Definisi Komputer – Catatan Menarik Definisi Komputer

Definisi Komputer – Catatan Menarik Definisi Komputer
4.88 (97.54%) 191 votes

Semakin berkembangnya teknologi, hampir seluruh kegiatan diubah kedalam bentuk yang dinamakan Komputer. Semua dapat dengan mudah teridentifikasi secara system dan online saat itu juga. Definisi dari istilah komputer  itu sendiri mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda  bagi setiap pemikirian manusia. Secara umum nama tersebut berasal dari bahasa Latin “computare” yang berarti menghitung  (to compute atau to reckon).

Seorang peneliti bernama Hamacher mengartikulasikan komputer sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan mampu menerima informasi input secara digital, serta memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memorinya. Sehingga menghasilkan output yang saat ini kita gunakan berupa informasi.

Definisi Komputer

Definisi Komputer

Sedangan Fuori berpendapat lain tentang komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar secara cepat, termasuk didalamnya perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia atau lebih dikenal dengan cara manual. Lain lagi dengan  Blissmer  (1985),  komputer  merupakan suatu  alat  elektronik  yang memiliki kemampuan dalam melakukan beberapa tugas sekaligus, yaitu menerima input, memprosesnya sesuai dengan instruksi yang  diberikan, menyimpan berbagai macam perintah beserta hasil pengolahannya, dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan   menurut  Sanders   (1985), mengemukakan bahwa  komputer  adalah suatu  sistem  elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan terorganisir secara otomatis  menerima  dan  menyimpan  data  input,  memprosesnya,  dan menghasilkan  output berdasarkan beberapa instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Masih banyak lagi para ahli yang mencoba memberikan definisi dari sudut pandang berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolahnya, memberikan seluruh informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dan hasil pengolahannya, dengan cara otomatis.

Supaya media komputer dapat berguna sebagai alat untuk mengolah data, maka harus berbentuk  sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari berbagai elemen yang saling terkait membentuk satu kesatuan dalam melaksanakan tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan  pokok  dari  sistem  komputer  merupakan  pengolahan  data  untuk  menghasilkan informasi  sehingga perlu  didukung  oleh  elemen-elemen  yang  diantaranya termasuk perangkat keras (hardware),  perangkat  lunak  (software),  dan  brainware.  Perangkat  keras  adalah  peralatan komputer  itu sendiri beserta komponen – komponen yang berada didalamnya,  perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan suatu instruksi dalam mendapatkan informasi artinya lebih kepada eksekusi sifatnya,   dan   brainware  adalah  pengguna komputer atau manusia dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
1Berikut gambar struktur komputer secara umum.

Sedangkan fungsi komputer adalah sebagai operasi dari masing-masing komponen sebagai bagian dari Struktur. Adapun fungsi dari setiap komponen dalam struktur di samping adalah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)

yaitu perangkat keras komputer yang berguna sebagai alat pemasukan data atau perintah ke dalam komputer

2. Output Device (Alat Keluaran)

yaitu perangkat  keras  komputer  yang  berfungsi  dalam  menampilkan  keluaran sebagai hasil pengolahan data. Hasilnya dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (floppy disk atau flash disc), dan berupa suara.

3. I/O Ports

Bagian  ini  berfungsi  untuk  menerima  atau  mengirim  data  ke  luar  sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.

4. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan otak pengendali sistem komputer, dimana memiliki dua bagian fungsi operasional,

yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori

Merupakan sebuah komponen yang cukup vital. Memori  terbagi  menjadi  dua  bagian  yaitu  memori  internal  dan  memori  eksternal dilihat dari segi lokasi dalam posisi peletakkannya. Memori internal  adalah RAM  (Random  Access  Memory) yang  berguna sebagai penyimpan program yang diolah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya terbaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

6. Data Bus

Tediri dari beberapa jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu  saat tertentu  setiap  saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran  menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus  ini  menentukan  kinerja sistem  secara keseluruhan.  Sifatnya  bidirectional, dimana  CPU dapat membaca maupun menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

7. Address Bus

Berfungsi sebagai penanda lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Di jalur ini,  CPU  akan  mengirimkan  alamat  memori yang akan  dibaca  atau ditulis. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

8. Control Bus

Biasanya digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan  Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

resepmasakanku.co