Makanan Berserat untuk Diet

Rate this post

Kali ini kita akan membahas makanan berserat untuk diet. Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kita tentunya membutuhkan asupan makanan berserat tinggi. Hal ini untuk membantu lancarnya proses pembuangan feses di dalam tubuh. Makanan berserat merupakan makanan yang tidak dapat dicerna ataupun diserap oleh tubuh. Oleh karena itulah, makanan berserat ini tidak menghasilkan kalori di dalam tubuh. Keberadaa serat pada usus besar inilah yang akan membantu proses metabolisme yang terjadi di dalam usus besar. Serat pada makanan merupakan bahan penyusun dinding sel pada tanaman. Oleh karena itu, serat makanan hanya kita temukan pada tumbuh-tumbuhan. Serat makanan ini bisa kita jumpai pada sayuran, kacang-kacangan, buah-buaha, gandum dan padi.

 

Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh

Sebelum berbicara mengenai beberapa makanan berserat untuk diet, kita akan membahas lebih jauh mengenai makanan berserat. Makanan berserat seperti padi-padian dan gandum merupakan sejenis karbohidrat baik atau karbohidrat kompleks yang memenuhi asupan gizi yang penting dalam tubuh dan cenderung memiliki kadar kalori rendah. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika mengkonsumsi makanan berserat. Salah satu manfaat terpenting dari makanan berserat ini adalah melancarkan sistem pendernaan tubuh.

Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh

Pentingnya Makanan Berserat Bagi Tubuh

Image Courtesy of Serge Bertasius Photography/FreeDigitalPhotos.net

Ingin tahu, apa saja manfaat dari makanan berserat? Berikut ini ulasannya :

  1. Mencegah usus buntu. Penyakit usus buntu sendiri sebenarnya diakibatkan oleh masuknya sampah ke dalam usus buntu yang tidak dapat dilunakkan di dalam usus besar. Sementara itu, dengan adanya serat di dalam tubuh maka akan mempercepat proses pelunakan sisa-sia makanan pada usus besar, sehingga tidak ada sampah yang terakumulasi di dalam usus buntu. Dampak positifnya, Anda dapat terhindar dari penyakit usus buntu.
  2. Membantu proses detoksifikasi tubuh. Proses terlumatnya makanan yang dibantu oleh makanan berserat akan memudahkan sisa-sisa metabolisme terbuang tepat pada waktunya, sehingga sisa makanan atau metabolisme tadi tidak sempat difermentasi oleh bakteri pembusuk. Sebaliknya, jika sisa metabolisme lama terbuangnya yang akhirnya bakteri pembusuk akan melakukan fermentasi pada sisa metabolisme tadi sehingga memberikan dampak negatif yaitu racun akibat fermentasi sisa metabolisme akan menyebar ke seluruh tubuh. Itulah, pentingnya mengkonsumsi makanan berserat tinggi.
  3. Serat sangat efektif mengatasi sembelit pada seseorang. Serat inilah yang dapat mengatur tekstur feses pada tubuh sehingga lebih lunak dan mudah dikeluarkan oleh tubuh.

Nah, itulah pentingnya makanan berserat bagi tubuh. Sekarang, apa hubungan makanan berserat untuk diet? Ya, makanan berserat tinggi seperti kita ketahui lebih cepat mengatur proses pembuangan sisa-sisa metabolisme di dalam tubuh sehingga sampah tidak akan terakumulasi di dalam tubuh. Makanan berserat juga tidak akan menghasilkan kalori di dalam tubuh, sehingga aman digunakan. Oleh karena itulah, jika kita mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh yang terserap oleh tubuh hanya nutrisi pentingnya saja, sedangkan lemak jahat dan lainnya akan mudah dibuang oleh serat itu sendiri.

