Nano Komputer > Artikel Terlengkap Tentang Nano Komputer

Nano Komputer > Artikel Terlengkap Tentang Nano Komputer
4.75 (94.96%) 185 votes

Secara logis nano komputer merupakan perangkat dengan ukuran lebih kecil daripada mikro komputer. Mikro komputer mempunyai ukuran lebih kecil daripada mini perangkat dan mempunyai ukuran lebih kecil daripada perangkat pada umumnya (mainframe). Secara teknis nano komputer adalah perangkat dengan bagian-bagian dasarnya mempunyai ukuran tidak lebih dari beberapa nanometer. Sebagai perbandingan, bagian terkecil dari komputer saat ini, yakni mikroprosesor mempunyai ukuran 22 nano meter pada April 2012.

Ide ini pertama kali diusulkan oleh Richard Feymann pada tahun 1959, yakni ide mengenai nanoteknologi untuk mengkonstruksi berbagai benda pada level atomik, kini menjadi penelitian populer di dunia. Para teoritikus telah mengusu;kan desain mengenai struktur mekanik simpel seperti baut, engsel, pompa, dan gigi, dengan tiap-tiap bagiannya terdiri dari koleksi atom. Kesemuanya baru ada sebagai simulasi komputer dan yang menjadi tantangan saati ini adalah untuk memproduksi desain tersebut pada pabrik dan menunjukkan bahwa desain berfungsi sesuai simulasi.

Nano Komputer

Nano Komputer

Menggerakkan atom individu sesuai keinginan mungkin terdengar seperti khayalan, tetapi hal tersebut sudah pernah didemonstrasikan di lab oleh seorang peneliti IBM pada tahun 1989. Peneliti IBM dalam percobaannya menggunakan mikroskop elektron untuk menggerakkan35 atom xenon untuk membentuk logo perusahaan mereka. Sejak saat itu tim dari lab Zurich milik IBM mencapai prestasi dalam menciptakan sempoa dengan skala atom. Setiap manik-manik digunakan sebagai bahan hitung dalam sempoa merupakan sebuah molekul buckminsterfullerene yang terdiri dari 60 atom karbon yang tersambung menjadi bentuk bola. Manik-manik ini bergeser ke atas dan ke bawah dengan dorongan ujung mikroskop elektron.

Suatu tim yang menamakan dirinya The Nanocomputer Dream Team mempunyai keinginan untuk menggunakan teknik tersebut untuk menciptakan komputer atomik. Komputer seperti itu akan dapat digunakan untuk mengendalikan mesin konstruksi molekular sederhana dan akan memungkinkan diciptakannya divais molekular kompleks.

Yang menjadi sumber inspirasi dari kelompok ini adalah Bill Spence, seorang penerbit majalah nano teknologi. Spence yakni bahwa nano teknologi dapat dijadikan dan memperoleh bantuan dari 300 orang lebih penggemar yang berasal dari berbagai macam latar belakang seperti teknisi, ahli kimia, programer, serta peneliti kecerdasan buatan. Tim secara keseluruhan belum pernah bertemu secara langsung dan mungkin tidak akan. Mereka melakukan komunikasi melalui email dan menuangkan ide-idenya melalui situs. Dalam pembuatan projek ini ada satu masalah yang menjadi kendala mereka, yakni tidak ada satu orang pun yakin bagaimana membuat nano komputer digital.

Ide yang menjadi harapan mereka adalah logika batang, ditemukan oleh seorang pelopor nano teknologi bernama Eric Drexler, yang kini menjadi pemimpin The Foresight Institute.  Logika batang ini menggunakan batang kaku yang terbuat dari atom rantai karbon pendek. Di sekitar tiap batang ini diberi tombol yang terbuat dari cincin atom. Batang ini dibenamkan pada lattice sambungan di mana setiap batang dapat bergeser di antara dua posisi dan dapat dikembalikan ke posisi semuka dengan sebuah pegas yang dibentuk dari beberapa atom. Drexler telah menunjukkan bagaimana menggunakan susunan ini untuk memperoleh efek dari transistor elektronik konvensional, di mana suatu arus akan ditentukan kondisinya sebagai on atau off oleh arus pada kawat lain. Keberhasilan dari transistor ini dilanjutkan dengan pembuatan gerbang NAND. Keberhasilan dibentuknya gerbang NAND maka kita dapat membentuk elemen logika lain untuk kebutuhan komputer.

Di samping masalah konstruksi, masalah lain yang menjadi perhatian untuk membentuk komputer nano adalah bagaimana struktur molekular dapat melakukan perhitungan besar untuk mengetahui apakah konfigurasi partikel molekular itu mungkin dilakukan atau tidak. The Dream Team telah melakukan simulasi perhitungan molekular dengan metacomputing di mana tiap PC berfungsi sebagai bagian kecil secara keseluruhan perhitungan dan masing-masing perhitungan akan disatukan di situs. Saat ini sudah ada beberapa purwa rupa untuk melakukan eksperimen konfigurasi molekular seperti NanoCAD, sebuah perangkat lunak gratis untuk mendesain sistem termasuk source code Java.

Jadi kapankah nano komputer akan muncul di dunia? Kita lihat saja perkembangannya.

Sumber gambar: www.whiptech.com

resepmasakanku.co