Taman Rumah | Kumpulan Informasi Terlengkap Mengenai Taman Rumah

Taman Rumah | Kumpulan Informasi Terlengkap Mengenai Taman Rumah
4.63 (92.64%) 87 votes

Taman Rumah merupakan sebuah tempat dimana di dalamnya terdapat rumput, semak,  bunga-bungaan dan material lainnya. Sebenarnya pendukung utamanya bisa dikategorikan 2 macam yakni elemen lunak dan elemen  keras. Kedua elemen itu membuat  harmoni membentuk keindahan yang padu atau utuh. Sesuai dengan fungsinya  untuk menyegarkan udara sekaligus membuat rumah menjadi semakin indah.

Sebenarnya taman tidak  hanya  dibuat di depan rumah, tetapi juga  di samping, di belakang bahkan di dalam rumah. Juga tidak hanya dapat dibuat pada lahan luas. Sedikit lahan  tersisa pun, dapat dimanfaatkan.  Atau kita  dapat  membuatnya dengan cara menempelkannya ke dinding. Penyangganya  dari rangka kawat yang disemen ke tembok. Jadi tanaman dalam pot  diletakkan di sana. Dapat pula dibuat menggantung menggunakan  penyangga yang cukup kokoh.

taman rumah

taman rumah

a. Syarat pembuatan.

Untuk membuat sebuah taman  indah, diperlukan keterampilan mendesain  plus pengetahuan tentang budidaya tanaman. Perhatikan hal-hal berikut ini. Tentukan terlebih dahulu apakah taman yang akan kita buat mengikuti pola  simetris atau asimetris. Kemudian pikirkan bagaimana mengatur tinggi rendahnya agar enak dipandang mata serta tidak berkesan membosankan, bagaimana penempatannya disesuaikan bentuk dan warnanya. Juga keseimbangan antara tanaman itu sendiri dibandingkan  bangunan rumah. Jangan sampai tingginya sebuah pohon menghalangi sinar matahari masuk ke rumah kita.

b. Pemilihan elemen lunak.

Elemen utama  pada sebuah taman adalah rumput hijau juga semak berbunga atau berdaun indah. pada kolamnya biasanya diletakkan tanaman air seperti teratai atau kombinasi  berbagai tanaman air. Lengkapi juga  ikan hias yang mudah perawatannya.

Untuk memilih tanaman jangan  sembarangan. Pilihlah tanaman  tahan panas untuk daerah yang  terkena  sinar matahari langsung. Tempatkan juga satu tanaman peneduh misalnya palem. Tanaman ini cukup indah sekaligus aman karena akarnya tidak bisa merusak pondasi bangunan. Sebenarnya, bisa juga ditanami tanaman buah. Tetapi hendaknya letakkan jauh dari pondasi rumah agar tidak mengganggu kekuatannya.

c. Pemilihan elemen keras.

Lampu  merupakan sebuah elemen yang harus ada pada setiap taman. Selain berfungsi untuk menerangi,  juga memberi kesan taman menjadi lebih indah. Untuk kolam hiasnya bisa ditambahkan dengan air mancur atau air terjun buatan. Lebih bagus lagi jika juga ditambahkan sungai buatan. Buatlah juga tebing dimana memberi kesan alami.

Benda lainnya  yang biasa menjadi pendukung  adalah kotak surat, tempat sampah, tiang bendera, tidak lupa sistem penyiraman. Untuk taman luas bisa juga menempatkan alat bermain anak-anak seperti ayunan, plosotan dll. Alternatif lainnya adalah keberadaan gazebo untuk menikmati acara keluarga atau sekedar menikmati keindahan taman.

d. Berbagai gaya gazebo.

Gazebo bisa diletakkan di pojok halaman rumah. Dengan demikian keseluruhan taman bisa dilihat dengan mudah. Hadirkan dengan kolam  berisi koi. Ukurannya bisa 3×4 m dengan tinggi kurang lebih 3 meter. Agar memberikan kesan unik, buatlah keempat tiang utamanya dari batang kelapa, bagian lainnya dari papan kayu dan atapnya dari daun tebu kering.

Atau bisa menerapkan gaya gazebo modern seperti di Jepang sana. Semua bahannya dari semen dan kaca. Alasnya keramik. Ukurannya sama dengan di atas. Dindingnya sebagian terbuat dari kaca. Di dalamnya terdapat pot keramik berisi tanaman bonsai.

Pilihan lainnya adalah gazebo bergaya bali.  Konstruksinya terbuat dari kayu. Dindingnya terbuka semuanya. Dengan demikian kita memandangi taman secara leluasa.  Yang lebih unik adalah gazebo  berbentuk jamur. Materialnya terbuat dari kayu. Atapnya berbentuk segi enam. Ada satu tiang kokoh menjulang di tengah-tengahnya. Lantainya beton ditutup papan.

e. Meriahnya tanaman.

Jika taman yang kita punyai bentuknya mungil, coba padukan warna-warni jenis tanamannya. Dengan demikian tempat itu bisa kelihatan menarik dan tidak membosankan. Misalnya tanahnya ditanami rumput peking dengan 10 macam  perdu rendah. Bisa terdiri dari lili paris dengan daunnya yang putih, jengger ayam, ekor tupai, bayam-bayaman dengan warna merah, ungu dan kuning dan lain sebagainya. Kemudian ada tanaman  lebih rendah dibuat mengelilinginya. Palem botol bisa diletakkan tepat di tengah-tengahnya.

f.  Pijakan  menarik.

Pijakan  bisa dibuat dari bahan beton  diberi taburan koral di atasnya. Inilah salah satu alternatif pembuatan jalan setapak. Bentuk susunan batu berhias biasanya berbentuk bulat atau persegi yang membentuk jalur dimana bisa menghubungkan tempat  satu dan lainnya. Syarat pijakan seperti ini adalah harus kuat menahan beban tubuh manusia.  Juga harus tahan cuaca karena diletakkan di luar rumah. Permukaannya harus kasar untuk mencegah kecelakaan seperti tergelincir apalagi saat keadaan setelah hujan.

Begitulah pernak-pernik taman rumah.  Semoga keberadaannya yang asri dan sehat menjadikan penghuninya nyaman dan betah berada di rumah.

***

sumber gambar : freedigitalphotos.net

resepmasakanku.co