Lamaran Pekerjaan : Artikel Terkait Lamaran Pekerjaan

Lamaran Pekerjaan : Artikel Terkait Lamaran Pekerjaan
4.73 (94.52%) 61 votes

Semua orang pasti mendambakan Lamaran Pekerjaan dan pekerjaan layak, sesuai impian dari cita-cita ketika lulus sekolah. Keberadaan pekerjaan menjadi salah satu tujuan bagi setiap insan agar mendapatkan status jelas dalam masyarakat. Banyak pendidikan kejuruan menjadikan sebuah pekerjaan sesuai dengan harapan, keuntungan adanya kejuruan ini juga melatih para calon pekerja nantinya mampu terjun langsung tanpa harus dibimbing.

Selain itu untuk memperoleh harapan kerja sesuai, memerlukan salah satu strategi khusus agar dapat diterima pada perusahaan. Biasanya perusahaan memerlukan calon tenaga berkompeten sesuai keahlian bidang yang ditentukan, untuk itu perlu diperhatikan secara cermat keahlian sebelum mendaftarkan diri. Jika sudah merasa diri sesuai persyaratan dari perusahaan tersebut, maka tidak perlu ragu untuk melamar di tempat itu. Sebelumnya untuk melamar pekerjaan diharapkan persiapan sebagai berikut:

Lamaran Pekerjaan

Lamaran Pekerjaan

kerja

1. Memahami keahlian

Pastikan pekerjaan yang telah dituju sesuaikan dengan keahlian anda, jangan sampai membuat keterangan keahlian palsu. Hal tersebut dapat berdampak pada seleksi wawancara, dan jika ketahuan palsu dapat tercatat dalam blacklist perusahaan. Apabila sudah terdaftar blacklist, maka akan membuat anda tidak dapat lagi masuk ke perusahaan tersebut atau lingkungan partner grupnya sampai kapanpun.

2. Memastikan cara melamar

Perkembangan sumber daya manusia diikuti teknologi yang semakin pesat membuat beberapa perusahaan membuat sistem melamar pekerjaan semakin sederhana. Ada dua cara melamar pekerjaan yaitu secara langsung lewat kirim pos dan melalui online. Melamar melalui pos pastinya harus memperhatikan surat-surat yang dibutuhkan, pastinya lakukan pengetikan surat lamaran secara rapi dilampiri dengan ijazah, CV, dan berkas lainnya. Melalui online ada dua sistem yaitu melalui email atau registrasi pada situs web online yang disediakan. Caranya hampir sama, hanya saja online perlu memahami cara mengirim email serta registrasinya.

3. Membuat surat lamaran

Sebenarnya membuat lamaran tidak jauh beda dengan cara lama, merupakan surat pengantar untuk formalitas kepada perusahaan. Bedanya masa sekarang orang membuat surat lamaran lebih rapi yaitu diketik menggunakan MS. Word. Pembuatannya tidak perlu panjang atau terlalu memutar-mutar kata, lebih baik dibuat ringkas, jelas, serta rapi. Ada salah satu contoh membuat lamaran lebih ringkas, jelas serta rapi sebagai berikut:

Kepada YTH. 

HRD PT. Pertamina Persero

Ditempat


Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama : Adi Suryono

Tempat, Tanggal Lahir : Mojokerto 17 Mei 1988

Alamat : Pelemsewu no 45 RT 02 kec. Sewon, kab. Bantul DI Yogyakarta

No. kontak : 085742168846

e-mail : adi_suryono@gmail.com

Pendidikan terakhir : S-1 (Sarjana Teknik/S.T)

 

Dengan ini mengajukan surat permohonan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai kepala produksi atau supervisor. Saat ini saya memiliki pendidikan Strata satu di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan IPK 3.25 lulus tahun 2012. Saya dapat berkorelasi dengan pekerjaan terkait, dan memiliki sedikit pengalaman dibidang tersebut.

Dengan surat permohonan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan dan besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih.

 

Hormat Saya

 

Adi Suryono

 4. Membuat riwayat hidup atau curricullum vitae (CV)

Membuat daftar riwayat hidup pastinya sudah pernah diberikan pada mata pelajaran saat menempuh bangku SD. Tidak jauh berbeda, anda perlu mencatat data diri ditambah dengan menulis pengalaman kerja sebelumnya, prestasi sekolah maupun ekstrakulikuler, pengalaman organisasi, serta sertifikasi lainnya seperti kursus dan sebagainya. Orang menggunakan bahasa lain yaitu curricullum vitae (CV), sebenarnya sama saja dengan daftar riwayat hidup. contoh CV sebagai berikut:

Curricullum Vitae

 

Nama : Adi Suryono

Tempat, Tanggal Lahir : Mojokerto 17 Mei 1988

Alamat : Pelemsewu no 45 RT 02 kec. Sewon, kab. Bantul DI Yogyakarta

No. kontak : 085742168846

e-mail : adi_suryono@gmail.com

Pendidikan terakhir : S-1 (Sarjana Teknik/S.T) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik UGM Yogyakarta, lulus tahun 2012 dengan skripsi berjudul “Perencanaan Pengendalian Kualitas Statistik Pada Industri Pengolahan Kayu CV. Kencana Mas Melalui Metode MIL-STD-414 dan MIL-STD-105D”nilai ujian B.

IPK : 3.25

Skill in English : Aktif, TOEFL 550

Riwayat pendidikan :

SDN Bangunharjo 2

SMP Negeri 2 Sewon

SMKN 2 Bantul Yogyakarta

Pengalaman Organisasi :

Ketua HMJ Teknik Industri 2009-2011

Anggota Dewan Pers BEM 2007

Anggota Komunitas fotografi UGM 2007-2009

Pengalaman lain :

Magang 3 bulan di PT. Suryana Adi Pratama tahun 2012

Menjadi kontributor freelance di Majalah Teknologi PT. Media Binatama 2012-2013

Dengan ini saya menulis sebenar-benarnya data diatas sebagai curricullum vitae sebagai lampiran untuk persyaratan melamar pekerjaan. Atas kerjasamanya terima kasih

 

Penulis

 

Adi Suryono

 5. Ijazah dan transkrip nilai / Nilai rata-rata Ujian Nasional

Lampirkan dalam setiap melamar pekerjaan sebuah fotokopi legalisir lengkap dari ijazah atau transkrip nilai jika lulusan perhuruan tinggi, serta nilai rata-rata UN jika lulusan SMA. Jangan sampai terlewat, diusahakan semua mendapat legalisir dari institusi pendidikan yang pernah ditempuh.

6. Meneliti ulang berkas lamaran

Lakukan koreksi ulang semua data mulai dari surat lamaran, CV, sampai kelengkapan berkas-berkas lainnya. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai.

7. Mengirim pos dan online

Pahami dulu persyaratan pengiriman, jika menggunakan kiriman pos gunakan amplop berwarna coklat ukuran besar sekitar A4, agar tidak ada kerusakan pada berkas lamaran. Apabila melakukan kiriman lewat online, harus memastikan alamat email benar serta semua data telah masuk pada file attachement di tulis surat email. Untuk cara melamar menggunakan registrasi online, sebaiknya kunjungi situs registrasi yang sudah diperintahkan lalu ikuti petunjuknya serta isi data sebenar-benarnya.

resepmasakanku.co