Rumah Tipe 36 : Kumpulan Informasi Tentang Rumah Tipe 36

Rumah Tipe 36 : Kumpulan Informasi Tentang Rumah Tipe 36
4.67 (93.31%) 176 votes

Rumah besar, mewah, dan nyaman menjadi dambaan setiap orang. Namun bagi anda yang memiliki rumah berukuran kecil seperti tipe 36 tidak perlu berkecil hati, rumah tipe 36 memang tidaklah besar dan megah, namun jika dirancang dan ditata dengan baik tentunya masih dapat menjadi sebuah rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Rumah tipe 36 merupakan salah satu tipe rumah paling banyak dijual, dikarenakan luasnya yang tidak seberapa besar tentu saja dapat menekan harga jual sehingga lebih terjangkau masyarakat luas. Rumah tipe 36 merupakan salah satu tipe rumah yang paling banyak dimiliki masyarakat indonesia. Berbekal luas bangunan seluas 36 meter persegi dan luas tanah yang beragam, paling banyak ditemui dari luas tanah 72m2 dan 90m2 atau bahkan lebih dari 100m2 menjadikannya tipe favorit pada perumahan-perumahan yang sedang dibangun.

Pada umumnya rumah tipe 36 memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi serta 1 ruang keluarga/ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang makan. Sempit? Mungkin, jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Konsep paling cocok yang dapat diterapkan pada rumah tipe ini adalah konsep minimalis. Mengapa? Sebab luas ruangan yang tersedia dan jumlah ruang yang sangat terbatas tidak memungkinkan kita menerapkan konsep-konsep seperti klasik atau mediteranian yang memerlukan ornamen-ornamen serta ukuran perabot yang tidak kecil.

Seperti kita ketahui biasanya perabot-perabot dengan nuansa klasik berukuran cukup besar. Sebaliknya dengan minimalis, biasanya perabot-perabot dengan nuansa ini memiliki ukuran yang cukup kompak dan hemat ruang, sesuai dengan namanya, minimalis.Ornamen dan aksen yang digunakan juga biasanya cenderung hanya berupa garis-garis atau bentuk persegi yang teratur dan permainan warna sehingga tidak menimbulkan kesan berat tetapi justru ringan dan simple sehingga berkesan lebih luas.

Rumah tipe ini biasanya masih memiliki sisa tanah/lahan di bagian belakang, yang memungkinkan pengembangan rumah lebih lanjut baik penambahan kamar, gudang ataupun ruang lainnya sesuai sisa lahan yang tersedia. Namun pada rumah tipe 36 dalam bentuk aslinya, tanpa pengembangan, memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain mengatur penempatan dan pemilihan perabot yang akan digunakan. Kuncinya, gunakan seminim mungkin perabot pada rumah tipe ini dan hindari menaruh terlalu banyak barang.

Kamar tidur utama

desain-interior-kamar-tidur-minimalis-0001

Biasanya pada tipe ini kamar tidur berukuran tidak terlalu besar, rata-rata kamar tidur utama berukuran sekitar 3mx3m dan kamar tidur tambahan bisa berukuran sama atau lebih kecil (2mx3m). untuk mendapatkan sisa ruang yang cukup dan tidak terlalu penuh, gunakan tempat tidur berukuran sedang (160cm). Jika anda menghendaki televisi pribadi di kamar anda, pertimbangkanlah untuk memilih televisi LCD atau LED dengan pemasangan bracket di dinding kamar anda, ini akan meminimalkan penggunaan ruang di kamar anda sehingga anda tidak perlu menggunakan rak/meja tv, sebab dengan ukuran kamar 3m (masih dikurangi lagi dengan ketebalan tembok) maka setelah menempatkan tempat tidur berukuran sedang (160cm x 200cm) maka lebar ruang yang tersisa pada ukuran memanjang tempat tidur kurang dari 1 meter.

Anda bisa menempatkan rak/meja kecil di samping kanan kiri tempat tidur untuk meletakkan barang-barang pribadi anda. Untuk meja rias, hmmm… mungkin anda harus mempertimbangkan untuk tidak membelinya. Lemari pakaian berukuran kecil (1 atau 2 pintu) masih bisa anda tempatkan di ruang tidur ini, namun ingat untuk memperhatikan baik-baik ukuran lemari yang akan anda beli supaya tidak terlalu besar dan akhirnya tidak muat di sisa ruang yang tersedia.

Kamar tambahan

kamar-tidur-anak

Jika kamar kedua berukuran sama dengan kamar utama anda bisa melakukan hal yang sama. Namun jika ternyata lebih kecil, maka untuk kamar tambahan ini anda bisa mempertimbangkan tempat tidur bertingkat untuk menghemat ruang. Jika kamar diperuntukkan bagi anak, bisa ditambahkan sebuah meja belajar kecil di sudut ruang.

Ruang utama

Interior-Rumah-Minimalis-Type-36-7

Biasanya rumah tipe 36 hanya memiliki 1 ruang utama yang berfungsi sekaligus sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Pada ruangan ini anda bisa menempatkan set sofa minimalis berukuran kecil dan sebuah meja makan kotak di salah satu sudut ruang. Sebuah rak pajangan atau rak tv dengan konsep minimalis juga dapat anda tempatkan untuk mempercantik ruang. Hindari pemilihan warna maupun model perabot yang terkesan berat.

Dapur

eron-kitchen

Untuk dapur bisa anda tempatkan di bagian belakang, dengan konsep dapur terbuka anda hanya perlu menambahkan sedikit atap/kanopi sebagai penutup. Dapur terbuka membuat dapur senantiasa memiliki pertukaran udara yang lancar, dan penerangan yang cukup, selain itu tentunya juga lebih aman jika sampai terjadi kebocoran gas. Jangan lupa untuk mempertimbangkan tempat penyimpanan peralatan masak dan peralatan makan anda mengingat dapur berkonsep terbuka, yang tentunya juga menjadikan anda harus lebih sering membersihkan dapur anda.

Taman

images4

Sisa lahan yang ada di bagian belakang jika anda belum akan mengembangkannya bisa dimanfaatkan sebagai taman kecil, selain menambah keasrian rumah juga kehadiran taman kecil di bagian belakang mampu menghadirkan suasana yang lebih sejuk dan natural di tengah perkotaan.

sumber gambar :

  • http://yogyakartacity.olx.co.id/rumah-type-36-plemburan-sleman-iid-190623245
  • http://rumahminimalish.com/7-ide-interior-rumah-minimalis-type-36/
  • http://www.architecchi.com/desain-interior-kamar-tidur-minimalis.html
  • http://www.rukosinterior.com/design-kamar-tidur-anak
  • http://simplevision.files.wordpress.com/2008/11/eron-kitchen.jpg
  • http://tamanrumah.org

resepmasakanku.co