Nokia C5 : Artikel Terlengkap Nokia C5

Nokia C5 : Artikel Terlengkap Nokia C5
4.76 (95.28%) 172 votes

Saat ini sudah banyak ponsel berjargon smartphone. Vendor-vendor seperti HTC, Samsung, Blackberry dan Apple membuat tren baru telepon pintar dalam dunia perangkat seluler. Prosesor cepat, warna cerah, aplikasi demi aplikasi demi aplikasi…hal-hal ini menjadi sangat vital dalam beberapa tahun terakhir dan membuat kita melupakan faktor utama dalam semua ini bahwa faktor “smart” atau pintar bukanlah hal terpenting disini – melainkan”telepon”nya.

Sebelum era telepon pintar, tidak ada pihak mengeluhkan faktor prosesor, multitasking atau hal-hal semacam itu. Kita semua menggunakan ponsel biasa. C5 membawa kita bernostalgia ke masa dimana ponsel hanyalah sekedar telepon dan komputer di rumah tidak memiliki spesifikasi 1 GHz. Bukan berarti C5 ketinggalan jaman tetapi ini hanyalah sebuah pengingat bahwa Nokia memiliki kontribusi dalam menyempurnakan desain dunia ponsel sejak dulu.

Nokia C5

Nokia C5

Selayang Pandang

Tidak dapat disangkal Nokia juga mengikuti perkembangan tren smartphone walaupun mereka juga masih membuat ponsel konservatif seperti seri 7230 pada Maret 2010 lalu. Nokia C5 bukanlah produk setengah-setengah. Memiliki bentuk batangan dengan layar 2,2 inci serta sistem operasi setia: Symbian S60. Beberapa aplikasi sudah terinstal seperti Ovi Maps dan Facebook, juga akses Ovi Store dimana terdapat banyak aplikasi bagus namun absennya HSDPA 3G juga WiFi pada ponsel ini sangat disayangkan.

Kualitas C5 mengesankan dengan sedikit sentuhan HTC Desire di bodinya, berukuran 112 mm x 46 mm x 12.3 mm yang pas di tangan dengan berat 89.3 gram, ponsel ini cukup ringan meskipun bagian ponsel terberat adalah di bagian atas. Penutup baterai berwarna sedikit lebih cerah dibanding warna gelap di seluruh bodi ponsel.

Ponsel ini tidak memiliki media eksternal atau tombol kamera dan pada bagian atas terdapat audio jack 3,5 mm, port micro USB serta lubang konektor charger serta tombol volum berada di bagian kanan tubuh ditemani slot microSD dengan kapasitas tampungan memori hingga 16GB. Kartu SIM terletak di bawah baterai. Pada bagian belakang ponsel dapat ditemukan loudspeaker kecil dengan dentuman suara mengejutkan. serta kamera utama 3,2 megapiksel yang merupakan fitur terakhir C5 dengan LED flash kecil dilengkapi kamera beresolusi VGA pada bagian depan untuk video call dan keperluan lainnya.

Media

Sejujurnya, C5 bukanlah telepon genggam berfitur media luar biasa serta cenderung biasa saja. Pemutar musik mendukung format MP3, AAC, eAAC, eAAC+ dan WMA cukup untuk membuat pengguna iTunes duduk tenang. Musik dapat dipindahkan ke kartu memori langsung dari Windows Explorer atau Ovi Suite yang menyediakan program manajemen media.

Baterai

Baterai kecil pada Nokia C5 memiliki waktu bicara hingga 12 jam serta waktu siaga selama 630 jam. Memang sulit menghabiskan daya betarai pada layar kecil C5. Akses menggunakan jaringan internet cukup menguras tenaga baterai. Biasanya dibutuhkan waktu 20 detik untuk membuka sebuah laman dalam jaringan 3G dan 10 detik apabila jaringan WiFi bagus. Itulah sebabnya mengapa baterai C5 cukup kuat

Konektivitas

Seperti yang kita ketahui, tidak terdapat WiFi pada seluler ini dikarenakan sebab yang jelas, telepon seluler murah. Namun mengapa masih disinggung? Ingin menambahkan kontak baru lalu menghubungkannya pada profil Facebook? Lebih baik disertai sinyal yang baik. Ingin membaca email? Sebaiknya berada di daerah berjaringan kuat karena terganggu sedikit saja, maka sinyal akan berkurang dan email akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terbuka.

