Smartphone Android : Kumpulan Catatan Terlengkap Smartphone Android

Smartphone Android : Kumpulan Catatan Terlengkap Smartphone Android
4.82 (96.48%) 81 votes

Mungkin banyak yang masih bertanya-tanya, apa bedanya smartphone atau ponsel pintar dengan ponsel biasa, memang belum ada standar khusus untuk menentukan apakah sebuah ponsel termasuk kategori smartphone atau bukan. Tapi secara umum dapat diartikan ponsel pintar atau smartphone merupakan ponsel yang memiliki kemampuan lebih dari kemampuan standar sebuah ponsel. Fungsi dasar dari sebuah ponsel adalah untuk menelepon, hingga pada perkembangannya ponsel juga dapat digunakan untuk berkirim pesan berupa teks, yang sering dikenal dengan sms. Pada fase selanjutnya ponsel mulai jg dilengkapi dengan fitur pengingat/reminder yang dapat membantu kita mengorganisir kegiatan kita sehari-hari, hingga mulai ditambahkan juga fitur kamera pada ponsel. Ya, kamera. Mungkin saat ini anda memandangnya sebagai hal yang sangat biasa. Padahal pada awal kemunculannya hal ini menjadi sangat hebat di masanya, sebuah ponsel yang juga bisa mengambil gambar/foto, dan bahkan bisa bermain game. Hebat? Pintar? Pada jamannya tentu saja ponsel dengan fitur2 tersebut sudah bisa disebut “pintar”, namun dengan teknologi yang terus berkembang hal tersebut mulai menjadi biasa saja, hingga pada akhirnya sekarang hal tersebut sudah biasa kita temui bahkan pada ponsel berharga murah sekalipun sudah berkamera, bisa berkirim pesan sms, ada fitur pengingat, bahkan hingga lampu senter dan FM Radio! Semua itu bisa anda dapatkan dengan harga masih dibawah 200 ribu, apakah bisa disebut dengan ponsel pintar? Hmmm, setiap orang berhak memberikan penilaiannya masing-masing.

Jadi apa yang sering disebut-sebut dengan ponsel pintar/smartphone sekarang ini? Mungkin ini bukanlah suatu kriteria pasti, karena smartphone saat ini, nantinya juga akan dianggap biasa saja saat teknologi sudah semakin maju dan berkembang, tapi paling tidak inilah gambaran yang sering disebut-sebut dengan nama smartphone saat ini : suatu ponsel yang memiliki kemampuan lebih daripada ponsel-ponsel biasa, seperti dapat berkirim e-mail, terhubung ke internet baik untuk browsing, chatting, memiliki kamera dengan kualitas yang baik, selalu ter-update dengan social network, memiliki segudang fitur yang memanjakan penggunanya seperti agenda dan pengingat, berbagai macam games, pemutar video dan musik, perekam video, dan berbagai konektifitas penghubung dengan perangkat lain seperti bluetooth, usb, wifi, bahkan ada yang memiliki fitur GPS navigasi. Pada intinya, anda dapat melakukan segudang aktifitas dengan bantuan perangkat ini.

Smartphone Android. Pasti anda sudah pernah bahkan mungkin sering mendengarnya.  Android merupakan salah satu jenis sistem operasi yang digunakan pada smartphone. Selain android juga ada sistem operasi lain yang cukup populer digunakan pada smartphone, seperti iOS pada smartphone produksi Apple, Windows seperti yang digunakan pada smartphone Lumia dari Nokia, Blackberry OS untuk smartphone produksi Blackberry. Sedangkan android sendiri digunakan pada cukup banyak perangkat smartphone dari berbagai produsen seperti Samsung, LG, Sony, Motorola, HTC, bahkan hingga merk-merk lokal seperti axioo, cross, mito, movimax, dan lainnya. Kali ini kita baru akan membahas soal smartphone android saja.

Sistem operasi Android dikembangkan oleh salah satu raksasa IT di dunia, Google. Perkembangannya pun cukup pesat, dari versi yang masih tergolong awal seperti versi 1.6 donut hingga versi 2.2 Froyo dan 2.3 Gingerbread, pada versi inilah pengguna Android berkembang cukup pesat yang pastinya diikuti dengan semakin beragamnya perangkat smartphone berbasis Android hingga versi yang paling populer sekarang yaitu 4.0 Ice Cream Sandwich yang juga sudah mulai beralih ke versi 4.1 Jelly Bean. Mungkin banyak yang sudah tahu, tapi bagi yang belum inilah sedikit informasi mengenai penamaan sistem operasi Android, penamaan yang diberikan menggunakan nama-nama makanan dan dengan huruf awal urut sesuai abjad, perhatikan nama-nama versi Android berikut :

1.0 Apple Pie

1.1 Banana Bread

1.5 Cupcake

1.6 Donut

2.0 Eclair

2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)

2.3 Gingerbread

3.0 HoneyComb

4.0 Ice Cream Sandwich (ICS)

4.1 Jelly Bean

Calon nama untuk versi berikutnya : KeyLime Pie

Berbicara mengenai smartphone Android tentunya tidak terlepas dari kelebihan Android itu sendiri. Sebagai smartphone tentu saja perangkat tersebut sudah memiliki kelebihan tersendiri secara hardware/perangkatnya, yang menjadi pertanyaan tentu saja dimanakah kelebihan dari sistem operasi Android itu sendiri? Tentu saja untuk perbedaan dan kelebihan dari setiap versi Android terlalu panjang untuk dijabarkan disini, tapi satu hal yang menurut opini penulis paling bermanfaat dan sering penulis manfaatkan dari kelebihan Android, yaitu tersedianya Play Store, yaitu pasar aplikasi berbasis android. Di Play Store kita dapat menemukan ribuan bahkan mungkin jutaan berbagai jenis aplikasi yang dapat kita unduh, baik yang berbayar maupun yang tersedia secara gratis. Tunggu, gratis?? ya, anda tidak salah baca, memang tersedia sangat banyak aplikasi dari berbagai kategori yang dapat kita unduh secara gratis ke smartphone Android kita. Anda hanya memerlukan koneksi internet, baik itu melalui jaringan seluler anda maupun melalui wifi yang tersedia di sekitar anda dan anda harus memiliki akun Gmail. Anda dapat membuatnya terlebih dahulu jika anda belum memilikinya dan lagi-lagi itu gratis.

Tentu saja selain kelebihan tersebut kita juga dapat memanfaatkan smartphone android kita layaknya sebuah smartphone untuk menelepon, berkirim pesan, selalu terhubung dengan social network, berkirim email, mendengarkan musik, memutar video, bermain game saat waktu luang, bertukar data dengan sesama pengguna smartphone, mengambil gambar/foto, merekam video, mengolah data, mengetik laporan, dan masih banyak lagi tentu saja semua dalam satu perangkat, yaitu smartphone anda yang juga sekaligus dapat berfungsi sebagai asisten pribadi anda yang membantu mengingatkan dan mengorganisir kegiatan anda sehari-hari.

sumber gambar : http://blogs.adobe.com/digitalpublishing/2011/02/android-honeycomb.html

resepmasakanku.co