Game Mario Bros : Catatan Tentang Game Mario Bros

Game Mario Bros : Catatan Tentang Game Mario Bros
4.76 (95.26%) 88 votes

“Ayo Luigi, perjuangan kita melawan King Coupa masih panjang! Kita harus membebaskan Tuan Puteri dan Todd si Jamur dari cengkeraman raja jahat itu!” demikian Mario berseru kepada Luigi, ketika saudaranya itu terengah-engah kelelahan dan hampir menyerah waktu mereka berdua sedang dalam misi membebaskan puteri raja dan pengawalnya yang disandera oleh King Coupa, sesosok monster berbentuk buaya dengan punggung berpunuk seperti seekor kura-kura.

Cuplikan diatas adalah penggalan Game Mario Bros bersaudara atau lebih akrab di telinga kita dengan sebutan Mario Brothers. Uniknya, film tersebut justru diambil dari permainan video game tahun delapan puluhan dengan judul sama. Game ini dibuat oleh dua orang berkebangsaan Jepang bernama Shigeru Miyamoto dan Gunpei Yokoi. Mereka berdua sebelumnya dikenal sebagai pembuat permainan terkenal Donkey Kong yang fenomenal itu.

Game Mario Bros

Game Mario Bros

Ketika mengembangkan Donkey Kong, Miyamoto dan Yokoi tertarik untuk memasukkan musuh baru berbentuk kura-kura, juga menampilkan sosok Mario dalam permainan tersebut. Karena bentuk fisiknya sejak awal berkumis tebal, duo jenius ini kemudian berunding untuk membuatkan sebuah game khusus tentang tokoh berkumis tersebut. Awalnya mereka ingin menampilkannya sebagai seorang berprofesi tukang kayu. Namun melihat penampilannya yang berperut gendut dan kumis tebal, baik Miyamoto maupun Yokoi merasa bahwa pekerjaan yang paling cocok untuk Mario adalah seorang tukang ledeng.

Akhirnya dibuatlah seri khusus dimana layar permainan dipenuhi gambar pipa meliuk kesana-kemari sebagai tempat untuk masuk serta keluar dari satu tempat ke tempat lain. Sejak awal pembuatan, game ini sudah menghadirkan banyak hal unik, diantaranya pemilihan kota New York sebagai lokasi petualangan Mario dan Luigi. Menurut duo pengembang itu, New York terkenal dengan saluran air bawah tanahnya yang meliuk seperti labirin. Sementara penggunaan warna hijau untuk pipa-pipanya, dikarenakan Yokoi kehabisan palet warna sehingga mengusulkan warna tersebut. Presiden Nintendo ketika itu Satoru Iwata, sempat menyebut hijau sebagai warna aneh. Namun setelah dijelaskan bahwa hijau dipilih karena mampu menjadi dominasi dari gabungan warna pemandangan dalam game, akhirnya Iwata menyetujuinya.

Dalam peluncurannya tahun delapan puluh tiga, Nintendo sekaligus memperkenalkan Luigi sebagai sosok saudara bagi Mario. Bedanya perawakan Luigi lebih kurus dengan pakaian serba hijau. Nintendo merilis pertamakalinya dalam versi NES (Nintendo Entertainment System). Kalau anda pada tahun tersebut sedang dalam usia Sekolah Dasar, tentunya anda akan terkenang serunya permainan ini, lengkap dengan musik latarnya yang sampai sekarang terus dimainkan, bahkan oleh para gitaris dunia dengan berbagai versi, mulai akustik sampai elektrik.

Ketika diperkenalkan dalam bentuk kaset Nintendo yang beredar pada tahun 1983, game bertajuk Super Mario Bros ini terdiri dari delapan level, dimana masing-masing level terdiri atas empat tahap. Artinya, anda harus menyelesaikan empat bagian dalam sebuah level untuk bisa memainkan tahap berikutnya. Berbagai halangan dari musuh maupun rintangan balok-balok bata harus bisa diatasi untuk bisa memberantas semua musuh. Tapi tenang saja.

Pembuat game ini sudah membekali sang tokoh utama dengan kemampuan menginjak musuhnya, memperbesar diri menjadi raksasa dengan menyentuh jamur yang tersembunyi dalam balok bata rahasia bergambarkan tanda tanya (?). Selain itu, anda juga bisa menyentuh tanaman bunga yang muncul ketika tubuh sudah membesar, sehingga membasmi musuh akan jauh lebih mudah karena anda sudah bersenjata. Tekan tombol “B” pada konsol Nintendo anda, maka bola api akan keluar dari ujung jari Luigi maupun saudaranya si tokoh utama. Kedua saudara ini juga bisa melompat untuk menghindar atau justru menginjak musuh.

Sukses game ini membuat nama Nintendo langsung melejit dan dikenal sebagai perusahaan pembuat permainan elektronik berskala besar. Tentu saja pabrikan asal Jepang itu tidak mau tinggal diam. Berbagai versi dari si tukang ledeng bersama saudaranya terus dikembangkan. Mulai sekuel versi lama dengan embel-embel Advanced, sampai versi untuk dua konsol favorit termutakhir mereka yaitu Game Boy dan Wii. Bagi pencinta seri awal si tukang ledeng bersaudara, tentunya tidak akan lagi menemukan keasyikan seperti masa kecil dulu. Tapi bagi generasi sekarang, setidaknya mereka akan menjadi penggemar baru Mario Bros yang fenomenal.

Sumber tulisan: https://en.wikipedia.org/wiki/Mario_Bros.

Link Gambar: http://1.bp.blogspot.com/-aQ06iphr6tc/ULmNKXteFII/AAAAAAAAAv4/OFBM-n0JQgY/s1600/permainan+super+mario+bros.jpg

resepmasakanku.co