Peluang Usaha Makanan – Kumpulan Informasi Terlengkap Peluang Usaha Makanan

Peluang Usaha Makanan – Kumpulan Informasi Terlengkap Peluang Usaha Makanan
4.81 (96.28%) 190 votes

Banyak sekali peluang usaha makanan yang bisa kita jalankan. Sebutlah dari yang paling  sederhana. Misalnya membuat kue dan menitipkan nya ke warung-warung.  Atau  mempunyai tenaga pemasaran sendiri. Produknya bisa kerupuk, keripik, kue seperti donat dan lain sebagainya.

Tetapi di sini  akan dibahas beberapa peluang  menjual makanan yang produknya sudah sangat populer. Bahkan sering ada di cafe-cafe bahkan food court di pusat perbelanjaan. Tetapi tempat yang  akan dipilih adalah adalah tempat strategis di  pinggir jalan. Beberapa yang bisa  dicoba adalah usaha :

peluang usaha makanan

peluang usaha makanan

a. Bakso kuah.

Peralatan yang diperlukan  meliputi dandang besar untuk menghangatkan bakso, kompor gas dan peralatan makan. Misalnya mangkuk, sendok, garpu, gelas dan  sumpit.  Tidak lupa dengan pelengkapnya seperti lap, tempat tisu dan lain sebagainya. Juga meja  kursi untuk makan pembeli. Peralatan lain akan bertambah jika usaha dilakukan di malam hari. Misalnya harus tersedianya tenda,supaya walaupun hari hujan, pembeli tetap bisa menikmati makanan dengan nyaman.

Adapun bahan yang diperlukan untuk membuat makanannya adalah air, daging dan tulang sapi. Tulang sapi ini dibutuhkan untuk menciptakan kuah berlemak agar  terasa enak. Bahan lainnya adalah tepung terigu, mi, soun, garam, saus, kecap, cuka dan sambal cabe dan vetsin. Juga seledri dan bawang daun yang diiris kecil dan sedikit bawang goreng sebagai penambah cita rasa. Agar menarik banyak pelanggan setia, buatlah kualitas bakso dengan rasa istimewa. Harga bersaing dan pemilihan lokasi hendaklah ada di tempat  strategis.

b. Pembuatan kebab.

Untuk membuat kebab diperlukan alat-alat seperti oven, meja untuk menyimpan alat-alat kebab juga kursi  meja untuk pembeli yang hendak makan di tempat. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat kebab adalah daging, tomat, daun selada, bawang bombai, saus tomat, saus sambal, mayonais juga roti.

Sama seperti usaha lainnya agar usaha kita mudah dikenal orang, carilah lokasi yang strategis. Jauh lebih bagus lagi kalau ada juga tempat parkir yang luas. Ini berguna untuk memudahkan pengunjung  makan di tempat. Jika target menjual kebab untuk dibawa pulang saja, maka usahakan tempat menjual kita  dilihat oleh calon pembeli  dari berbagai arah.

c.  Membuat burger.

Bahan utamanya adalah roti dan daging. Pelengkapnya adalah keju, bawang bombay, selada, tomat, mentimun, kadang ditambahi lainnya lagi. Saus nya terdiri dari mayones, saus tomat dan saus cabe.Sedangkan daging untuk Burger nya bisa dibeli  langsung tetapi juga dapat  membuatnya sendiri.

Peralatan yang dibutuhkan selain peralatan masak  juga kompor gas. Tempat yang dianjurkan sebaiknya menetap. Tetapi dapat juga dijual keliling dengan menggunakan gerobak. Gerobak nya harus tertera nama usaha burger yang jelas. Untuk menjangkau pembeli yang jauh lebih banyak lagi, sebaiknya gunakan pengeras suara untuk menawarkan produk  burger nya.

Untuk pembuatan burger yang menetap, usahakan tempatnya  selalu dalam keadaan bersih. Kalau bisa lengkapi pula dengan penjualan minumannya. Lokasi sebaiknya di tempat strategis dengan kemudahan parkir bagi kendaraan bermotor. Buatlah pula plang nama yang mencolok dan menarik sehingga menggugah  orang untuk mencobanya. Dan untuk mempromosikan keberadaan usaha kita, buatlah selebaran yang dibagikan ke komplek perumahan di dekatnya. Dengan demikian diharapkan bisa meningkatkan omzet penjualan.

yang penting dari usaha ini adalah mempertahankan kualitas produknya. Juga untuk tetap memberikan pelayanan yang maksimal.

d. Membuat martabak.

Martabak adalah makanan keluarga yang suka dibawa sebagai oleh-oleh. Mempunyai 2 jenis rasa yaitu asin untuk martabak telur dan manis untuk martabak biasa. Bahan yang digunakan adalah tepung terigu, telur soda kue, vanili, gula dan air. Sedangkan untuk martabak asin selain telur dan terigu ada daging cincang, bawang daun dan acar mentimun.

Taburan atau campuran  martabak manis dapat dengan hanya gula pasir, cacahan kacang, ketan hitam, keju, meses coklat serta banyak lagi lainnya. Bahkan dapat dicampur. Misalnya sebuah martabak manis dapat ditaburi kacang dan juga coklat meses secara bersamaan.

Sedangkan peralatan yang perlu disiapkan adalah gerobak, loyang serta kain bersih. Perlu disiapkan juga dus-dus kecil berbentuk kotak sebagai  tempatnya. Setelah masuk kotak, martabak yang sudah dipotong-potong tadi kemudian dimasukkan ke dalam kantong kresek.

Biasanya menjual makanan ini dimulai waktu sore hari sampai malam harinya. Lokasinya berada di tempat ramai sekitar pasar swalayan. Bisa juga di dekat pintu utama sebuah kompleks perumahan besar. Pokoknya, carilah lokasi dengan tepat. Jangan berpindah-pindah agar pelanggan tidak kesulitan menemukan tempat kita saat memerlukan.

Demikianlah beberapa peluang usaha makanan yang bisa dijalankan. Tidak berarti  kita yang harus turun tangan mengurus semuanya. Kita cukup menyewa pegawai yang berpengalaman untuk menjalankannya. Biasanya dibayar secara harian. Makanya dalam mencari pegawai dibutuhkan selain yang sudah pengalaman juga bisa memberikan pelayanan yang maksimal serta mempunyai sifat yang jujur, ulet dan pantang menyerah.

Adapun strategi awal yang bisa dilakukan saat pertama kita membuka usaha makanan adalah dengan memberikan diskon khusus. Misalnya memberikan diskon sebesar 20% dari harga jual kita sesungguhnya. Beberapa saat kemudian berikanlah diskon yang lebih kecil misalnya 10%. Kemudian ketika kita cukup mempunyai jumlah pembeli yang diperlukan, kita bisa menjual dengan harga sebenarnya tanpa harga diskon lagi.

Prospek dari usaha makanan di atas  bagus juga. Tidak akan terjadi kerugian seandainya bisa menjual produk makanan tersebut dengan penjualan yang cukup banyak. Pada akhirnya, selamat memilih peluang usaha makanan untuk dijadikan bisnis sampingan.

Sumber gambar :Dreamstime.com

resepmasakanku.co