Laboratorium : Kumpulan Tulisan Mengenai Laboratorium

Laboratorium : Kumpulan Tulisan Mengenai Laboratorium
4.69 (93.84%) 105 votes

Menjadi pandai merupakan impian bagi setiap orang tanpa terkecuali, meskipun berbagai usaha ditempuh dengan pengorbanan waktu dan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Sesuai terhadap apa yang menjadi pesan sekaligus amanah dari tuntunan Nabi Muhammad SAW yaitu tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat, secara artikulasi sudah jelas bahwa tidak hanya sekedar ingin pandai melainkan manusia masih memiliki keterbatasan dalam berkarya sekaligus keilmuan.

Sejak masa lalu, para ilmuwan sering mengadakan sebuah eksperimen terhadap sesuatu hal baru untuk menciptakan sebuah metode. Baik dalam bentuk percobaan ilmiah maupun secara teoritis yang dikembangkan berdasarkan pengalamannya di dunia nyata, Seperti gaya gravitasi yang dikembangkan oleh Isaac Newton dalam teorinya perihal adanya gaya tarik menarik antara dua kutub bumi yang saling berhubungan pada massa sama. Ilmu tersebut bisa dibuktikan di dunia nyata serta mampu menjadi sebuah dasar guna memperhitungkan teori lainnya untuk diteliti.

Laboratorium

Laboratorium

Bicara masalah keilmuan tidak terlepas kepada lembaga terkenal sejak kecil bernama sekolah. Tempat bernaung semua orang dan memiliki tujuan sana yaitu menimba ilmu setinggi mungkin agar mampu menjadi orang berguna bagi negara dan agama. Step by step selalu diarahkan oleh sang guru mengenai sejumlah pelajaran, mulai dari bagaimana caranya memperhitungkan sebuah luas bangunan serta rumusnya sampai kepada memecahkan sebuah soal sulit melalui berbagai metode analisa ataupun penelitian. Tidak setiap siswa memahami seluruh Ilmu tersebut, melainkan ada beberapa jenis edukasi mampu ditelaah secara detail dan berujung pada suatu keahlian bersifat khusus. Namun secara penerapan di lapangan lebih mengarah kepada sistem praktikum terpadu sebagai upaya pendalaman materi terhadap suatu bidang keilmuan. Caranya banyak dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari pengajaran secara realtime melalui kunjungan langsung terhadap objek yang mungkin diamati berkaitan satu materi tertentu hingga metode studi kasus dimana menguji siswa dalam memecahkan suatu soal, beserta rinciannya melalui proses penelitian menggunakan alat peraga baik didalam maupun diluar ruangan.

Kegiatan tersebut dikenal dengan nama observasi atau penelitian, dimana lebih mentiiberatkan pada penguasaan materi. Biasanya sumber keilmuan lebih kepada pengenalan alam secara biologi, fisika maupun kimia, sehingga tak jarang siswa dituntut lebih aktif bertanya sekaligus memberikan inovasi agar selalu ingin mencoba dari berbagai petunjuk yang diberikan oleh sang pendidik. Tempat penelitian tersebut dinamakan Laboratorium jika letaknya berada di dalam area sekolah sedangkan objek studi bila berada di luar sekolah. Kedua metode penelitian tersebut memiliki kesamaan tujuan hanya dari segi pendekatan maupun objek saja berbeda.

Adapun Laboratorium itu terbagi atas beberapa bidang keilmuan sesuai objek pengamatannya, yaitu :

  • Laboratorium Biologi
    Lebih mengarah pada objek tumbuhan maupun makhluk hidup berkaitan terhadap perkembang biakannya serta sistem reproduksi secara alamiah. Peralatannya sebagian besar menggunakan mikroskop beserta gelas tetes kimia untuk membantu siswa mengadakan proses penelitian terhadap suatu materi.
  • Laboratorium Kimia
    Mendalami berbagai zat berkaitan dengan rumus kimiawi dalam campuran tertentu. Biasanya siswa diberikan sebuah alat peraga berupa bejana bening, sebuah lilin bersumbu serta sejumlah ukuran gelas kimia dalam berbagai bentuknya. Pada praktikum berjalan, semua peserta didik wajib mengenakan jaket lap sebagai pengamanan jika terkena zat kimia. Jika pendidik memberikan zat berbahaya untuk diadakan pencampuran, ada kalanya siswa diminta menjaga jarak agar proses akhirnya tidak menimbulkan resiko yang fatal. Seperti Zat Natrium dimana sangat rentan jika tercampur kedalam cairan, bisa menimbulkan percikan sampai kepada ledakan.
  • Laboratorium Fisika  
    Aneka macam alat peraga bisa ditemui pada tempat ini, mulai dari lensa cembung, cekung, medan magnet beserta katrol maupun neraca. Sesuai dengan susbtansi keilmuan, dimana fisika memiliki cakupan lebih luas dalam penelitian. Tak hanya satu sub bagian saja, melainkan observasi dibuat menyeluruh agar bisa diketahui hasil akhirnya dengan tepat.
  • Laboratorium Medis
    Berkaitan pada dunia kedokteran khususnya, menangani berbagai jenis pendekatan secara anatomi tubuh manusia beserta organ pendukung lainnya. Objek bisa berupa darah, urine, sampai kepada hasil pembuangan akhir manusia. Berbekal ilmu kedokteran serta analis farmasi sangat dibutuhkan, karena langsung mendeteksi sejak dini kondisi tubuh sang penderita. Jadi tak hanya benda mati sebagai observasinya, melainkan seluruh bagian tubuh beserta gejala yang mungkin timbul dari beberapa penelitian sebelumnya.

Sumber gambar : http://www.mug.edu.pl/image/image/1062/large/06_Laboratorium.jpg

resepmasakanku.co