Tema Blackberry : Tulisan Terlengkap Tema Blackberry

Tema Blackberry : Tulisan Terlengkap Tema Blackberry
4.6 (91.97%) 196 votes

Saat ini sudah banyak tips dan trik tentang bagaimana melakukan instalasi tema di Blackberry. Banyak cara instalasi yang dapat dilakukan baik secara OTA (Over the Air) atau menggunakan Blackberry Desktop Manager. Selain cara itu, beberapa aplikasi juga dapat dipakai untuk memudahkan pemasangan tema seperti File Manager Pro, Beam Manager dan lainnya. Saat ini akan dibagikan cara instalasi Blackberry theme secara detail.

Instalasi langsung Tema Blackberry tanpa menggunakan Desktop PC adalah cara paling umum dilakukan karena ini adalah cara  paling mudah. Bila sudah berlangganan Blackberry Internet Service (BIS) maka proses pengunduhan tema bisa dilakukan lebih efisien. Untuk download via Blackberry Apps World – pilih Theme yang diinginkan. Bila proses pengunduhan dilakukan melalui link yang dikirimkan via e-mail maka link yang disediakan harus diklik supaya proses pengunduhan dapat berlangsung.

Cara melakukan pengunduhan aplikasi melalui link yang dikirimkan via e-mail maupun messenger.

  • klik tautan unduh yang disediakan melalui e-mail atau messenger. Browser BB akan auto direct ke link tersebut
  • layar browser akan menampilkan informasi aplikasi tema yang akan diunduh seperti pada gambar di bawah ini
    Langkah 2a Install Tema BlackBerry via OTA
  • klik “Download” untuk memulai proses pengunduhan (catatan : pastikan paket Full BIS aktif atau terhubung dengan koneksi Wi-Fi sebelum melakukan proses pengunduhan)
  • setelah selesai seluruh proses pengunduhan, diberikan opsi untuk restart perangkat sekarang atau nanti, pilih restart perangkat sekarang supaya hasil instalasi dapat segera digunakan.

Untuk beberapa jenis BB, setelah proses instalasi dan rebooting/restart selesai theme tidak langsung aktif. Untuk mengaktifkannya akan dijelaskan di bawah ini.

Saat kita mendapatkan tautan unduh tema BB dengan ekstensi .rar atau .zip, maka aplikasi tersebut harus dibuka menggunakan aplikasi WinRar maupun WinZip (istilahnya di unrar atau unzip) atau aplikasi sejenis karena ukuran data tersebut awalnya besar namun dirampingkan atau dikompres untuk memudahkan proses pengunggahan/pengunduhan. Bila tidak mempunyai kedua aplikasi tersebut maka bisa dicari aplikasinya melalui Google.

Jika telah mendapatkan aplikasi unzip tersebut,buka aplikasinya – Choose File – cari file yang ingin diekstrak. Umumnya pada file dengan ekstensi .zip terdapat data dengan ekstensi .jad dan ekstensi .cod, maka ada baiknya jika data tersebut disimpan di satu folder tertentu (misalnya folder Blackberry/theme), lalu di ekstrak. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  • buka menu Applications dari layar awal (home screen)
  • klik folder Files lalu cari folder tempat hasil ekstraksi file .jad dan .cod sebelumnya (lokasi folder saat ini adalah Media Card/Blackberry/Theme), kemudian cari file dengan ekstensi .jad lalu klik file tersebut maka akan muncul informasi tentang tema yang dipilih
    Langkah 2 Cara Install Tema BlackBerry Langsung Melalui BB
  • klik “Download” lalu tunggu hingga proses pengunduhan selesai
  • ikuti petunjuk berikutnya

Bila tema BB belum berubah, klik “Options – Theme” atau “Options – Display -Screen Display – Theme”.

Sekarang untuk instalasi theme BB menggunakan desktop PC berlaku file dengan ekstensi .alx maupun file yang sudah dikompres dengan ekstensi .jad atau .cod.

Tidak banyak cara yang berbeda untuk instalasi BB theme berekstensi .jad atau .cod, baik menggunakan PC atau menggunakan Blackberry hanya saja di PC, kita langsung menggunakan program WinRar atau WinZip untuk mengekstrak data. Setelah ekstraksi selesai, salin seluruh file dengan ekstensi .jad dan .cod ke folder tertentu di perangkat BB. Jika hendak menginstal file dengan format .alx dibutuhkan program Blackberry Desktop Manager. Software ini biasanya datang satu paket dengan perangkat BB atau bisa diunduh melalui situs BB Indonesia.

Bila sudah mempunyai program Blackberry Desktop Manager di PC, selanjutnya sikronisasikan perangkat BB dengan PC. menggunakan kabel data supaya proses transfer berjalan baik.

Ketika program sudah terbuka, maka tampilan di layar akan tampak seperti gambar berikut:

Cara Install Tema BlackBerry .alx Melalui PC

  • Klik  Application Loader – Add/Remove Applications di bagian kiri – Start
  • Dibutuhkan waktu sejenak hingga Desktop Manager bisa membaca BB. Setelah itu akan muncul tampilan menunjukan aplikasi apa saja yang terdapat pada perangkat BB.
  • Klik Browse, cari file theme BBdengan ekstensi .alx
  • Klik file tersebut
    Cara Install Tema BlackBerry .alx Melalui PC
  • Tema akan tampak di layar. Kemudian tekan Next untuk memulai proses instalasi ke BB.
  • Instalasi theme membutuhkan beberapa waktu hingga aplikasi tersebut selesai terunduh di perangkat Blackberry.

Selamat mencoba

Sumber gambar: google, info-pulsa.blogspot

resepmasakanku.co