Jaringan Tumbuhan > Catatan Terlengkap Tentang Jaringan Tumbuhan

Jaringan Tumbuhan > Catatan Terlengkap Tentang Jaringan Tumbuhan
4.78 (95.58%) 96 votes

Jaringan Tumbuhan memiliki varian sel di dalamnya, seperti dinding sel, sitoplasma, golgi apparatus, membran, dan lainnya. Varian ini juga memiliki fungsi berbeda dalam perkembangan pertumbuhan masing-masing tanaman.

Dinding Sel

Dinding ini berukuran sekitar 1μ, dengan fungsi dasar sebagai pengendali bentuk utama serta memperkuat perkembangan pertumbuhan. Pada bagian ini, membran juga termasuk di dalamnya. Dinding ini terdiri atas dua lapisan kaku, selulosa keras yang tertanam dalam senyawa seperti pektin dan lignin. Pori-podi yang terdapat pada dinding ini memungkinkan untuk dilewati oleh molekul-molekul. Ada dua bagian utama, yaitu dinding premier dan dinding sekunder.

Dinding premier terbentuk selama pertumbuhan, ketika sel telah berhenti tumbuh, timbullah dinding kedua, yaitu dinding sekunder. Dinding sekunder terbuat dari lignin dan selulosa, dengan fungsi utama mencegah pertumbuhan lebih lanjut serta membentuk pelindung serta menjadi penghalang yang kuat.

Jaringan Tumbuhan

Jaringan Tumbuhan

Sitoplasma

Fungsi dasar sitoplasma adalah membantu melarutkan produk limbah pada tumbuhan, juga menjadi media perjalanan yang dilalui oleh vesikel. Selain itu, sitoplasma juga memiliki peran guna membantu stablitasi metabolisme serta menjadi rumah bagi sitoskleton, filamen sitoplasma yang bertanggung jawab untuk pergerakan sel. Sitoplasma merupakan suatu bahan seperti jelly, dengan kandungan air sebanyak 80%, biasanya terlihat jelas dari warnanya. Sitoplasma juga mengandung banyak garam. Bagian cairnya disebut sebagai sitosol. Sitoplasma akan terus bergerak dan berputar.

Golgi Apparatus

Golgi apparatus memiliki ukuran antara 2 hingga 3μ. Golgi apparatus memiliki fungsi dasar sebagai pusat pengolahan tumbuhan, mengatur alur paket serta memproses protein baru, menyiapkan protein cukup guna sekresi atau penyimpanan. Badan golgi adalah serangkaian tumpukan membran dalam sitoplasma, ketika proses paket protein digunakan menjadi sekresi atau penyimpanan dalam vesikula, di dalam kantung membran berbentuk cairan atau zat seperti gel.

Golgi aparatur mengambil protein dalam kantung transportasi dari retikulum endoplasma kemudian mengirimkannya melalui serangkaian membran ini. Protein tersebut kemudian dimodifikasi ketika melewati dari satu membran ke membran lainnya. Setelah vesikel protein telah menyelesaikan perjalanan mereka melalui aparatur golgi, tunas dari organel dalam kantung, siap untuk di simpan atau diangkut ke bagian lain dari tubuh tumbuhan.

Membran Sel

Membran memiliki ukuran 7 hingga 8 NM (nanometer), dengan fungsi utamanya sebagai mengontrol apa pun yang masuk dan keluar dari sel, juga memisahkannya dari lingkungan luar. Di bagian luar tersebut, terdapat lapisan protein juga lipid (lemak) yang di sebut sebagai membran sel atau membran plasma. Permeabel dilakukan sangat selektif, sehingga bisa memungkinkan bagi beberapa molekul dapat masuk, bisa juga tidak.

Membran juga memungkinkan molekul masuk melalui dua bentuk transportasi, yaitu transportasi aktif dan transportasi pasif. Transportasi pasif terdiri dari difusi sederhana melalui pori-pori atau pembawa molekul. Sedangkan transportasi aktif terdiri dari eksositosis, endositosis, serta natrium-kalium pompa. Selain melindungi dari lingkungan luar, fungsi lainnya juga menjaga sitoplasma dan organel dalam, dari semua hal-hal di luar tubuh.

Mitokondria

Mitokondria memiliki ukuran 2 hingga 3m, dengan fungsi dasar sebagai respirasi pusat dan membuat energi bagi sel. Mitokondria yang mengambang di dalam sitoplasma adalah serangkaian organel berukuran cukup besar, disebut mitokondria. Organel ini memiliki fungsi sebagai pusat respirasi. Karena mitokondria berfungsi sebagai pusat produksi energi, ada berbagai jumlah mitokondria berbeda. Otot memiliki banyak mitokondria sesuai dengan jumlah energi yang mereka butuhkan, tetapi tidak bagi sel kulit. Mitokondria memiliki dua membran, yaitu membran luar dan dalam.

Retikulum Endoplasma

Ukuran retikulum endoplasma sangat vriabel. Retikulum endoplasma memiliki fungsi sebagai sistem transportasi, serta memindahkan protein dan vesikula. Fungsi lainnya adalah sebagai rumah untuk ribosom seta sebagai jalur protein.

Vakuola

Vakuola memiliki ukuran yang bervariasi antara 10 μ paling kecilnya. Vakuola memiliki fungsi dasar sebagai pusat penyimpanan besar untuk sel, serta menahan air sekaligus sumber nutrisi. Vakuola dikelilingi oleh sitoplasma. Vakuola bertindak sebagai area penyimpanan besar, dengan fungsi utama sebagai pengontrol bagi tekanan turgor, sering dinamakan vakuola contracile. Vakuola contracile mengambil kelebihan air dan kemudian memeras keluar guna mencegah sitolisis. Tugas lain dari vakuola juga sangat penting. Yaitu menyimpan enzim dan limbah beracun sehingga tidak dapat disimpan di tempat lain dalam sel. Biasanya, hanya ada satu vakuola dalam satu sel tanaman, dan dapat mencangkup sekitar 90% dari total volume sel.

Sumber gambar: http://goo.gl/y7qlLT

resepmasakanku.co