Play Game Online – Kumpulan Informasi Tentang Play Game Online

Play Game Online – Kumpulan Informasi Tentang Play Game Online
4.75 (95.04%) 78 votes

Play game online, tentunya banyak dari kalian yang mengungkapkan hal tersebut jika ditanya apakah kegiatan yang kalian lakukan di waktu senggang. Memainkan game online memang sudah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda saat ini. Biasanya range usia yang gemar memainkan permainan berjenis ini berkisar antara 12 hingga 25 tahun. Namun tentu saja segmentasi gamer tidak hanya terbatas pada usia tersebut. Beberapa bahkan sudah memulai memainkan game online pertamanya semenjak usia dini, maupun di usia dewasa, ketika sudah mulai bekerja.

Tidaklah mengherankan jika kemudian banyak tersebar informasi mengenai guide maupun pentunjuk cara-cara memainkan game online atau disebut juga dengan play game online. Kebanyakan informasi tersebut hadir berbentuk artikel maupun panduan yang disisipkan dalam sebuah website terkait maupun forum-forum terkait. Bahkan tidak jarang ada beberapa user yang memberikan informasi mengenai cara curang maupun kode rahasia. Tentunya selain meningkatkan rasa tertarik untuk bermain, cara curang / cheatĀ  juga dapat mengakibatkan adanya rasa jengkel dari pemain lain, yang juga memainkan permainan yang sama di dunia maya. Oleh karena itu perlu juga disadari pentingnya etika bermain permainan berbasis online.

Play Game Online

Play Game Online

Hal ini disebabkan permainan online dimainkan oleh ratusan bahkan ribuan pemainĀ  yang berbeda dari berbagai negara dan wilayah. Semua gamer tersebut berbicara dan menulis dengan bahasa yang berbeda. Perlu digaris-bawahi juga bahwa masing-masing pemain juga memiliki aturan dan tradisinya masing-masing. Kegagalan untuk memahami perbedaan ini akan membawa gamer ke dalam suasana bermain game online yang tidak kondusif. Tidak jarang hal semacam ini akan membawa kita kepada fenomena cyber-bullying. Oleh karena itu sekali lagi, etika dan sopan santun sangat penting dalam mendalami bermain game online.

Cyber-bullying di dalam dunia game online dapat datang dalam berbagai macam variasi dan bentuk. Di antaranya melalui bentuk verbal atau kata-kata yang dituliskan secara khusus di dalam suatu chat room atau ruang untuk chatting secara privat. Namun tidak menutup juga bullying dilakukan secara langsung di tengah-tengah permainan. Sebagai contoh, sebuah permainan yang menuntut kerja sama tim, gamer yang di-bully biasanya akan diumpankan sebagai tumbal untuk mendapatkan kemenangan dan tidak diberikan kesempatan oleh pemain lain untuk berkontribusi di dalam permainan. Tentunya hal ini patut diperhatikan sebagai suatu fenomena menarik dalam permainan.

Di sisi lain, bullying yang dilakukan melalui chat room dapat dikatakan sebagai bentuk bullying yang paling umum di dalam dunia maya. Biasanya pelaku bullying mulai mengetik dan mengirimkan kata-kata kasar untuk mengintimidasi gamer lain. Hal ini dilakukan untuk memecah konsentrasi lawan dan meraih kemenangan dengan cara yang tidak terpuji. Pada tahap awal, bullying semacam ini biasanya akan berlalu dengan sendirinya apabila tidak ada pemain lain yang mendukung ataupun memperkeruh suasana. Namun apabila situasi menjadi buruk, seorang korban bullying dalam dunia maya dapat ditekan oleh lebih dari 10 gamer! Tentunya hal ini cukup mengerikan apabila sampai di alami oleh salah satu sobat yang sedang membaca artikel ini.

Intinya, terdapat banyak cara kita dalam memandang fenomena ‘bullying’ ini. Beberapa orang mungkin menganggap bahwa hal semacam itu sudah biasa terjadi di dalam dunia game, mengingat kebanyakan dari kata-kata yang dilontarkan di dalam chat room biasanya berawal dari sebuah candaan ataupun celetukan. Namun patut juga diingat bahwa candaan tersebut dapat berubah menjadi ejekan yang dapat memicu kemarahan apabila ditanggapi dengan serius. Oleh karena itu para gamer hendaknya dapat bijak dan hanya memanfaatkan media chat room untuk melakukan komunikasi yang sehat dengan gamer lainnya. Jangan sampai hanya karena menyalurkan hobi untuk ‘play game online’ gamer merasa tertekan karena mendapat perlakukan tidak adil dari pemain lain. Bukankah inti dari permainan adalah untuk melepaskan stress dan penat? Dua tujuan tersebut musti didapatkan ketika kita mencoba untuk memainkan game online.

Kalian memiliki pandangan lain mengenai fenomena yang terjadi dalam dunia ‘play game online’? Jika demikian, kalian dapat menuliskan pendapat dan komentar kalian terkait dengan topik ini dan mengirimkannya melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini. Kami dari tim redaksi tentunya akan sangat gembira menyambut setiap tanggapan maupun kritik yang hadir berkenaan dengan semua tulisan yang dimuat di situs ini. Terutama yang berkaitan dengan topik ‘play game online.’

Sumber Gambar: http://img02.bgstatic-com.de/images/games/games/444/main/470×320/shadowrun_online_453.jpg

resepmasakanku.co