Proposal Usaha Makanan

Proposal Usaha Makanan
5 (100%) 1 vote

Artikel ini menjelaskan tentang proposal usaha makanan untuk membuka restoran. Di jaman serba mandiri ini kita juga harus belajar untuk memulai jiwa wirausaha atau entrepreneur yang mandiri. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan jika berbicara mengenai ide bisnis. Salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan adalah bisnis di bidang kuliner. Di dalam bisnis di bidang kuliner ada banyak sekali ide-ide kreatif yang dapat dilakukan misalnya membuka usaha kafe dengan free WiFi untuk menarik pembeli, usaha restoran dengan resep asli bikinan sendiri maupun franchise, warung makan dengan harga murah atau terjangkau, tenda makan dengan lokasi strategis, berjualan makanan ringan yang dititipkan di berbagai tempat atau toko snacks, pedagang kaki lima, dan masih banyak lagi. Artikel kali ini akan membahas salah satu bisnis tersebut yaitu restoran.

Proposal usaha makanan dan cara menulisnya

Proposal usaha makanan dan cara menulisnya

Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Dalam memulai usaha makanan hal yang harus sangat dipikirkan adalah mengenai modal apakah bisa menutupi anggaran yang ada. Mungkin anda adalah seorang pengusaha restoran baru yang ingin memulai usaha makanan ataupun pengusaha restoran lama yang baru mau mengembangkan bisnis anda dan membutuhkan banyak modal.

 

Apabila anda masih kekurangan uang sebagai modal awal dan menginginkan suatu pinjaman maka anda bisa meminjam ke para investor, bank swasta, atau pun instansi pemerintah. Saat ingin mencoba mendapatkan suatu pinjaman sebagai modal awal dalam membuka restoran makan maka membuat isi proposal usaha makanan amatlah penting untuk diperhatikan.

Proposal usaha makanan untuk membuka restoran

Proposal usaha makanan untuk membuka restoran

Image courtesy of Apolonia / FreeDigitalPhotos.net

Jika kamu adalah seorang pengusaha yang baru mau membuka usaha restoran makanan maka terkadang investor enggan untuk meminjamkan uang sebagai modal karena mereka belum melihat apakah restoran baru tersebut menjanjikan di masa depan atau tidak. Oleh karena itu, saat kamu ingin membuat proposal usaha makanan harus memperhatikan baik-baik isinya dan usahakan para investor percaya terhadap usaha makanan yang baru mau kamu jalankan ini.

Proposal Usaha Makanan: Tahapan dalam membuat proposal bagi restoran baru anda

Ada beberapa tahapan yang mau kami bagikan dalam membuat proposal usaha makanan yang bisa dicoba antara lain:

  1. Menentukan lokasi tempat anda ingin membuka restoran makanan. Sebelum anda menulis proposal usaha makanan ada baiknya terlebih dahulu menentukan lokasi di mana anda akan membangun restoran makan tersebut. Karena itu cobalah untuk melakukan survey tempat terlebih dahulu, usahakan memilih tempat yang ramai orang sehingga anda bisa mencoba untuk menarik pembeli datang ke restoran. Di dalam proposal anda nanti juga harus disertakan di mana anda mau membangun restoran dan apakah anda mau membeli atau hanya ingin menyewa tempat serta berapa harganya. Jika anda biaya renovasi restoran maka juga harus ikut dicantumkan ke dalam proposal usaha.
  2. Menentukan jenis atau tipe restoran makan yang mau dibuka. Banyak sekali restoran yang bisa dibuka seperti restoran cepat saji, restoran masakan tradisional, restoran bergaya barat, restoran bergaya asia, dan lain sebagainya. Tentukan tipe restoran dan tulis hal tersebut ke dalam proposal usaha makanan kamu. Semakin detil isi proposal yang dibuat maka semakin mungkin kamu akan sukses mendapatkan modal usaha. Coba lihat apakah lokasi di tempat kamu mau membangun restoran sudah ada usaha restoran yang sejenis karena kamu tidak mau kan bersaing dengan tipe restoran yang sama di lokasi yang sama.
  3. Berapa anggaran yang dibutuhkan dalam membuka restoran. Hal mengenai anggaran yang dibutuhkan amatlah penting sebagai isi dari proposal usaha makanan. Inti dari proposal usaha makanan adalah bagaimana kamu bisa menuliskan detil biaya dengan tetap menekan biaya serendah mungkin. Estimasikan berapa biaya yang sekiranya akan dikeluarkan seperti biaya produksi, biaya gaji, biata renovasi, biaya sewa, biaya pembelian gedung, biaya ijin usaha, dan lain sebagainya. Ingat bahwa investor lebih menyukai anggaran yang tidak terlalu lepas kendali. Selain tuliskan juga target keuntungan yang ingin dicapai selama setahun yang juga dibagi ke dalam gambaran keuntungan per bulannya. Jangan lupa juga sertakan bagaimana cara kamu untuk membayar pinjaman dari investor nanti.
  4. Setelah kamu menentukan semua hal tersebut mulailah membuat usaha proposal makanan yang dimulai dengan menulis ringkasan pelaksanaan di bagian awal. Pada bagian awal kamu harus bisa menulis secara singkat, jelas, serta padat di satu halaman. Di dalam ringkasan ini tuliskan alasan mengapa kamu mau membuka usaha restoran dan kenapa kamu tertarik membuka usaha ini, visi serta misi usaha restoran kamu, apakah ada pengalaman di bidang kuliner sebelumnya, dan sebagainya.
    Proposal usaha makanan dengan memilih masakan

    Proposal usaha makanan dengan memilih masakan

    Image courtesy of marin / FreeDigitalPhotos.net

  5. Tuliskan makanan apa yang ingin dijual di dalam proposal usaha makanan kamu. Bagian ini juga penting, coba uraikan makanan apa saja yang mau dijual di restoran kamu dan berapakah harganya. Berikan detil terhadap bagian ini.
  6. Tuliskan manajemen restoran serta bagaimana kamu akan memasarkan restoran tersebut. Suatu restoran pastinya akan memiliki manajemen tersendiri, untuk itu tuliskan hal tersebut ke dalam proposal usaha kamu. Sebagai contoh, manajemen produksi, manajemen kepegawaian, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan sebagainya. Tuliskan juga bagaimana kamu akan memasarkan restoran kamu. Bacalah dan analisis strategi pemasaran yang akan dijalankan. Tentukan pangsa pasar serta target konsumen yang ingin dibidik.
  7. Lengkapi proposal usaha makanan yang ada dengan berkas-berkas penting lainnya. Terakhir di dalam membuat suatu proposal usaha makanan usahakan menambahkan berkas-berkas penting seperti laporan keuangan saat ini, foto lokasi serta bangunan anda mau membuka usaha restoran tersebut, proses produksi makanan atau masakan dengan bagan alir, dan sebagainya.

Setelah anda bisa membuat suatu proposal usaha dengan baik dan benar maka persiapkan juga bagaimana anda akan mempresentasikan proposal anda di depan para investor nantinya.

resepmasakanku.co