Game Monopoly – Kumpulan Tulisan Terlengkap Tentang Game Monopoly

Game Monopoly – Kumpulan Tulisan Terlengkap Tentang Game Monopoly
4.82 (96.42%) 142 votes

Semua orang di dunia pasti menyukai sesuatu yang disebut game ini, karena selain bersifat menghibur, juga dapat menjadi pengalih beban pikiran serta meredakan stress dan ketegangan akibat bekerja. Salah satu permainan sederhana terkenal di dunia permainan yaitu game monopoly. Permainan yang terkenal dengan penggunaan papan dengan susunan-susunan properti di atasnya pernah digandrungi pada era tahun 90’an.

Tidak lengkap rasanya jika kita memainkan permainan ini tanpa mengetahui sejarahnya. Game monopoly pertama kali dibuat oleh Elizabeth M pada tahun 1904 dengan tujuan sebagai pembelajaran akan sistem monopoli oleh tuan tanah, dengan kekuasaan besarnya saat itu. Akan tetapi sejak diciptakan, tidak ada satupun produsen game memproduksinya secara besar-besaran. Hingga akhirnya pada 5 November 1935, Charles Darrow mempatenkan dan menjual game ini kepada Parker Brothers dan pada tahun sama mulai memproduksi game ini secara besar-besaran.

Game Monopoly

Game Monopoly

Lalu apa ciri khas permainan ini? Game monopoly adalah suatu permainan sederhana dengan penggunaan papan/karton untuk memainkannya dimana inti permainan adalah bagaimana sang pemain dapat menguasai keseluruhan atau sebagian besar petak-petak properti diatasnya dengan melalui sistem penyewaan, pembelian hingga pertukaran dengan pemain lainnya. Secara tidak disadarai oleh para pemainnya, permainan ini menggunakan teori serta sistem ekonomi sederhana, dengan kemiripan sistem ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

Pada proses bermain, setiap pemain secara bergiliran/berurutan melemparkan dadu 6 sisi. Langkah pergerakannya tergantung dari nominal yang ditunjukkan oleh dadu setelah dilempar. Jika berdasarkan nominal ini sang pemain mendarat tepat di petak properti tanpa pemilik, ia dapat membelinya dengan besarnya harga jual tersebut. Sedangkan jika ia sampai pada petak properti berpemilik , maka sang pemain harus membayarkan uang sewa atau uang denda kepada sang pemilik properti tersebut.

Game monopoly ini memiliki perlengkapan permainan terdiri dari papan permainan, 2 buah dadu 6 sisi, 32 properti rumah berwarna hijau, 12 properti hotel berwarna merah, kartu ‘dana umum’, kartu ‘kesempatan’, kartu hak milik akan ‘tanah-bangunan’, serta uang-uang monopoli mulai dari nominal 1 hingga 500. Permainan ini terdiri dari pemain berjumlah 3 hingga 7 orang, dimana masing-masing pemain pada awal permainan akan mendapatkan dana awal berupa uang sebesar 1500, yang terdiri dari 500 (2 lembar), 100 (4 lembar), 50 (1 lembar), 20 (1 lembar), 10 (2 lembar), 5 (1 lembar) serta 1 (5 lembar).

Keunikan yang dimiliki permainan ini ada pada kesempatan bermain bergantung kepada hasil lemparan dadu. Jika hasil lemparan dadu menunjukkan angka yang sama, pemain dapat berjalan sebanyak nominal dadu tersebut dan berhak melempar dadu kembali. Tetapi jika pada lemparan ketiga masih mengeluarkan angka dadu sama, maka ia akan langsung masuk penjara. Untuk dapat keluar dari kotak penjara ini, harus mampu menghasilkan lemparan dadu yang sama atau membayar sejumlah denda kepada bank. Seperti kejadian di dunia nyata saja ya.

Selain itu, jika berdasarkan hasil lemparan dadu seorang pemain berhenti tepat di kotak ‘START’, maka ia berhak mendapatkan uang sebesar 200 dari bank. Bank dijaga oleh salah satu pemain yang dipilih berdasarkan kesepakatan bersama diantara para pemain. Pada game monopoly, jika seseorang memiliki rumah atau hotel yang berada pada satu komplek (ditunjukkan dengan warna properti sama), maka ia berhak menetapkan harga sewa sebesar 2 kali lipat dari harga sewa yang tertera pada kartu kepemilikan.

Keunikan lain dari game monopoly yaitu adanya kewajiban membayar fasilitas-fasilitas yang umum kita alami pada dunia nyata, seperti kewajiban membayar air, listrik serta area parkir. Proses jual beli dan pergadaian dengan setengah harga, terhadap kepemilikan suatu properti juga dapat ditemukan pada game monopoli ini. Hal ini dapat dilakukan pemain jika ia mengalami kebangkrutan atau kehabisan uang. Pemenang dari game monopoly ditentukan dari pemain dengan jumlah kepemilikan properti berupa hotel, rumah, serta uang paling banyak dibandingkan pemain lainnya.

Game monopoly memang permainan ringan sekaligus menyenangkan. Karena disamping sebagai untuk alat hiburan, hal ini juga mengajarkan sistem ekonomi jual beli yang juga berlaku di dunia nyata. Tertarik untuk mencoba? Boleh saja, asalkan tidak sampai lupa waktu untuk melakukan aktivitas lain dan menjadikannya sebagai ajang taruhan.

Sumber gambar : http://uldbl9.buk.so

resepmasakanku.co