Kamera

Fitur kamera pada C5 cukup lengkap meskipun hanya 3,2 megapiksel. LED flash sanggup menjangkau 1.5 m ditambah beberapa mode tampilan seperti Landscape, Night, Sports.  Sensitivitas cahaya dapat disesuaikan begitu pula white balance-nya. Untuk fokus ditangani oleh teknologi EDOF (Extended Depth of Field) serta zoom hingga 4x. Merekam video menggunakan resolusi VGA hingga 15 frame per detik dalam format standar telepon genggam 3GPPP atau MPEG-4.

Aplikasi

Pertama-tama, fitur Ovi Maps pada C5 luar biasa.  Tidak terdapat kompas digital pada C5 yang sedikit mengecewakan dalam hal navigasi ketika berjalan kaki. GPS berfungsi sangat baik, bahkan lokasi dapat ditentukan cukup akurat. Ukuran jauh ditentukan dalam ukuran metrik serta tampilan rute bisa dilihat menggunakan mode birds eye, 3D atau pilihan untuk mendapatkan panduan langsung dimana harus berbelok dan sebagainya. Aplikasi Facebook berjalan semestinya selain terdapat juga fitur sederhana kalender, versi trial Quickoffice dan AdobePDF serta penjelajah situs Opera.

Kesimpulan

Nokia C5 bukanlah golongan smartphone. Ukurannya terlalu kecil dan kemampuan koneksi serta aplikasi berbatas. Namun C5 juga tidak dapat dianggap sebagai dumbphone  karena mempunyai integrasi jaringan sosial, fitur ekspansi melalui Ovi store serta navigasi yang bagus.

C5 tidak termasuk kedua golongan di atas atau mungkin bahkan tidak termasuk golongan manapun. C5 hanyalah sebuah ponsel sederhana dengan desain klasik nan cantik. Sederhana tidak seperti desain ponsel masa kini tapi juga mawas akan perkembangan seluler terkini. Selain sedap dipandang, seluler ini juga kuat dari segi bodi maupun perangkat mekanis di dalamnya. Mudah digunakan bagi mereka yang hanya ingin sebuah seluler untuk melakukan panggilan, sementara mampu menggunakan berbagai aplikasi terkini. Kemampuan Symbian S60 sebagai platform ditambah sinerginya dengan Ovi Store memberikan C5 sebuah ruang leluasa untuk aplikasi, tema dan berbagai modifikasi walaupun dengan koneksi alakadarnya disebabkan ketiadaan 3G maupun WiFi. Faktor minus dari C5 selain koneksinya adalah pemutar musik yang terkesan “murahan” untuk seluler sekelas ini.

Akan tetapi untuk kepentingan segmentasi pasar itu sendiri, Nokia tampaknya sudah mempertimbangkan itu semua faktor tersebut. Pengalaman membuat telepon seluler sejak tahun 1998 menghadirkan perspektif lain bahwa semua kekurangan yang dimiliki gadget ini telah diperhitungkan dengan baik oleh Nokia.

Bila mencari perangkat dengan kemampuan koneksi jaringan baik, Nokia C5 bukanlah jawaban yang pas. Seluruh fungsinya memang ada disini tetapi jika dibandingkan dengan perangkat Android, seluler ini jauh tertinggal. Mungkin kebanyakan pengguna C5  diluar sana adalah pengguna seluler lama yang menginginkan  kemudahan akses aplikasi dan integrasi online. Sekali lagi, C5 memang bukan smartphone namun dengan potensi Ovi Store, kita mungkin akan melihat sebuah kemajuan pada ponsel Nokia yang satu ini.

Sumber gambar: techradar

resepmasakanku.co