Contoh Makanan Berserat Untuk Diet

Contoh Makanan Berserat Untuk Diet

Image Courtesy of joephotostudio/FreeDigitalPhotos.net

Contoh Makanan Berserat Untuk Diet

Pada pembahasan artikel kita membahas mengenai pentingnya makanan berserat bagi tubuh. Sekarang saatnya membahas beberapa contoh makanan berserat untuk diet. Ada beberapa makanan berserat tinggi yang sangat wajib dikonsumsi ketika Anda berdiet. Agar tubuh tetap langsing terjaga, sebaiknya Anda konsumsi makanan berserat sebagai berikut ini :

  1. Beras merah. Beras merah merupakan sejenis karbohidrat kompleks yang baik untuk diet. Diet bukan berarti Anda melupakan asupan karbohidrat, kan? Karbohidrat dan lemak sangat penting untuk memberikan sejumlah energi pada seseorang dalam melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, makanan berserat untuk diet yang wajib kita konsumsi adalah beras merah. Kenapa beras merah, dan bukan beras putih atau nasi putih? Ya, beras merah merupakan karbohidrat kompleks yang berserat tinggi, dengan mengkonsumsi beras merah kita tetap mendapatkan karbohidrat tetapi tubuh kita tidak menghasilkan kalori lebih banyak. Karena beras merah mengandung nilai kalori yang sedikit dibandingkan nasi putih.
  2. Oatmeal. Makanan berserat untuk diet selanjutnya adalah Oatmeal, makanan ini mengandung beta glucan. Dengan kandungan inilah oatmeal merupakan sejenis makanan serat yang memiliki peran menurunkan kadar kolesterol tinggi yang sangat kuat. Beta glucan ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Tak hanya itu, oatmeal merupakan salah satu makanan berserat dengan campuran serat larut dan serat tak larut. Serat tak larut dapat membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan, sedangkan serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
    Oatmeal Sebagai Makanan Berserat Untuk Diet

    Oatmeal Sebagai Makanan Berserat Untuk Diet

    Image Courtesy of Serge Bertasius Photography/FreeDigitalPhotos.net

  3. Brokoli. Brokoli merupakan sejenis sayuran hijau dengan kandungan serat tinggi. Kandungan seratnya cukup tinggi, dalam 1 cangkir brokoli rebus saja mengandung serat sebanyak 5,1 gram. Maka wajar, jika sayuran hijau ini merupakan salah satu makanan berserat untuk diet yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat pada brokoli, inilah yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.
  4. Apel. Salah satu buah yang sangat lezat dan manis rasanya ini memiliki kandungan serat tinggi. Bahkan, dalam 1 buah apel berukuran sedang dengan kulitnya mengandung sebanyak 4,4 gram serat. Jadi, jangan pernah membuang kulit apel saat mengkonsumsinya ya! karena Anda akan kehilangan beberapa serat yang terkandung pada kulit apel.
    Apel dan Kulitnya Memiliki Kandungan Serat Tinggi

    Apel dan Kulitnya Memiliki Kandungan Serat Tinggi

    Image Courtesy of akeeris/FreeDigitalPhotos.net

  5. Kacang almond. Kacang almond merupakan sejenis kacang-kacangan terbaik yang mengandung asam lemak sehat yang baik bagi tubuh. Almond juga merupakan salah satu makanan berserat untuk diet. Tapi, ingat jangan mengkonsumsi almond berlebihan karena kacang-kacangan ini masih memiliki sejumlah kalori yang cukup tinggi.
  6. Alpukat. Buah alpukat juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan baik untuk diet. Bahkan kandungan serat dalam alpukat lebih tinggi, karena hanya dengan 2 sendok makan alpukat saja sudah mengandung sebanyak 2 gram serat. Sedangkan untuk keseluruhan buah alpukat mengandung sebanyak 10 gram serat.

Nah, itulah beberapa contoh makanan berserat untuk diet yang bisa Anda konsumsi ketika berdiet. Jangan lupa, untuk membatasi sejumlah makanan berlemak dan diimbangi dengan olahraga yang cukup agar program diet Anda berjalan lancar!

resepmasakanku.co