Nokia X7 > Catatan Terlengkap Tentang Nokia X7

Nokia X7 > Catatan Terlengkap Tentang Nokia X7
4.69 (93.72%) 81 votes

Kesan pertama kali melihat tampilan Nokia X7 adalah ponsel dengan desain futuristik dengan kapasitas besar. Memiliki layar lebar, meskipun belum mengusung teknologi 3D, dan memiliki kamera 8 megapiksel.

Dengan mengusung Symbian Anna, versi teranyar Symbian ^3, Nokia X7 bukanlah ponsel beranggaran rendah. Selain kamera 8 MP, terdapat juga memori internal berkapasitas 350 MB dan sebagai tambahan disediakan pula kartu microSD dengan kapasitas 8GB (masih dapat didongkrak hinnga 32GB), HSDPA, WiFi serta GPS. Yang menarik disini adalah desain bodi yang berbeda dengan potongan simetris di keempat ujungnya. Ujung bawah memiliki lebih berlekuk dan terbuat dari besi yang membungkus hingga ke bagian belakang (backplate). Ini adalah salah stau faktor yang membuat X7 cenderung berat dengan bobot 146 gram. Meskipun secara tampilan tampak lebih bergaya namun backplate ini memiliki beberapa kekurangan.

Nokia X7

Nokia X7

Yang pertama adalah, baterai yang tidak dapat dibuka karena terkunci dibalik backplate lalu tombol yang berada di pinggiran ponsel sulit digunakan karena terletak di lekukan bodi ponsel. Belum lagi tombol volum dan kamera yang juga terletak di posisi yang serupa. Berada di sebelah kiri adalah wadah untuk kartu SIM dan microSD. Cover microSD cukup mudah dibuka, dengan posisi yang agak menonjol, namun tidak dengan cover kartu SIM yang agak sulit untuk digerakkan.

Berada di depan adalah layar AMOLED 4 inci yang mendominasi bagian muka. Di bawahnya terdapat satu tombol elips untuk mengakses menu. Sebuah pendekatan minimalis melihat ukuran yang dimiliki X7 ini. Layar besar berarti bodi yang besar pula. Dengan ukuran 119.7 mm x 72.8 mm x 119 mm berarti akan sulit digenggam dengan ukuran tangan yang kecil.

Berbicara tentang sistem operasi Symbian Anna, sebelumnya Nokia telah menanamkan sistem operasi ini untuk salah satu ponselnya Nokia E6. Yang berubah disini hanya bentuk ikon-nya yang mungkin akan disukai oleh beberapa orang. Nokia X7 memiliki tiga home screen (sementara E6 memiliki empat). Perpindahan antar home screen juga dirasa cukup menyenangkan dengan respon yang baik.

Untuk kamera 8MP yang dimiliki Nokia X7, memang tidak dapat dibandingkan dengan Nokia N8 namun masih unggul dibandingkan smartphone sejenis. Pengaturan kamera yang dimiliki Nokia X7 tergolong kurang serta tiadanya kamera depan di Nokia X7. Nokia menutupi kelemahan ini dengan kemampuan merekam video 720p serta double LED flash yang mendukung aspek penerangan serta terdapatnya software untuk menyunting gambar.

Jadi dengan spesifikasi sedemikian rupa, dimanakahletak keunggulan Nokia X7? Layar besar dengan teknologi AMOLED tampaknya akan menyeimbangkan segala kekurangan yang dimiliki X7. Bahkan dengan layar berukuran 340 x 640 tampilan yang diberikan dapat memanjakan mata. Format video yang didukung oleh ponsel ini adalah  WMV, H.263, H.264, MP4, DivX dan XviD dan seluruhnya tampil baik dan dengan warna yang bagus. Aplikasi Youtube player terintegrasi disini jadi bagi yang gemar streaming video dari internet akan sangat menyukai aplikasi ini. Layar video dan foto berada pada satu layar. Kualitas suara yang baik juga muncul dari dua corong speaker bahkan saat dipakai untuk mendengarkan radio FM sekalipun. Tidak ada gelombang statis, suara terdengar jernih ; meskipun dibutuhkan headphone seperti pada umumnya.

Lepas dari itu masih terdapat beberapa hal baik dimiliki Nokia X7. Layar besar, daya baterai yang baik dan Symbian Anna yang dirasa adalah pilihan yang tepat untuk X7 meskipun prospek untuk Symbian Anna ke depannya masih tidak dapat terlihat dan hal itu dapat menjadi aspek yang harus diperhitungkan oleh Nokia.

Jika mencari kamera dengan kualitas yang baik dari Nokia, masih ada Nokia N8. Jika mencari keyboard dengan fisik yang kuat maka Nokia E7 masih dapat menjadi pertimbangan. Untuk ponsel dengan integrasi dengan jaringan sosial, hari ini banyak terdapat gadget dengan aplikasi Android. Melihat hal-hal di atas, masih cukup sulit melihat dimana sebetulnya segmen Nokia X7 di pasaran ponsel saat ini.

Sumber gambar: cellunlocker.net

resepmasakanku.co