Universitas Borobudur > Kumpulan Tulisan Terlengkap Mengenai Universitas Borobudur

Universitas Borobudur > Kumpulan Tulisan Terlengkap Mengenai Universitas Borobudur
4.79 (95.78%) 79 votes

Universitas Borobudur (UNIVERSITAS BOROBUDUR) Adalah sebuah perguruan tinggi di Jakarta yang didirikan pada tahun 1981. UNIVERSITAS BOROBUDUR dibentuk oleh suatu lembaga berbadan hukum yang bernama Yayasan Pendidikan Borobudur.

Sejarah Singkat

Sebelum UNIVERSITAS BOROBUDUR didirikan, dulunya kampus ini merupakan kumpulan beberapa akademi yang terdiri atas Akademi Akuntansi, Akademi Keuangan dan Perbankan, dan Akademi Bahasa Asing yang didirikan tahun 1972. Ketiga akademi tersebut dikelola oleh YPB (Yayasan Pendidikan Borobudur) dengan konsentrasi program hanya pada jenjang Diploma III. Seiring berjalannya waktu, mutu ketiga Akademi ini berkembang dengan pesat dimana mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyiapkan tenaga middle manager  yang siap pakai.

Universitas Borobudur

Universitas Borobudur

Kesuksesan YPB dalam mengelola ketiga akademi tersebut menjadi modal besar untuk mengelola program akademik yang lebih tinggi lagi, yakni jenjang S-1. Untuk itu, sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun ajaran 1981-1982 Universitas Borobudur didirikan dengan 7 (tujuh) program Sarjana (S-1). Seiring berjalannya waktu, terjadi penambahan program studi, yang menuntut adanya peningkatan kualitas pengajaran. Total program studi yang dimilki oleh UNIVERSITAS BOROBUDUR saat ini berjumlah 18 program studi. Pembukaan seluruh program studi tersebut didasarkan atas ijin yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen DIKTI), Departemen Pendidikan Nasional

Berikut adalah skema pendirian Universitas Borobudur:

1982 : Bidang Ilmu Ekonomi yang terdiri atas program studi Manajemen (S-1) dan Akuntansi (S-1); bidang Ilmu Teknik yang terdiri atas program studi Teknik Sipil (S-1) dan Teknik Arsitektur (S-1); bidang Ilmu Pertanian yang terdiri atas program studi Agronomi (S-1) dan Agribisnis (S-1), dan bidang Ilmu Hukum (S-1)

1995 : Program Magister Manajemen (S-2) untuk konsentrasi Sumber Daya Manusia, konsentrasi Keuangan, dan konsentrasi Pemasaran

1997 : Bidang Ilmu Komputer yang terdiri atas program studi Ilmu Komputer (S-1), Manajemen Informatika (D-3), dan Teknik Informatika (D-3).

2000 : Program Doktor (S-3) Ilmu Ekonomi; dan bidang Ilmu Komputer yang terdiri atas program studi Sistem Komputer (S-1) dan Sistem Informasi (S-1)

2003 : Bidang Ilmu Teknik dengan program studi Teknik Industri (S-1)

2004 : Program Magister Hukum (S-2) dengan konsentrasi Hukum Pidana, Hukum Perdata dan bisnis.

UNIVERSITAS BOROBUDUR mendapat apresiasi yang sangat tinggi oleh masyarakat luas karena dianggap sebagai salah satu pendidikan tinggi andalan di Ibu Kota Jakarta yang menyajikan pendidikan berkualitas dan bermutu. Kebanggaan dari UNIVERSITAS BOROBUDUR adalah karena perguruan tinggi ini mampu menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi akademik dan profesional tinggi. Semua upaya dan hasil pendidikan di Universitas Borobudur semata – mata didedikasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui penguasaan ilmu, teknologi, budaya dan seni.

Saat ini UNIVERSITAS BOROBUDUR memiliki program studi sebanyak 18 program yang terdiri atas 2 program Diploma (D-III), 13 program Sarjana (S-1), 2 program Magister (S-2) dan 1 program Doktor (S-3). Jumlah mahasiswa aktif yang belajar di seluruh program studi pada tahun kuliah 2012 – 2013 sekitar 7.000 mahasiswa, yang dididik oleh sekitar 200 orang dosen biasa (dosen tetap) dan lebih dari 100 orang dosen luar biasa (tidak tetap). UNIVERSITAS BOROBUDUR juga mengedepankan sistem layanan akademik dan administratif yang berbasis pada teknologi informasi untuk menjamin bentuk layanan yang efektif, efisien dan akurat.

Untuk menunjang proses kegiatan belajar – mengajar, Universitas Borobudur dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut meliputi: ruang belajar yang nyaman, sistem komputer yang up-to-date, hingga kualitas pengajar yang berpengalaman dalam bidangnya

UNIVERSITAS BOROBUDUR memiliki 3 gedung utama yakni; Kampus A (Kampus Induk) terletak di Jalan Raya Kalimalang No. 1 Jakarta Timur. Kampus B terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Jakarta Timur. Dan, Kampus C terletak di Jalan Pemuda No. 7 Rawamangun Jakarta. Adapun program studi yang ada di Universitas ini antara lain:

  • Akuntansi
  • Perbankan
  • Bahasa AsingTeknik
  • IT
  • Hukum
  • Psikologi
  • Kedokteran
  • Pendidikan

Semua program studi tersebut telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

resepmasakanku.co