Menu Makanan : Informasi Menarik Menu Makanan

Menu Makanan : Informasi Menarik Menu Makanan
4.51 (90.24%) 60 votes

Menu makanan harus disusun sedemikian rupa agar menimbulkan dampak  baik bagi kesehatan. Selama ini kita mengenal menu 4 sehat 5 sempurna, menu seimbang, menu rendah lemak, menu tinggi protein dan lain sebagainya. Tetapi yang akan dibahas di sini adalah makanan yang harus disertakan dalam menu harian untuk menimbulkan efek tertentu.

a. Menu makan pembuat awet muda.

Usia kalender manusia memang terus bertambah. Akan tetapi, usia biologis bisa dipertahankan untuk tetap awet muda. Caranya cukup mudah. Mungkin kita bisa belajar pada  Michael  Roizen, M.D pengarang buku The Real Age Diet. Dalam buku tersebut diterangkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan penuh nutrisi, maka sistem imun dan jantung kita bisa menjadi kuat. Selain itu,  tak kalah hebatnya adalah dapat menunda proses penuaan tubuh. Cara yang bisa diujicobakan cukup sederhana. Konsumsilah makanan sehat secara terus menerus selama 90 hari saja. Dan hal itu akan menjadikan Anda lebih muda 1 tahun.

Menu Makanan

Menu Makanan

Jadi, sertakan makanan berikut dalam menu  Anda sebagai syarat agar awet muda.

– 1/3 cangkir oatmeal kering wajib dikonsumsi setiap hari. Selain membantu tubuh menyerap gizi, juga dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu berfungsi  juga untuk  menurunkan kadar kolesterol.

– Sebelum makan malam, santaplah 1 ons kacang-kacangan. Lakukan 5 hari selama satu minggu. Anda tidak usah khawatir dengan lemak yang terkandung dalam kacang-kacangan. Jenis lemaknya tidak berbahaya malah bisa membantu memuaskan kita dari rasa lapar. Sejenis asam amino yang terkandung di dalamnya malah mampu membantu jantung memompa darah.

– Jangan lupa konsumsi pula pasta tomat. Cukup 10 sendok makan dalam seminggu. Pada tomat terkandung lycopene yang mampu membuat pembuluh darah arteri lebih awet. Selain itu juga dapat mengurangi risiko kanker.

Tetapi kita juga perlu waspada karena ada makanan bisa membuat kita cepat tua. Jadi, jangan menyertakannya dalam menu makan Anda. Misalnya makanan  manis akan membuat kita cepat beruban. Gula di dalamnya bisa mempercepat penuaan karena bisa menaikkan kadar gula dalam darah. Hal itu tentu saja membahayakan pembuluh arteri. Jadi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi  olahan berasa manis.

Begitupun  French Fries dimana terkandung trans fat di dalamnya. Jenis lemak satu ini mampu mendorong tubuh untuk menumpuk kolesterol jahat. Dampaknya jauh lebih buruk dibanding lemak jenuh pada arteri.  Anda bisa kelihatan nampak tua 9 tahun hanya dengan mengkonsumsi 20 gram trans fat dalam sehari.

b. Menu Kudapan pembangkit mood.

Pilihlah makanan ringan  tertentu yang  tidak merusak pola makan atau menimbulkan kegemukan. Biasanya dikonsumsi diantara waktu sesudah sarapan sebelum  makan siang.  Atau diantara makan siang dan makan malam. Sebaiknya dipilih snack dimana  bisa menimbulkan gairah atau mood baik. Beberapa makanan yang disarankan adalah coklat. Selain berasa enak, manfaatnya tak kalah memikat. Dengan mengkonsumsinya akan melepaskan endorphin yaitu zat kimia dalam otak sehingga menimbulkan rasa nyaman.

Sertakan ikan salmon  sebagai  pelengkap  makanan Anda. Lemak tak  jenuh ganda omega 3 di dalamnya bisa menurunkan kadar depresi. Begitupun buah stroberi. Vitamin C dan beta karotinnya bisa menghilangkan hormon stres, bahkan mampu mencegah penuaan dini.

Begitu juga pisang. Kandungan vitamin B6 di dalamnya mampu mendorong tubuh menciptakan serotonin hingga  dapat mempengaruhi emosi. Dalam kadar yang cukup, manfaatmya  mampu mengoptimalkan daya ingat juga membuat rasa bahagia. Serotonin juga akan didapatkan jika kita mengkonsumsi berondong jagung. Selain perasaan menjadi tenang, tidurpun menjadi pulas.

Bahkan Michio Kushi dalam bukunya What Dreams Reveal About  Your Health menyarankan tentang  makanan pantangan  ketika akan tidur.  Jauhi daging merah, minuman manis atau minuman  beralkohol sebelum tidur. Menurutnya, jenis makanan juga minuman itu bisa menyebabkan seseorang bermimpi buruk. Untuk mengindarinya, konsumsilah makanan yang netral seperti apel, pir, sayuran segar dan salad.

 c. Sarapan Penjaga Intelektualitas.

Sarapan penting sebagai pemasok energi. Pada pagi hari,  anak-anak sekolah dan juga orang dewasa membutuhkan glukosa sebagai energi untuk otak yang akan digunakan untuk berkonsentrasi. Menu yang disarankan adalah yang mengandung karbohidrat komplek seperti nasi, roti dan produk serealia. Juga dapat ditambahkan telur sebagai sumber proteinnya. Plus susu, keju atau yogurt untuk pemenuhan kalsium vitamin A dan D-nya.

Menu sarapan untuk remaja agar fisik dan intelektualnya terpenuhi kebutuhannya adalah dengan roti plus mentega, 50 gram daging atau telur serta sari buah. Dan dewasa secangkir teh atau kopi, produk susu, roti atau sejenisnya dan sari buah. Dan untuk lansia adalah susu tinggi kalsium atau sari buah, produk olahan susu, roti, telur daging dan keju. Dalam menyusun menu sarapan hendaklah berkadar lemak rendah agar berdampak positif pada aktivitas selanjutnya.

Selamat menyusun menu makanan yang disesuaikan  tujuan, untuk awet muda, membangkitkan mood atau menjaga intelektualitas.  Semuanya diserahkan kepada Anda.

Sumber gambar : freedigitalphotos.net

resepmasakanku.co