Nokia E6 – Catatan Menarik Nokia E6

Nokia E6 – Catatan Menarik Nokia E6
4.78 (95.68%) 71 votes

Nokia E6 mengikuti jejak pendahulunya, Nokia E5 yang diluncurkan pada 2010 lalu, sebagai keluarga terbaru seri E dengan keyboard QWERTY dengan peningkatan pada kamera, layar serta sistem operasi. Bila dibandingkan ukurannya dengan E5, ponsel berdimensi 115 mm x 59 mm x 10.5 mm ini sedikit lebih ramping. Untuk bobot, E6 dengan berat 133 gram sedikit lebih berat dari E5 dengan berat 126 gram.

E6 memiliki kekuatan prosesor  680MHz ARM11 serta piranti keras yang mendukung akselerasi grafik 2D/3D dan merupakan perangkat Nokia pertama yang dilengkapi sistem operasi Symbian Anna yang menyediakan pelbagai peningkatan dibandingkan Symbain^3 yang sebelumnya diinstal pada Nokia N8, C7, E7 dan C6. Hal ini meningkatkan daya jelajah browser, dual screen ketika mengetik, ikon baru serta versi terbaru Ovi Maps 3.06.

Internet

Seperti ponsel Nokia sebelumnya, E6 mendukung konektifitas internet melalui GPRS dan WiFi, meskipun menurut info saat peluncuran Symbian Anna, Nokia E6 memiliki kekuatan browser terkuat dan tercepat dari seluruh perangkat Nokia Symbian. Dengan koneksi WiFi 1.5 MB, pengunggahan laman berlangsung selama 20 detik. Lebih cepat dibandingkan N8 yang menghabiskan waktu 30 detik untuk pengunggahan laman serupa.

Nokia E6

Nokia E6

Alternatif penjelajah laman lain Symbian Anna adalah aplikasi Opera, tersedia dalam bentuk Opera Mini dan Opera Mobile. Opera Mini memuat data lebih cepat karena website yang diunggah dialihkan melalui server Opera untuk dikompress sebelum informasinya diteruskan ke ponsel. Opera Mobile sendiri menyediakan kualitas browsing setara dengan penjelajah laman Symbian Anna, menghabiskan waktu yang serupa dengan browser default untuk mengunduh data karena segala proses pengolahan data dilakukan di ponsel. Salah satu kekurangan internet E6 adalah tidak tersedianya pilihan untuk memulai bookmark saat memulai program browser.

Pengenalan aplikasi E6 terbaru lainnya adalah Intranet untuk perlindungan akses ke situs korporat yang dibedakan dengan penjelajah laman normal, membuat E6 lebih cocok lagi untuk keperluan bisnis.

Kamera

Kamera 8 MP adalah salah satu kekuatan Nokia E6 yang unggul bila dibandingkan smartphone lain sekelas Blackberry Onyx II atau Blackberry Bellagio. Mampu melakukan zoom digital sebanyak 2x, 28mm zoom focal,  f-stop/aperture of f/2.4 serta resolusi hingga 3264 x 2448. Mode gambar yang tersedia sama dengan Nokia C7 dan C6 seperti Portrait dengan pengenalan wajah, Landscape, Automatic serta pengaturan kustom.

Video

Memiliki dukungan resolusi hingga 1280 x 720 piksel dan 3x digital zoom serta 25 frame per detik dibantu kekuatan kamera 8 MP, fitur video juga mengalahkan saingan-saingan lain dengan kamera berkekuatan lebih rendah. Salah satu fitur menarik mode video adalah LED flash yang dapat dinyalakan terus ketika merekam dalam pencahayaan kurang. Terdapat juga aplikasi penyuntingan video yang disertakan dalam ponsel ini.

Baterai

Untuk urusan baterai, E6 menggunakan baterai a 3.7V 1500mAh. Nokia menyebutkan baterai ini memiliki waktu bicara hingga 14.8 jam, waktu siaga hingga 28 hari serta waktu untuk mendengarkan musik hingga 1.5 hari.  Ketika diuji, ponsel masih membutuhkan pengisian ulang baterai setiap beberapa hari sekali setelah penggunaan standar seperti sikronisasi e-mail setiap jam, penggunaan WiFi selama tiga jam, browsing selama dua jam dan dua jam panggilan telepon tiap harinya.

Kesimpulan

Nokia E6 termasuk kategori smartphone handal dan ditujukan untuk pasar korporat. Gabungan layar sentuh dan keyboard QWERTY sangat baik untuk para blogger dan pengguna Twitter, Facebook, atau e-mail karena mengetik menggunakan E6 cukup menyenangkan. Memori internal 8 GB merupakan keunggulan lain ponsel ini. Cukup besar daripada memori untuk media musik, data, video atau gambar. Memori eksternal juga tersedia dan kemampuan hingga 40 GB. Kemampuan internet juga meningkat lebih baik daripada inkarnasi Nokia sebelumnya, meskipun banyak pihak berkata langkah untuk mengimbangi smartphone Apple atau Android masih jauh.

Hal yang disayangkan adalah ukuran fisik layar ponsel ini masih terlalu kecil apabila dibandingkan dengan besarnya resolusi layar. Pemutar musik tidak menunjukan kemajuan signifikan dan merupakan hal mengecewakan karena dalam hal inilah Nokia cukup jauh tertinggal dibandingkan kompetitornya, Apple iPhone 4.

Diluar semuanya itu, E6 adalah sebuah ponsel bisnis dengan banyak aplikasi dan fitur pendukung kebutuhan bisnis serta cocok bagi pengguna ponsel kasual.

resepmasakanku.co