Smk – Informasi Terlengkap Mengenai Smk

Smk – Informasi Terlengkap Mengenai Smk
4.71 (94.2%) 141 votes

Anak merupakan satu bagian terbaik atas terbinanya keluarga sejahtera. Tanpa kehadiran sang buah hati agaknya belum terasa lengkap secara kebutuhan batin terpenuhi sebagai persyaratan sebuah keluarga bahagia. Sosoknya adalah anugerah atau titipan Illahi yang mampu mengusir kejenuhan dalam hidup, menyambung semangat dari adanya keputusasaan serta membangkitkan semangat bekerja mencari nafkah demi tujuan tersebut.

Harapan semua orang tua pun sama terhadap kehadirannya ditengah keluarga, yaitu mampu menjadi penerang kegelapan hidup dan penerus generasi / keturunan yang bisa menjaga keutuhan amanat maupun mendukung kesuksesan pada sebuah ikatan seterusnya. Peran sang pendidik di kalangan internal sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembang sang anak, mulai dari gaya berbicara terhadap lawannya atau sesama kerabatnya, pertumbuhan mental perilakunya sehubungan dengan semakin besarnya pengaruh pergaulan di lingkungan tempat tinggal sampai kepada pola pikirnya menghadapi persoalan melalui jalur pendidikan formal.

SMK

SMK

Saat ini agaknya pilihan terakhir adalah suatu tantangan tersendiri yang pasti dialami bagi setiap keluarga manapun, jika salah memilih lembaga pendidikan bukan tidak mungkin mempengaruhi tak hanya logika pemikiran melainkan dapat mengarah pada hal serius menyangkut perilakunya di lingkungan masyarakat.

Peran serta orang tua sangat besar bagi anak terutama menginjak dunia pendidikan. Tak hanya berbekal kualitas terbaik serta mampu membuatnya menjadi siswa jenius / terampil, tetapi juga bagaimana suatu nilai agama bisa tertanam sedini mungkin. Agar nantinya dapat menjadi sosok tak hanya pandai secara intelektual, terampil menggunakan alat namun tetap menjaga perilakunya di semua tempat. Bermodal ilmu pengetahuan maupun ketrampilan sesuai keahlian sangatlah tak cukup tanpa diimbangi sebuah mental keagamaan yang kokoh, nantinya akan timbul sikap arogan, sombong serta menghalalkan segala cara untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Menginjak tahap remaja, adalah suatu proses pembentukan moral secara kontinyu. Juga mengarahkan bakat serta keahlian individu menyikapi berbagai cabang ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Orang tua hanyalah pengawas terhadap sejumlah kebijakan anak dalam mengambil serta mengolah keahliannya sesuai kesenangannya. Sikap pemaksaan terhadap edukasinya sangatlah tidak dianjurkan, mengingat bakat tersebut terpendam secara alami tanpa dibentuk atas dasar pengaruh orang lain termasuk itu adalah orang tuanya sendiri. Ada dua jalur pendidikan dimana tergantung tujuan akhir bagi anak atau orangtuanya, antara sekolah umum atau SMU dan SMK yaitu lembaga edukasi berdasarkan keahlian dan kejuruan.

SMU merupakan tingkat edukasi dasar lanjutan untuk lebih mengasah siswa dalam menguasai jenis pelajaran secara terperinci, di tingkat ini mereka berupaya memilih jurusan sesuai bakatnya. Untuk selanjutnya menjadi modal dasar menuju tingkat pendidikan ke jenjang lebih tinggi nantinya. Berbeda jauh dengan SMK dimana setiap siswa justru semakin dijuruskan pada minatnya langsung serta kesenangannya. Terbagi ke dalam kelompok besar seperti :

  • TATA BOGA – Lebih kepada praktek kerja mengurus masalah rumah tangga khususnya menguasai satu atau beberapa jenis masakan. Diharapkan sang anak bisa berkembang dan mampu menjadi seorang koki / tukang masak di restoran mewah ataupun bisa membuka usaha sendiri di suatu wilayah tertentu.
  • TATABUSANA – Mengacu pada pembentukan pola pakaian berbagai model. Mulai dari pakaian formal untuk keperluan keseharian, busana pesta hingga merencanakan rancang gaun sendiri sesuai kreatifitas berdasarkan model masa kini untuk acara pernikahan serta lainnya. Motifnya pun bermacam – macam tergantung pola pikir sang peserta didik sebagai sebuah pengembangan matang mengasah keterampilannya.
  • BIDANG TEKNIK – Sebagai dasar menjadi seorang mekanik dan teknisi handal di berbagai bidang. Keahlian ini sunggu sangat banyak peluang kerjanya, tidak perlu pendidikan setingkat sarjana bahkan cukup SMK sebagai sekolah kejuruna juga mampu menguasai ilmu tersebut. Terbagi atas beberapa bidang keahlian, yaitu teknik mesin, elektronika dan kelistrikan serta otomotif dimana saat ini sedang menjadi tren bagi mereka.

Itulah beberapa bidang pendidikan dari sekolah formal bernama SMK, dimana dengan berpondasi keahlian terspesialisasi tersebut diharapkan nantinya mampu membentuk individu yang siap kerja, memiliki mental dinamis dan bisa menjaga citra maupun martabat keluarga beserta dunia pendidikan khususnya. Pemerintah saat ini pun sudah mulai mencanangkan program pendidikan wajib belajar 12 tahun termasuk rekomendasinya masuk SMK, dimana akan mampu menyesuaiakan diri terhadap iklim globalisasi dan kesiapannya menghadapi dunia teknologi yang membutuhkan keahlian khusus berdasarkan spesialisasinya.

sumber gambar : http://www.tritech.sch.id/images/LOGO-SMK-BISA.jpg

resepmasakanku.co