Nokia 5233 – Kumpulan Catatan Terlengkap Tentang Nokia 5233

Nokia 5233 – Kumpulan Catatan Terlengkap Tentang Nokia 5233
4.6 (92%) 57 votes

Saat Nokia memutuskan untuk memasuki kancah ponsel touchscreen yang sedang menjamur, mereka memasukkan Nokia 5800 XpressMusic. Saat itu pasar dikuasai oleh ponsel mahal seperti LG Viewty dan Apple iPhone. Sekedar sebagai perbandingan, harga rendah serta fitur memuaskan dari 5800 mencetak sukses. Pada masa kini, bursa ponsel telah jauh berubah; kita dapat membeli ponsel layar sentuh hanya bermodal uang secukupnya.

Supaya mampu bersiang dengan jejeran seluler touchscreen berharga rendah seperti keluarga Corby yang adalah pabrikan Samsung, Nokia meluncurkan dua ponsel pintar anyar, Nokia 5233 dan Nokia 5230. Namun masalahnya adalah 5230 tidak memiliki kamera 3,2 megapiksel, WiFi, speaker stereo dan memori berkapasitas tinggi layaknya 5800, dimana 5233 justru menghilangkan fitur 3G dan GPS demi harga lebih murah. Saat ini akan kita bahas salah satu ponsel Nokia termurah yang pernah diluncurkan, Nokia 5233.

Saat membeli kita akan mendapatkan:

Bundle

  • Nokia 5233
  • Baterai
  • Earphone
  • Charger
  • Stylus
  • Buku panduan

Bundle 5233 sama sekali tidak terlihat mewah. Tidak ada memory card, case dan kabel data. Sekarang kita bisa memahami kenapa ponsel ini dibandrol murah.

Sekedar perbandingan, Samsung Corby dijual beserta tambahan kartu memori 2GB, kabel USB, in-ear earphone dan case dengan harga sebesar Nokia 5233.

Tampilan

Handphone Nokia 5233 datang membawa layar 3.2 inci, resolusi sebesar 360 x 640 piksel, LCD TFT 16 juta warna yang mengedepankan fitur touchscreen. Kualitas gambarnya cukup baik untuk dipakai di dalam ruangan tapi tampak kabur jika terkena sinar matahari. Meskipun memiliki resolusi yang baik, layarnya tidak jadi ini berarti tampilan teks akan tampak kecil jika digunakan untuk membuka situs atau membaca e-mail. Layarnya juga responsif, cukup baik dan tergolong sebagai layar sentuh yang cukup baik di kelasnya. Bahkan sentuhan ringanpun direspon baik oleh layar sentuhnya.

Nokia 5233

Nokia 5233

Aplikasi

Nokia 5233 beroperasi menggunakan sistem operasi Symbian S60 5th Edition. Ini membuatnya menjadi sebuah smartphone sepenuhnya, tak seperti ponsel lainnya di segmen ini. Kamu dapat menginstall beberapa aplikasi Symbian atau Java tambahan, game atau theme serta memiliki kemampuan untuk multitasking. Tinggal tekan dan tahan tombol menu dan ponsel akan menampilkan seluruh aplikasi yang tengah berjalan, maka Anda akan dengan mudah beralih ke aplikasi lainnya atau memilih untuk menutupnya sesuai keinginan. Hal inilah yang menjadikan 5233 lebih produktif dibandingkan gadget sejenis, seperti Samsung Corby atau Samsung Star. Kita juga dapat melakukan chatting bersama rekan, menelusuri situs di browser, serta mendengarkan musik semuanya secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi sebelumnya terlebih dulu. Aplikasi yang hadir bersama ponsel in tidak banyak namun Anda juga dapat mengunduh aplikasi lain dengan konten lebih banyak di Ovi Store. Seluler ini juga menyediakan layanan Ovi Maps, namun karena ponsle ini tidak memiliki aplikasi GPS maka tidak dapat memberitahukan lokasi saat ini. Waktu pengunggahan aplikasi juga dinilai lambat ketika mengunduh peta karena hanya memiliki koneksi EDGE. Apabila dibandingkan dengan Google Maps akan terasa perbedaan kecepatannya.

Sayangnya, antarmuka S60 5th Edition cukup sulit digunakan serta membutuhkan waktu supaya dapat menjadi terbiasa. Nokia telah menyertakan pergeseran kinetik pada ponsel tapi tidak seperti N97 mini, opsi ini tidak terdapat pada menu namun ada dalam list. Menu pengaturan juga dinilai terlalu rumit untuk kategori ponsel. Seluler ini memiliki prosesor berkekuatan 434 MHz ARM 11 dan karena faktor itu, selama pemakaian tidak menunjukkan kecepatannya. Jika dibandingkan dengan 5800, kinerja 5233 memang lebih cepat dan setara dibandingkan ponsel pada segmen serupa.

Konektifitas

Nokia 5233 adalah seluler GSM Quad Band. Mendukung GPRS, EDGE, Bluetooth 2.0 serta konektivitas USB 2.0. Hal yang disayangkan adalah tidak terdapatnya 3G, HSDPA, WiFi atau GPS tapi untuk harga sedemikian rendah, kita tidak dapat berharap banyak. Bila fitur 3G dan GPS cukup penting, maka sisihkan dana untuk gadget lain atau 5230. Jika memilih WiFi dan tidak keberatan akan absennya fitur 3G, pilihan Anda mungkin 5530 XpressMusic namun apabila menginginkan seluruh fitur di atas, 5800 XpressMusic akan cocok untuk Anda.

Kualitas panggilan serta kekuatan jaringan baik pada ponsel ini. Kekuatan speaker berada di kisaran rata-rata dan tidak ada nilai tambah berarti. Aplikasi messaging mendukung layanan SMS, MMS serta e-mail, Penulisan teks dapat dilakukan melalui tiga cara: tombol alfanumerik bila Anda lebih sering menulis dengan satu tangan, QWERTY, serta pengenalan tulisan tangan (handwriting recognition). 5233 juga dilengkapi baterai 1320 mAh Li-Ion berkemampuan bertahan selama dua hari dalam sekali pengisian.

Secara keseluruhan seluler ini memang dibuat dengan anggaran sedemikian rendahnya hingga kehilangan beberapa fitur unggulan. Dalam beberapa aspek, 5233 adalah pilihan yang baik untuk Anda  yang mengejar sisi efisien dengan dana yang terbatas.

Sumber gambar: nokia

resepmasakanku.co