Sistem Informasi Akademik | Kumpulan Catatan Terlengkap Mengenai Sistem Informasi Akademik

Sistem Informasi Akademik | Kumpulan Catatan Terlengkap Mengenai Sistem Informasi Akademik
4.6 (91.9%) 116 votes

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu memang tidak dapat diduga atau diprediksi sebelumnya bagaimana bentuk dan rupanya. Perkembangannnya pun berlangsung sangat cepat. Sehingga adanya perkembangan tersebut menuntut masyarakat selaku pengguna dan penikmat harus “melek teknologi”. Hal itu pula yang menuntut masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan terhadap teknologi itu sendiri dan juga paham bagaimana penggunaan serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi yang ada seakan-akan mampu mewujudkan mimpi-mimpi yang seakan tidak mungkin untuk direalisasikan atau mustahil. Salah satu yang dulu dianggap mustahil yaitu internet. Keberadaan internet ini memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia. Pasalnya dengan internet seseorang bisa mendapatkan hampir semua jenis informasi yang kadang tidak didapat dari media elektronik seperti TV dan radio serta pada media cetak seperti koran dan majalah.

Sistem Informasi Akademik

Sistem Informasi Akademik

Salah satu contoh pemanfaatan internet adalah penggunaan teknologi informasi yang digunakan sebagai sistem informasi dari instansi-instansi atau lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan dan bahkan perusahaan. Aplikasi tersebut diberi nama dengan Sistem Informasi Akademik.

Sistem Informasi Akademik ini biasa digunakan untuk pengelolaan data akademik seseorang. Umumnya Sistem Informasi Akademik ini digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi universitas. Jumlah mahasiswa yang banyak menuntut lembaga tersebut untuk lebih mudah dalam mengelola data akademik mahasiswanya. Sehingga pengolelolaan data tersebut menjadi lebih efektif dan efisien. Pengelolaan data yang terdapat pada Sistem Informasi Akademik ini biasanya meliputi biodata diri mahasiswa, informasi keuangan, informasi jadwal mata pelajaran, kelas dan data nilai. Setiap universitas memiliki nama yang berbeda untuk menyebut aplikasi Sistem Informasi Akademik ini. Ada yang menyebutnya sebagai SIAM (Sistem Informasi Akademik Mahasiswa) dan ada juga yang menyebutnya sebagai SIAKAD (Sistem Informasi Akademik).

Kebanyakan aplikasi Sistem Informasi Akademik ini menggunakan sistem user interface yang dapat memudahkan server mengelola proses administrsi data mahasiswa. Selain itu juga, dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik dapat meminimalisir terjadinya kegiatan meng-entri data lebih dari satu kali dan juga dapat turut serta dalam gerakan penghijauan.Karena dengan menggunakan aplikasi ini akan menghemat kertas dan secara otomatis pula dapat mengurangi penebangan pohon yang merupakan bahan baku utama pembuatan kertas. Beberapa kelebihan tersebutlah yang menyebabkan universitas menjatuhkan pilihannya pada aplikasi Sistem Informasi Akademik. Selain itu pula, karena juga dapat memudahkan pekerjaan dari pertugas tata usaha lebih cepat dan ringan.

Cara menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik ini bisa dibilang cukup mudah bahkan untuk seseorang yang gaptek(gagap teknologi). Seseorang mahasiswa yang terdaftar pada Sistem Informasi Akademik ini cukup hanya dengan memasukkan Nomor Induk Mahasiswa(NIM) dan password. Setelah selesai melakukan entri NIM dan password maka akan mucul data diri mahasiswa tersebut. Penggunaan aplikasi ini memang sengaja dirancang untuk mudah dalam penggunaanya. Berbagai keuntungan yang ditawarkan aplikasi Sistem Informasi Akademik diantaranya :

1. Kemudahan dalam mengaudit data karena semua riwayat data tercatat ke dalam sistem aplikasi tersebut.
2. Administrator atau pegawai tata usaha dapat dengan mudah melakukan pemeliharaan pengguna, penambahan modul dan pemberian hak akses.
3. Kemudahaan client dalam melakukan pemeliharaan data karena aplikasi ini berbasis web.
4. Penggunaan framework “Codeigniter” memudahkan aplikasi sistem ini mudah diperluas.

Ada beberapa modul yang termasuk di dalam aplikasi Sistem Informasi Akademik yang juga saling terintegrasi didalamnya. Modul yang pertama yaitu Biro Administrasi Akademik. Modul ini meliputi Manajemen Data Refrensi, Manajemen Data Akademik, Manajemen Pelaporan, Manajemen Dokumen Cetak, Manajemen Koversi/Impor Data dan Manajemen User/Pengguna. Modul Kedua adalah Anjungan Mahasiswa yang meliputi Anjungan KRS Online Mahasiswa dan Anjungan Alumni. Modul Ketiga adalah Anjungan Dosen yang meliputi Anjungan Dosen. Modul Keempat adalah Penerimaan Mahasiswa Baru. Modul kelima dan keenam adalah Pembayaran SPP dan Informasi Eksekutif.

Dalam menggunakan aplikasi Sistem Informasi Akademik ini tidak boleh asal dalam membuat, melainkan harus memenuhi standart umum pelaporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) yang telah ditentukan oleh DITJEN DIKTI(Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) Indonesia.

Sumber foto : http://maxtech.co.id/files/sia/Sistem_Informasi_Akademik_Sekolah_Input_Data_Siswa.jpg

resepmasakanku.co