Nokia E5 > Kumpulan Informasi Terlengkap Mengenai Nokia E5

Nokia E5 > Kumpulan Informasi Terlengkap Mengenai Nokia E5
4.54 (90.82%) 175 votes

Nokia E5 adalah perangkat terbaru dari produsen ponsel raksasa, Nokia. Setelah terbilang sukses dengan E55 dan E72, kini Nokia mencoba meneruskan cerita manis itu dengan seri E5. Kualitas pelayanan serta rancangan seri E menjadi cukup populer di kalangan muda meskipun seri ini sebelumnya ditujukan untuk kelas profesional.

Mengusung keyboard mini mirip Blackberry serta kemampuan berbagi layar ditambah juga beberapa aplikasi bisnis dan hiburan yang dibenamkan di dalamnya membuat E5 pilihan bagi para pelaku bisnis atau sekedar untuk para penggemar seri E. Pertanyaannya adalah, apakah Nokia E5 dengan gaya konvensionalnya mampu bertahan melawan smartphone masa kini?

Nokia E5

Nokia E5

Fitur

E5 mempunyai fitur utama smartphone yaitu HSDPA, WiFi dan GPS dengan sistem operasi Symbian S690 3rd Edition. Fitur unggulan lainnya adalah kamera 5 megapiksel dilengkapi flash serta segudang aplikasi yang dapat diakses melalui Ovi Store. Bagian depan ponsel ini menampung keyboard QWERTY mini yang dirancang baik serta nyaman digunakan. Pada keypad terdapat beberapa shortcut berguna, misalnya terdapat tombol untuk mengaktifkan Bluetooth, mute dan apabila pengguna menekan tombol spasi cukup lama, maka LED yang tersembunyi di belakang akan menyala – menunjukan multifungsinya selain sebagai pendukung kamera, juga sebagai senter.

Pengguna juga mungkin akan mengatur banyak shortcut di layar utama dikarenakan minimnya tombol pembantu yang biasanya terletak di pinggir ponsel. Hanya terdapat sebuah pengatur volume di kanan bodi serta konektor audio 3,5 mm, port microUSB dan konektor power pada bagian atas. Itu saja.

Kamera dan Video

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, E5 memiliki kamera berkekuatan 5 megapiksel dengan akses langsung kontrol yang muncul saat pengguna menekan tombol softkey sebelah kiri. Pengatur waktu otomatis berada pada kisaran 2, 10 dan 20 detik serta mempunyai banyak fleksibilitas. Video dapat direkam dengan atau tanpa suara. Pemutar video berjalan cukup mulus. Resolusi maksimal untuk video adalah 640 x 480 dan kualitasnya juga bisa dibilang masuk akal.

Akses pada video klip tersedia melalui aplikasi Real Player yang mendukung format MP4, H.264, H.263, WMV serta 3gp tapi untuk beberapa resolusi tertentu hanya suara saja yang keluar. Layarnya disini mungkin adalah titik lemah ponsel ini. Hanya sebuah layar standar non touchscreen berukuran 2.36 inci dengan resolusi 320 x 240 piksel.

Media dan Navigasi

Beralih pada pemutar musik, disediakan memori 256 MB dan sebuah microSD 2GB untuk media penyimpanan serta pilihan untuk menambahkan kapasitas memori eksternal. Musik yang dihasilkan juga cukup enak didengar meskipun pemutar musiknya terkadang tidak dapat menemukan beberapa lagu tertentu pada microSD. E5 sendiri mendukung format eAAC+, WAV, MP3 dan WMA. Terdapat juga aplikasi radio FM dengan kemampuan mengunduh langsung stasiun radio dari internet atau secara manual. Apabila keluaran masih terdengar kurang pas di telinga, masih ada aplikasi equalizer untuk pengaturan lebih terperinci.

Menjelajah tempat-tempat asing akan lebih mudah berkat bantuan aplikasi GPS dan Ovi Maps. Aplikasi A-GPS sangat cepat menemukan lokasi pengguna dengan akurat bahkan saat berada di dalam ruangan sedangkan Ovi Maps tidak lebih baik dari GPS. Arah jalan tidak direspon dengan baik pada Ovi Maps E5.

Baterai

Ponsel ini memiliki baterai 1200 mAh. Nokia berkata bahwa baterai ini memiliki waktu bicara hingga 13 jam dan 38 jam waktu untuk mendengarkan musik. Ketika dilakukan pengujian langsung, ponsel ini bertahan hingga dua hari dengan pemakaian medium seperti penggunaan kamera sekali-kali, menjelajah web serta melakukan panggilan serta melakukan pengiriman pesan dalam tahap wajar.

E5 telah memberikan versi terbaik dari ponsel bisnis dan membuatnya tersedia juga bagi para golongan non bisnis. Ini adalah langkah wajar karena banyak fitur berguna bagi kedua pangsa pasar berbeda ini. E5 juga bukanlah sebuah ponsel berpenampilan menarik ataupun memiliki faktor “wah” seperti dimiliki oleh E72. Namun apa yang berada di dalamnya adalah hal yang terlebih penting lagi. Mungkin sebetulnya layar E5 dapat dibuat sedikit lebih besar dengan menekan habis tombol tengah supaya layarnya dapat sedikit lebih tinggi. Tetapi secara keseluruhan sistem dual home screen adalah langkah cerdas untuk menjual smartphone ini pada orang yang menginginkan sebuah telepon genggam berfitur bisnis sekaligus untuk keperluan sehari-hari mereka. Oya, jangan membandingkan E5 dengan Nokia C3 hanya karena memiliki QWERTY serupa. Bahkan dari tampilan luarnya saja sudah jelas bahwa E5 selangkah lebih maju dari C3.

Sumber gambar: techdigest.tv

resepmasakanku.co