan uang sebagai modal awal dalam bisnis mereka harus bersaing dengan ratusan orang lain yang ingin menjadi wirausaha dalam mendapatkan bantuan dana baik dari pemerintah atau instansi perorangan. Dalam bersaing memperoleh bantuan uang inilah dibutuhkan contoh proposal bisnis.

Contoh proposal bisnis yang digunakan wirausaha

Contoh proposal bisnis yang digunakan wirausaha

Image courtesy of Arvind Balaraman / FreeDigitalPhotos.net

Proposal bisnis yang dibuat nantinya akan dibaca oleh pihak pemilik dana atau uang bagi calon wirausaha. Contoh proposal bisnis kita akan bersaing dengan ratusan proposal usaha atau bisnis yang lainnya. Oleh karena itu, kita harus pintar membuat proposal bisnis yang akan menarik perhatian pihak pemilik dana serta mendapatkan kepercayaan mereka bahwa nantinya bisnis yang akan dijalankan menghasilkan keuntungan bahkan berkembang. Apabila proposal bisnis anda diterima maka tugas anda selanjutnya adalah bagaimana anda mengelola bisnis anda karena pihak pemilik dana akan menagih perkembangan bisnis yang anda jalankan setelah mereka mau memberikan uang sebagai modal awal.

Contoh proposal bisnis beserta format yang harus dibuat oleh wirausaha

Dalam membuat proposal bisnis sebaiknya anda memperhatikan format yang baik dan benar. Meskipun mungkin bisnis yang anda jalankan nantinya merupakan bisnis berskala kecil maupun menengah. Ingat bahwa format yang baik membuat kesan awal yang baik bagi para pihak yang akan membantu anda dengan modal pertama.

Bagian apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat contoh proposal bisnis? Terdapat bagian-bagian penting yang sebaiknya kita ketahui dan tidak boleh terlewatkan dalam menulis proposal bisnis baik proposal bisnis pendek maupun panjang. Jadi hal apa saja yang perlu dicantumkan di dalam membuat proposal bisnis? Hal utama yaitu mengenai latar belakang kita tertarik untuk membuat usaha tersebut, gambaran umum mengenai barang dan jasa yang akan ditawarkan, berapa besar biaya dan perkirakan anggaran yang dibutuhkan sebagai modal awa untuk membuka beserta mengembangkan bisnis kita, bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan nantinya, strategi pemasaran apa yang akan dilaksanakan, dan gambaran umum yang lainnya.

Contoh proposal bisnis yang lengkap dan benar sebaiknya menyertakan bagian-bagian berikut:

  1. Pada bagian awal coba anda tulis latar belakang mengapa anda tertarik memulai usaha tersebut. Pastikan bahwa latar belakang ini tidak melebihi satu halaman karena latar belakang contoh proposal bisnis harus dibuat secara singkat akan tetapi padat serta jelas. Mungkin anda tertarik membuka bisnis warung internet, restoran atau rumah makan, warung atau menjadi pedagang kaki lima, franchise, bisnis binatu, pedagang pernak pernik, dan sebagainya. Tidak usah malu apabila anda memulai usaha kecil terlebih dahulu, usahakan anda memiliki ide yang kreatif dalam membuat bisnis baru. Sertakan alasan mengapa anda terjun ke dunia bisnis tersebut. Contohnya mungkin melihat banyak sekali sekarang bisnis binatu yang menjanjikan sehingga hal tersebut menjadi latar belakang mengapa tertarik terjun ke dunia bisnis binatu.
    Contoh proposal bisnis sesuai tujuan kita dalam membuka bisnis tersebut

    Contoh proposal bisnis sesuai tujuan kita dalam membuka bisnis tersebut

    Image courtesy of winnond / FreeDigitalPhotos.net

    Jangan lupa sertakan tujuan kita dalam membuka bisnis tersebut. Pihak pemilik dana menginginkan kita memiliki tujuan mengapa dibuka bisnis tersebut dan tidak hanya sekadar untuk memperkaya diri. Dalam contoh proposal bisnis anda sebaiknya anda poin tujuan maupun visi misi anda mengapa ingin menjadi wirausaha dan apa yang akan diperoleh dengan berjalannya bisnis tersebut. Contohnya dengan menjadi wirausaha mandiri dan membuka usaha baru bisa membantu pemerintah mengurangi penggangguran dengan meningkatkan lapangan kerja, berusaha menjadi mandiri dengan tidak bergantung maupun bekerja dengan pihak lain seperti pemerintah serta swasta, menumbuhkan jiwa wirausaha dan menjadi contoh serta teladan bagi orang lain yang ingin menjadi wirausaha.

  2. Bagian gambaran produk beserta jasa yang mau ditawarkan juga harus dicantumkan setelah latar belakang, tujuan, dan visi misi kita. Bagian ini amat penting karena pihak pemilik dana akan menentukan apakah produk dan jasa yang dijual mampu bersaing dengan pasar. Sebaiknya anda betul-betul berpikir kreatif mengenai ide produk dan jasa yang mau ditawarkan ke pelanggan beserta konsumen. Jika anda bisa memikirkan suatu produk maupun jasa yang belum pernah dijual sebelumnya maka hal itu akan sangat menguntungkan bagi contoh proposal bisnis anda.
  3. Apabila bisnis yang dijalankan memiliki beberapa bagian atau manajemen maka ada baiknya untuk dicantumkan di dalam contoh proposal bisnis. Mungkin bagi mereka yang menjalankan bisnis baru secara mandiri seperti pedagang kaki lima tidak memerlukan bagian ini, namun apabila usaha tersebut memiliki beberapa departemen manajemen semisal departemen HRD (sumber daya manusia), departemen keuangan, departemen produksi, departemen pemasaran, dan sebagainya lebih baik ikut disertakan.
    Pastinya suatu usaha atau bisnis yang dijalankan membutuhkan sistem operasi, jadi kita juga dapat mencantumkan di dalam contoh proposal bisnis bagaimana sistem operasi tersebut akan berjalan. Sebagai contoh bagaimana produk tersebut akan dibuat maupun bagaimana jasa tersebut akan dilaksanakan, dan sistem operasi yang lain.

    Contoh proposal bisnis sesuai besar uang sebagai modal awal pembentukan bisnis baru

    Contoh proposal bisnis sesuai besar uang sebagai modal awal pembentukan bisnis baru

    Image courtesy of Serge Bertasius Photography / FreeDigitalPhotos.net

  4. Perkiraan berapa besar uang sebagai modal awal pembentukan bisnis baru amat penting untuk ditulis. Dalam contoh proposal bisnis, bagian terpenting adalah berapa banyak modal yang dibutuhkan dalam membuat bisnis baru yang mau dijalankan. Estimasikan berapa besar uang dan biaya yang dibutuhkan. Proyeksikan juga berapa target pendapatan yang mau dicapai sehingga pihak pemilik dana bisa tau apakah bisnis tersebut menjanjikan di kemudian hari.

resepmasakanku.co