Lagu Anak Indonesia > Tulisan Terlengkap Tentang Lagu Anak Indonesia

Lagu Anak Indonesia > Tulisan Terlengkap Tentang Lagu Anak Indonesia
4.89 (97.82%) 115 votes

Banyak cara yang bisa dilakukan agar menjadi manusia yang baik. Yaitu manusia yang memiliki budi perkerti luhur. Salah satunya adalah dengan menyanyikan lagu-lagu yang baik. Termasuk bagi anak-anak. Lagu-lagu yang baik akan mengembangkan pengetahuan, memberikan rasa gembira, dan secara tidak langsung juga memberikan pendidikan moral.

Beruntunglah anak-anak Indonesia karena mempunyai lagu-lagu yang selain indah juga kaya akan pengetahuan dan pendidikan. Dan lagu anak Indonedia seperti itu jumlahnya cukup banyak. Bersifat abadi karena selalu dinyanyikan secara turun temurun. Dari nenek ke ibu kemudian kepada anaknya.

Ketika menyanyikannya pun anak-anak merasa senang. Selain karena syairnya sederhana, anak-anak cepat paham maksud lagu tersebut. Memang, lagu anak Indonesia seperti itu memahami sekali dunia anak. Sehingga anak-anak merasa nyaman dan senang ketika mendengar dan menyanyikannya.

Tetapi ternyata pengarang lagu anak Indonesia tidaklah banyak. Sebut saja yang sangat produktif sekali adalah AT Mahmud, Ibu Sud dan Pak Kasur. Dan misi pendidikan yang terkandung di dalamnya dikemas sederhana tanpa terasa menggurui. Misalnya untuk mengenal alam, maka diciptakan lagu Ambilkan Bulan Bu. Lagu yang diciptakan AT Mahmud ini menceritakan tentang keberadaan bulan di langit yang bisa mengeluarkan cahayanya. Bahkan lagu ini memberikan daya imajinasi yang bagus seperti pada syair akhirnya ; ambilkan bulan Bu, untuk menerangi, tidurku yang lelap, di malam gelap.

Selain lagu Ambilkan Bulan Bu, lagu yang berkisah tentang alam bisa kita temui pada lagu Awan Putih, Bintang Kejora, Cemara, Pemandangan. Semua lagu itu diciptakan oleh AT Mahmud. Ada juga lagu Bintang Kecil yang diciptakan Daljono, Serumpun Padi oleh R Maladi, Tik-tik Bunyi Hujan oleh Ibu sud. Juga lagu berjudul Pelangi yang sangat terkenal itu.

Lagu bertema mengenal alam pun bisa kita temuan lewat lagu Bunga Nusa Indah. Dan yang berkisah tentang binatang juga cukup banyak. Diantaranya Burung Kutilang dan Kupu-kupu karangan Ibu Sud, Burung Nuri karangan AT Mahmud, Burung Kakak Tua dan Cicak di Dinding.

Selain mengenal alam, lagu anak Indonesia tempo dulu pun mengajarkan nasionalisme. Cinta tanah air terpatri pada lagu Desaku, Kampung Halamanku dan Nenek Moyang. Semua lagu itu diciptakan oleh Ibu Sud.

Tak kalah lagu dalam bahasa daerah pun cukup digemari anak-anak. Dan lagu itu sering mereka nyanyikan sambil bermain. Sebutlah beberapa diantaranya  Ampar Ampar Pisang (lagu anak daerah Kalimantan Selatan), Apuse (lagu anak daerah Papua),  Jaranan (lagu anak   Yogyakarta Ciptaan Ki Hadi Sukatno).  Nona Manis dan Rasa Sayange (Lagu anak daerah Maluku).

Masih banyak lagu anak yang berisi pengetahuan. Misalnya mengajarkan dasar matematika lewat lagu Satu-satu, Balonku, Dua Mata saya dan Tek Kotek-kotek. Mengenal bentuk dan kepemilikan lewat lagu Topi Saya Bundar. Ada juga yang mengenalkan kepada anak alat-alat transfortasi. Misalnya, Naik Delman,  Becak, Kereta Apiku,  Kring  Ada Sepeda.   Yang mengajarkan akivitas berkebun juga ada. Simak lagu Lihat Kebunku dan  Menanam Jagung yang merupakan karya Ibu Sud.

Selain pengetahuan, lagu anak Indonesia juga mengajarkan pendidikan moral dan kedisiplinan. Misalnya mempelajari kebiasaan yang baik lewat lagu Bangun Tidur. Juga belajar mengenal karakter baik lewat lagu  Amelia (AT Mahmud),    Aku Anak Gembala (AT Mahmud), Kelasku Yang Baru (M. Suharto) dan Ruri Abangku. Menghargai jasa orangtua ada pada lagu  Bunda Piara dan  Kasih Ibu.  Belajar disiplin bisa disimak lewat lagu Keranjang Sampah.

Tak ketinggalan  adalah dunia anak yang riang gembira. Hal itu tercermin lewat mainan Dakocan. Atau   Disini Senang Disana Senang, Soleram,  Suka Hati (Kalau kau Suka Hati tepuk tangan), Sayonara, Selamat Ulang Tahun dan   Taman Kanak-Kanak.

Wah, kaya sekali Indonesia dengan lagu anaknya. Hendaknya lagu-lagu itu tetap dilestarikan. Karena manfaatnya sangat banyak. Selain mengasah rasa seni pada anak, juga memberi pengetahuan dan pendidikan.

Nyanyikanlah lagu-lagu tersebut ketika bermain bersama anak. Atau ketika anak menjelang tidur. Biarlah lagu itu abadi, lestari karena pengetahuan dan ajaran moral selalu relevan di sepanjang  jaman.

Dan inilah salah satu  lagu yang mewakili dunia anak yang selalu riang gembira.Temponya cukup cepat dan gembira. Diciptakan oleh Ibu Sud untuk anak Indonesia.

Lagu Gembira

Bernyayi kita bernyayi

Karena bergirang hati

Bersorak bertepuk berarak-arak

Bersorak bertepuk berarak-arak

Bersiul kita bersiul

Tandanya kita berkumpul

Bersorak bertepuk berarak-arak

Bersorak bertepuk berarak-arak

***

resepmasakanku.co